Pengaruh Layanan Tour Leader Terhadap Kepuasan Wisatawan Yang Menggunakan Jasa Traveltrip.id.

Finy Alvia, RADEN ASRI KARTINI, Asfitri Hayati

Abstract


Abstract

 Tour and travel agencies have sprung up a lot, with various styles and their own characteristics to make it more attractive to the market. Traveltrip.id is one of the travel agencies in Indonesia, especially in Tangerang. This research took place at PT Wisata Wisata Indonesia (Traveltrip.id) to determine the effect of tour leader services on tourist satisfaction using Traveltrip.id services with the formulation of the problem " is there any effect of tour leader service quality on tourist satisfaction” variable in this study Variable (X) Tour Service uses Kotler and Keller (2008) theory and Variable (Y) Tourist Satisfaction uses Irawan theory (2004: 37), This study uses a quantitative approach method The instrument uses a questionnaire with a Likert scale. Instrument testing techniques in this study, namely testing the validity, and reliability. While the data analysis technique uses the classical assumption test, simple linear regression analysis and hypothesis testing. Data collection uses statistical analysis by conducting questionnaires. This study used 80 respondents taken from data with a population of 400 traveltrip.id participants in the last year and used theory according to Djatmiko (2018). 0.60 and the Y variable is 0.907 > 0.60 based on these results the X and Y variables are declared reliable. In the classical assumption test the normality test Asymp,Sig (2 Tailed)) value is 0.2 > 0.05 normally distributed test linearity Sig 0.133 > 0.05 there is a linear relationship between the relationship testing the results of the hypothesis test (T test) that the significant value for the (partial) effect of X on Y is 0.00 <0.05 and the value of t count is 11.845 t table 1.99006 so that it can be interpreted that H1 is accepted

 Keywords: Tour Leader Service, Tourist Satisfaction

 

Abstrak

 

Biro perjalanan wisata banyak sekali bermunculan, dengan berbagai gaya dan ciri khasnya sendiri-sendiri untuk lebih menarik pasar. Traveltrip.id merupakan salah satu biro perjalanan wisata yang ada di Indonesia terkhusus di Tangerang,  Penelitian ini bertempat di PT Wisata Perjalanan Indonesia (Traveltrip.id) dengan rumusan masalah “adakah pengaruh kualitas layanan tour leader terhadap kepuasan wisatawan” variabel dalam penelitian ini Variabel (X) Layanan Tour  menggunakan teori Kotler dan Keller (2008) dan Variabel (Y) Kepuasan Wisatawan menggunakan teori Irawan (2004 : 37), Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif Instumen menggunakan angket dengan skala likert. Teknik pengujian instrumen dalam penelitian ini, yaitu uji validitas, dan reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana dan uji hipotesis. Pengumpulan data menggunakan analisiss statistik dengan melakukan kuisioner. Penelitian ini menggunakan 80 responden diambil dari data dengan populasi 400 peserta traveltrip.id satu tahun terakhir dan menggunakan teori menurut Djatmiko (2018 Berdasarkan pengujian validitas nilai rhitung lebih besar dari rtabel 0.361 dan seluruh pernyataan dinyatakan valid. Pada pengujian reliabilitas variabel X yaitu yaitu 0.894 > 0.60 dan variabel Y yaitu 0.907 > 0.60 berdasarkan hasil tersebut variabel X dan variabel Y dinyatakan reliable. Pada pengujian uji asumsi klasik uji normalitas nilai Asymp,Sig (2 Tailed)) sebesar 0,2 > 0,05 terdistribusi normal uji liniearitas Sig 0,133 > 0.05 ada hubungan linear antar hubungan pengujian hasil uji hipotesis (uji T) bahwa nilai signifikan untuk pengaruh (parsial) X terhadap Y adalah sebesar 0,00 < 0.05  dan nilai t hitung 11.845 t tabel 1.99006 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima

           Kata kunci : Layanan Tour Leader, Kepuasan wisatawan


Full Text:

PDF

References


Darmardjati, R.S. 2010. Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Pradyna Paramita

Darwin Damanik, Nasrullah Nasrullah, Bonaraja Purba, dkk (2022). Ekonomi Pariwisata Konsep, Pemasaran dan Pembangunan. Yayasan Kita Menulis.

Fitria Murbarani, Stefanus Supriyanto (2014). Analisis Kualitas Pelayanan Menurut Brady And Cronin Di Poli Anak Jurnal Unair.

Husaini Usman, R. Purnomo Setiady Akbar, 2006, Pengantar Statistika, Edisi Kedua, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

P.Sinambela, L., & Sinambela, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Depok: PTRajagrafindo Persada.

Susanne Heeger-Hertter Silvia Rossetti ( 2018 ) Internasional Labour Organization – Geneva 2018 On-call work in the Netherlands: trends, impact and policy solutions

Suwena, K., & Widyatmaja, G. N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata.

Yeoti, D.O. (2001). Tours and Travel Management. Jakarta : Pradyna Paramita

Yeoti, O.A. ( 2013). Tour Leader Profesional. Bandung : ANGKASA BANDUNG

Yoeti,Oka.A. 2013. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung:Angkas


Article Metrics

Abstract - 322 PDF - 521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.