PENGARUH ATRAKSI WISATA DI SCIENTIA SQUARE PARK GADINGSERPONG TERHADAP MINAT BERKUNJUNG
Abstract
Abstract. Tourism is a travel activity carried out by individuals or groups of people with several purposes. This study uses a quantitative descriptive method. This study was carried out at the tourist destination Scientia Square Park.On the results of validity testing, the variables tourist attractions (X) and interest in visiting (Y) for all items are declared valid. The results of the reliability test of variables X and Y are stated to be reliable, in the simple regression analysis the value of variable Y is 0.143 without the influence of variable X. But if there is an increase in the value of variable X (Tourist Attractions) then customer satisfaction will increase by 0.573.And in the normality test of tourist atraction the variable (X) with a value of 0,243 is declared normal because it is greater than 0.05. As well as for the results of the Durbin-Watson autocorrelation of 1,697 and for the variable value of tourist attractions (X) of 0.259 with a significance of 0.000. And for the results of the heteroscedasticity test, the significance value is 0.443, it is stated that there are no symptoms of heteroscedasticity because it is greater than
0.05. As well as for the results of the analysis of the correlation coefficient of tourist attractions
(X) of 0.961 based on the value of the correlation value interpretation is in a very strong range so that the relationship between attraction and interest in visiting becomes very strong. And for the coefficient of determination R square is 0.167 or 16.7%, so the influence of the tourist attraction variable (X) is 0.167 or 16.7%. While testing the hypothesis (T test) The test results obtained t value for tourist attractions (X) 34.579 > 1.996 and a significance value of 0.000
<0.05, then tourist attractions (X) affect interest in visiting (Y).
Keywords: Tourist Attractions, Interest in Visiting, Scientia Square park
Abstrak. Pariwisata merupakan kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang dengan beberapa maksud. Studi ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Studi ini dilaksanakan di lokasi tujuan wisata Scientia Square Park.Pada hasil pengujian validitas, variabel Atraksi wisata (X) dan Minat berkunjung (Y) untuk keseluruhan item dinyatakan valid. Pada hasil uji reliabilitas variabel X dan variabel Y dinyatakan reliabel, pada analis regresi sederhana nilai variable Y Minat Berkunjung 0,143 tanpa adanya pengaruh variabel X. Tapi jika ada peningkatan satu nilai dari variabel X (atraksi wisata) maka minat berkunjung akan meningkat sebesar 0,573.Dan pada uji normalitas Atraksi Wisata (X) 0,243 dinyatakan normal karena lebih besar dari 0,05. untuk hasil autokorelasi durbin-watson sebesar 1.697 serta untuk nilai variabel atraksi wisata (X) sebesar 0,259 dengan signifikansi 0,000. Dan untuk hasil uji heteroskedastisitas nilai signifikans sebesar 0,443 dinyatakan tidak ada gejala heteroskedastisitas karena lebih besar dari 0,05. Serta untuk hasil analisis koefisien korelasi atraksi wisata (X) sebesar 0,961 berdasarkan nilai impretasi korelasi nilai berada rentang sangat kuat sehingga menjadikan hubungan atraksi terhadap minat berkunjung menjadi sangat kuat. Dan untuk koefisien determinasi R square sebesar 0,167 atau 16,7% jadi pengaruh variabel atraksi wisata (X) sebesar 0,167 atau 16,7%. Sedangkan uji hipotesis (Uji T) hasil pengujian didapatkan nilai t hitung Atraksi Wisata (X) 34,579 > 1,996 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Atraksi Wisata (X) berpengaruh terhadap minat berkunjung (Y)
Kata Kunci : Atraksi Wisata, Minat Berkunjung, Scientia Square Park
Full Text:
PDFReferences
Azuar Juliandi. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: Umsu Pers.
Ali.(2016). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Albarq. (2014)."Mengukur Dampak Word of Mouth Online pada Turis" Sikap dan Niat Mengunjungi Yordania : Sebuah Studi Empiris. Internasional Riset Bisnis vol.7.
Damanik, J & Weber, H. (2006). Perencanaan Ekowisata (Ed.1.). Yogyakarta: Andi
Ferdinand, Augusty. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferreira, S.D., Rial, A. dan Varela, J. (2009). “Post Hoc Tourist Segmentatiowith Analisis Konjoin dan Klaster", Revista de Turismoy Patrimonio Budaya.
Gunn, dalam Dasar – Dasar Pembangunan Destinasi Pariwisata. Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta
: 2020.
Ghozali (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Hurriyati (2005). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartono (2004), Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.
Jumanto, Irman. (2017). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Sari Ringgung Kabupaten Pesawaran, Lampung. Tesis Tidak Diterbitkan.
BandarLampung: Universitas Lampung.
Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia AnalisisPerencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Dialihbahasakan oleh A.B Susanto. Jakarta: penerbit Salemba Empat.
Kotler, P., dan K. L. Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mahadewi, dkk. (2012). Metodologi Penelitian Pariwisata & Perhotelan. Yogyakarta: CV ANDI OFFSE.
Marpaung, (2002). Pengetahuan Kepariwisataan.Bandung : Penerbit Alfabeta. Pendit Nyoman S, (1994). “Ilmu Pariwisata” Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta
:Graha Ilmu
Schiffman, Leon dan Leslie L. Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Penerbit PT. Indeks.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sutopo, (2016). Sutopo, Ilham Surgawi. (2016). “Analisis Pengaruh Produk Wisata, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Dalam Mengunjungi Objek Wisata Puri Maerokoco Kota Semarang”. Jurnal Manajemen. Vol. 5, No. 4.
Suwena, I Ketut,. Widyatmaja, I Gst Ngr. (2010). Pengetahuan dasar IlmuPariwisata. Cetakan pertama. Udayana University Press.
Tampubolon (1991). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung : Penerbit Angkasa.
Undang-Undang RI No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan:
Witt, Stephen. F & Mountinho, Luiz. (1994). Tourism Maketing And Management. Second Edition. Prentice Hal International.
Yoeti, (2008). Pembangunan Pariwisata. Bandung: Penerbit Alfabeta
Article Metrics
Abstract - 424 PDF - 460Refbacks
- There are currently no refbacks.