PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA MEMANCING EMPANG KACUNG DI KOTA TANGERANG

Diah Hartati, RD Hera Merdeka, Adrial Adrial

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan Fasilitas terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata memancing Empang Kacung di Kota Tangerang. Penilitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari Kualitas Pelayanan, Fasilitas (variabel X) dan Kepuasan Wisatawan (variabel Y). Data yang diperoleh melalui pembagian kuesioner dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung objek wisata Pemancingan Empang Kacung yang berjumlah 300 orang pada bulan April - Juli dan ditarik sampel sebanyak 75 wisatawan yang bertempat tinggal dari berbagai daerah di Kota Tangerang. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh terhadap Kepuasan Wisatawan (Y). 2) Bahwa variabel Fasilitas (X2) berpengaruh terhadap Kepuasan Wisatawan (Y). 3) Bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh lebih signifikan dan dominan terhadap Kepuasan Wisatawan (Y).

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Wisatawan, Wisata Memancing.


References


Abdulhaji, S., & Yusuf, I. S. (2016). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar di Kota Ternate. Jurnal Penelitian Humano, 2(7): 134-148.

Anisa Mar’atussoliha (2020). Potensi Wisata Pemancingan Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Jurna Inovasi Penelitian (JIP).

Aprilia, E. R., Sunarti., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(2): 16-21.

Budiman Marpaung, (2019). Pengaru Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Keselamatan dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Budiono, G. L. 2004. Kepuasan Wisatawan terhadap Kualitas Pelayanan Objek Wisata Gunung Bromo. Jurnal Model Manajemen 2(1) Februari: 59-60.

Darsono Rahmat, (2015). Pengaruh Fasilitas dan Daya Tarik Wisata terhadap Tingkat Kepuasan Wisatawan (Studi Kasus di Waduk Jatiluhur – Kabupaten Purwakarta. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Ghozali, I (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25”. Semarang: Badan Penerbit-UNDIP.

Junaidi(2010).http://junaidichaniago.wordpress.com

Mariyanti (2019). Pengaruh Sarana dan Prasarana Pariwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Objek Wisata Pemandian Air Panas Lejja di Kabupaten Soppeng, hlm 54-60.

Rosyidah Eka, Sunarti dan Endriana Pangestuti. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Pantai Balekambang Kabupaten Malang Daya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Sari Maya Ida, Sukiswo dan Tulus Rohana, (2015). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan pada Objek Wisata Konservasi Gajah Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan Tindakan Bandung : Afabeta.

Sugiyono. (2017). Kerangka Berpikir. 60. Retrieved from http://repository.um palembang.ac.id/id/eprint/11898/2/212016094_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20TERAKHIR.pdf.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian. 2. Retrievedfromhttp://repositori.unil.ac.id/3692/6/7.%20BAB%20III.pdf.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009, Tentang Kepariwisataan.


Article Metrics

Abstract - 131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.