Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di SA.TUANG Coffee Shop Kota Tangerang

Muhammad Ikrom Athollah, Machmud Syahrizal, Tiktik Dewi Satika

Abstract


ABSTRACT

This study was motivated to determine the effect of Product Quality on Consumer Satisfaction. The data collection instrument used a questionnaire. In this study, the independent variable is product quality while the dependent variable is customer satisfaction at SA.TUANG Coffee Shop in Tangerang City. Based on data processing using SPSS software and the results of valid, reliable, normal analysis testing, simple linear regression, and hypothesis t (partial). The results of this study indicate that the variable Product Quality (X) has a strong relationship with customer satisfaction. Product quality has a positive and significant influence on customer satisfaction at SA.TUANG Coffee Shop in Tangerang City with the results of the validity test filled in by 80 respondents, namely r count> r table and declared valid on each questionnaire question because r count is greater than 0.220, the results of the product quality reliability test (X) Cronbach alpha value of 0.874> 0.70 then the reliability is declared acceptable, customer satisfaction (Y) Cronbach alpha value of 0.725> 0.70, then the reliability is declared acceptable, the results of simple linear regression analysis with a constant value of variable Y Consumer Satisfaction 7,256 without the influence of variable X, the results of the classical assumption test (normality) using the One Kolmogrov-Smirnov method, the Asymp.Sig value is 0.200> 0.05. meaning that the data is normally distributed and the results of the t test (Partial) significance level is 0.001 <0.05. The conclusion of this study is that product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction at SA.TUANG Coffee Shop in Tangerang City.

Keywords: Coffee Shop, Consumer Satisfaction, Product Quality, SA.TUANG,

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah kualitas produk sedangkan variabel terikat adalah kepuasan konsumen pada SA.TUANG Coffee Shop Kota Tangerang. Berdasarkan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS dan hasil pengujian analisis valid, reliabel, normal, regresi linear sederhana, dan hipotesis t (parsial). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X) memiliki hubungan yang kuat terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada SA.TUANG Coffee Shop Kota Tangerang dengan hasil uji validitas yang diisi oleh 80 responden yaitu r hitung > r tabel dan dinyatakan valid pada setiap pertanyaan kuesioner karena r hitung lebih besar dari 0,220, hasil uji reliabilitas kualitas produk (X) nilai cronbach alpha 0,874 > 0,70 maka reliabilitas dinyatakan diterima, kepuasan konsumen (Y) nilai cronbach alpha 0,725 > 0,70 maka reliabilitas dinyatakan diterima, hasil analisis regresi linear sederhana dengan nilai constant variable Y Kepuasan Konsumen 7,256 tanpa adanya pengaruh variabel X, hasil uji asumsi klasik (normalitas) menggunakan metode One Kolmogrov-Smirnov nilai Asymp.Sig adalah 0,200 > 0,05. artinya data berdistribusi normal dan hasil uji t (Parsial) tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada SA.TUANG Coffee Shop Kota Tangerang.

 

Kata Kunci : Coffee Shop, Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, SA.TUANG


Full Text:

PDF

References


Apriansyah, Roky. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Prioritas Rengat”, Jurnal Manajemen dan Bisnis,2018

Ariani, Dwi., Febrina Rosinta.”Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan”, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 2010

Daga, Rosnaini. Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Sulawesi Selatan: Global Research and Consulting Institute. 2017

Fathira Virdha Noor “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Herba Penawar Alwahida Indonesia’’ (Skripsi ; Fakultas Ekonomi Dan Bisnis syariah Bengkulu 2020),

Febriani, Rezki. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Koran Harian Fajar Di Kota Makassar (Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam).” Makassar: Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. 2017

Irawan, Handi. “10 Prinsip Kepuasan Pelanggan”. Jakarta. Buku, PT Elex Media Komputindo. 2007.

Kevin Aditya Pratama “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia Cabang Ponorogo” ( Skripsi ; Fakultas ekonomi Universitas Islam Indonesia)

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran.Jilid I. Edisike 13. Jakarta: Erlangga

Ningrum, Usaha Perjalanan Wisata Dalam Perspektif Hukum Bisnis , citra aditya bakti , Bandung , 2004. Jurnal Al-Syir’ah Vol. 8, No. 2, Desember 2010.

Panggabean, Edy. “The Secret Of Barista”. Jakarta. Buku, PT Wahyu Media. 2012

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Metode Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 tahun 2009, Tentang Kepariwisataan.

Yulianti, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai Kopi Papa Ong Di Kota Makasar” (Skripsi ; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makasar. 2019)


Article Metrics

Abstract - 147 PDF - 97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.