Strategi Peningkatan Kualitas Produk Inflight Entertainment Pada Penerbangan Domestik PT Garuda Indonesia

Machmud Syahrizal

Abstract


Persaingan jasa angkutan udara di Indonesia dewasa ini semakin ketat, terlebih setelah munculnya  perusahaan-perusahaan penerbangan baru yang berbasis Low Cost Carrier (LCC). Kemunculan LCC ini sedikit banyak akan berpengaruh pula terhadap revenue dari perusahaan penerbangan yang sudah ada (full service). Dalam kondisi demikian, perusahaan-perusahaan penerbangan yang dapat memuaskan penumpangnyalah yang akan tetap eksis di dalam persaingan tersebut. Masing-masing perusahaan penerbangan tersebut berlomba-lomba untuk meningkatkan pelayanan dengan mengeluarkan produk-produknya yang lebih inovative dan customized.  PT. Garuda Indonesia sebagai salah satu penerbangan yang berkonsep full service tentunya tidak tinggal diam di dalam persaingan tersebut jika tidak ingin ditinggalkan oleh pelanggannya. Melalui peningkatan pelayanan dan diferensiasi produknya, Garuda Indonesia berusaha untuk tetap mempertahankan pangsa pasarnya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan produk in-flight services. In-flight entertainment yang merupakan bagian dari inflight service products menjadi salah satu pilihan di dalam peningkatan pelayanan Garuda Indonesia, karena produk ini dapat dirasakan langsung oleh penumpang di dalam suatu penerbangan. Tujuan penelitian ingin memberi gambaran tentang produk in-flight services, terutama in-flight entertainment pada penerbangan domestik PT. Garuda Indonesia. Dari gambaran tersebut dapat dilihat sejauh mana kepuasan penumpang PT. Garuda Indonesia akan produk tersebut, dan juga dapat diidentifikasi keluhan-keluhan penumpang akan produk tersebut sehingga dapat menentukan langkah-langkah yang srtategis di dalam pengambilan keputusan untuk menentukan konsep in-flight products berikutnya. Penelitian ini merupakan riset deskriptif, dimana hipotesis yang akan diuji kebenarannya adalah: Jika kualitas produk in-flight entertainment ditingkatkan, maka kepuasan penumpang akan tercapai. Dari penelitian dapat dikatakan, bahwa PT. Garuda Indonesia belum sepenuhnya dapat memenuhi kepuasan penumpangnya akan produk in-flight entertainment, yang ditunjukkan oleh hasil berikut: tingkat kepentingan penumpang terhadap program musik (78,93%), suara musik (71,62%), program film (69,61%), suara film (68,03%), dan gambar film (84,59%).

 

Kata Kunci : in-flight entertainment, kepuasan penunpang, Garuda Indonesia

 

ABSTRACT

 

The competition of air transport services in Indonesia lately are very tight. Particularly, after appearing the new airline companies which influence against load factor, revenue or profit. In this situation, only the airline that can makes the passengers satisfy and strives to improve their services or launch the innovative and customize products will exist. Garuda Indonesia, as a market leader on domestic flight, has been improved their service and product to maintain its marketshare, especially for in-flight services. The in-flight entertainment is one of the in-flight service products that could be seen directly by passengers during flight. Therefore, if we have been recognized what are the passengers need or expectation those product, it will be found the strategic to improve the product regarding fulfilled the variety of passenger need or expectation. 

According to research that Garuda Indonesia could not fulfill yet it’s passenger needs concerning in-flight entertainment producst, which is indicated by following result: level of passengers need against music program (78,93%), sound of music (71,62%), movie program (69,61%), sound of movie (68,03%), and picture (84,59%).

Keyword: in-flight entertainment , Customer Satisfaction,  Garuda Indonesia


Full Text:

PDF

References


Garuda Indonesia PT., (2002). Garuda In-flight Magazine. Indonesia Multi Media, Jakarta.

-----. (2000). Garuda Indonesia Service Blue Print 200 – 2005 Dinas Passenger Service, Jakarta.

-----. (2001). In-flight Service Product Specification. Dinas Passenger Service, Jakarta.

-----.(2002). Reading and Entertainment Survey. Bidang Marketing Research, Jakarta.

Irawan, H., (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Elex Media Computindo, Jakarta.

Kotler, P and Amstrong, G., (1997). Dasar-Dasar Pemasaran (Terjemahan). Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, P., (1994). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, (Terjemahan). Salemba Empat, Jakarta.

Straub,J and Attner, R., (1994). Introduction to Business (5th Edition). International Thomson Publishing, California.

Supranto, J., (1997). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Cipta, Jakarta.

-----. (2001). Teknik Riset Pemasaran dan Ramalan Penjualan. Rineka Cipta, Jakarta.

Tjiptono, F., (2000). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Andi, Yogyakarta.

Yoeti, O.A., (1999). Customer Service Cara Efektif Memuaskan Pelanggan. Pradnya Paramita, Jakarta


Article Metrics

Abstract - 581 PDF - 385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.