PENGARUH DAYA TARIK PRODUK SENTRA KULINER SEAFOOD TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN KE KAMPUNG BAHARI TANJUNG PASIR KABUPATEN TANGERANG
Abstract
Abstract. This research uses quantitative methods. The variables of this study consist of Product Attractiveness (X) Interest in Tourist Visits (Y). Data obtained through the distribution of questionnaires using a Likert scale. Data analysis techniques were carried out using validity and reliability test analysis. The results of this study indicate that Product Attractiveness Variable (X) has a positive effect on Tourist Visit Interest (Y) and Product Dance Performance Variable (X) has a more dominant significant effect on Tourist Visit Interest (Y). Based on testing the validity of the 30 statements, there are 4 invalid statements and the statements will be narrowed down to 20 valid statements. In the reliability test, the Cronbach alpha value is 0.828 > 0.60. Based on these results, the X and Y variables are declared reliable. In the Normality Test test with the One Kolmogrov-Smirnov method the value of Exact Significance is 0.268 > 0.05, which means that the residual data is normally distributed. In testing the correlation coefficient, the significance value of Product Attraction (X) is 0.000 and Visit Interest (Y) is 0.000, which means that the X and Y variables have a relationship or correlation. Based on the results of testing the coefficient of determination, variable X has an effect on variable Y by 52.2%. And testing the Hypothesis Test (T Test) that the tcount significance value is 10.175 and the ttable value is 1.985, the data is declared significant, with this the H1 hypothesis is accepted because the tcount is greater than the ttable. Seafood Culinary Center has a significant effect on the interest of tourists visiting.
Keywords: Product Attraction, Tourist Visit Interest, Kampung Bahari Tanjung Pasir
Abstrak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari Daya Tarik Produk (X) Minat Kunjungan Wisatawan (Y). Data yang diperoleh melalui pembagian kueisoner dengan menggunakan skala likert. Tehnik analisis data dilakukan dengan analisis Uji Validitas dan Reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Daya Tarik Produk (X) berpengaruh positif terhadap Minat Kunjungan Wisatawan (Y) dan Variabel Daya Tari Produk (X) berpengaruh lebih siginifikan dominan terhadap Minat Kunjungan Wisatawan (Y). Berdasarkan pengujian validitas dari 30 pernyataan terdapat 4 pernyataan yang tidak valid dan pernyataan akan dikerucutkan menjadi 20 pernyataan valid, pada pengujian reliabilitas nilai alpha cronbach sebesar 0,828 > 0,60 berdasarkan hasil tersebut variabel X dan Y dinyatakan reliabel. Pada pengujian Uji Normalitas dengan metode One Kolmogrov-Smirnov nilai dari Exact Signifikansi adalah 0,268 > 0,05 yang berarti data residual berdistribusi normal. Pada pengujian koefisien korelasi nilai signifikansi Daya Tarik Produk (X) 0,000 dan Minat Kunjungan (Y) 0,000 yang berarti variabel X dan Y memiliki hubungan atau berkorelasi. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi variabel X berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 52,2%.
Dan pengujian Uji Hipotesis (Uji T) bahwa nilai signifikansi thitung sebesar 10,175 dan nilai ttabel sebesar 1,985 maka data dinyatakan signifikan, dengan ini maka hipotesis H1 diterima kebenarannya karena thitung lebih besar dari ttabel. Sentra Kuliner seafood berpengaruh secara signifikan terhadap minat kunjungan wisatawan.
Kata kunci: Daya Tarik Produk, Kampung Bahari Tanjung Pasir, Minat Kunjungan Wisatawan
Full Text:
PDFReferences
Agustin, N. A., Kanom, K., & Darmawan, R. N. (2020). Analisis Potensi Wisata Kuliner Ikan Bakar Sebagai Daya Tarik Wisata Di Pantai Blimbingsari Banyuwangi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1211-1222.
Bungin, Burhan. (2019) Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group, 109
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71.
Harahap, S. A., & Rahmi, D. H. (2020). Pengaruh kualitas daya tarik wisata budaya terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara ke kotagede. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 16(2), 118-129.
Ikut, C. I. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Pasar Tradisional Semarang. Serat Acitya, 11(1), 1.
Kardini, Ni Luh, and Ni Wayan Ari Sudiartini. "Faktor Yang Mempengaruhi Daya Tarik Wisatawan Dalam Pengembangan Pariwisata Bahari Di Pantai Tanjung Benoa." Jurnal Ilmiah Satyagraha 3.1 (2020): 106-125.
Kristianti, T. R., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh electronic word of mouth, tingkat kepercayaan konsumen dan minat kunjungan wisata kuliner Kota Bogor. Prologia, 4(2), 393-401.
Lupitasari, E. S., Nurlaela, L., & Miranti, M. G. A (2020) Pengaruh Korean wave dan makanan Korea terhadap minat makan hidangan Korea pada masyarakat Kota Madiun.
Musa, Habies & W Kania Dewi, (2018) Kuliner Suatu Identitas Ketahanan Pangan Unik, (6,7) Nurhayati, A., Yustiati, A., & Handaka, A. A. (2020). Analisis Preferensi Dan Pengambilan
Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Olahan Seafood (Studi Kasus di Kota
Bandung Provinsi Jawa Barat). Papalele (Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan), 4(1), 1-6.
Nurul, Hasbiana. (2022). Dasar-dasar Kuliner. Jakarta: Direktorat Kejuruan dan Pusat Perbukuan.
Prasetya, F. (2016). Hubungan Konsumsi Seafood dengan Riwayat Hiperkolesterol pada Pria Usia Pra Lansia di Desa Laronanga Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Gizi Ilmiah: Jurnal Ilmiah Ilmu Gizi Klinik, Kesehatan Masyarakat dan Pangan, 2(1), 1-9.
Prayogo, D., & Suryawan, I. B. (2018). Dampak Fenomena Wisata Kuliner Terhadap Kunjungan Wisatawan di Kota Malang, Jawa Timur. Jurnal Destinasi Pariwisata, 5(2).
Sakhid, M., Purwantiasning, A. W., & Anisa, A. (2017). Strategi pengembangan kawasan Pantai Tanjung Pasir secara terintegrasi dan berkelanjutan (dengan pendekatan konsep arsitektur waterfront-frank lloyd wright). Purwarupa Jurnal Arsitektur, 1(1), 55-62.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (pp. 13, 39, 80-82, 137, 142, 147). Bandung: Alfabeta.
Swarjana, I. K., & SKM, M. (2022). Populasi-sampel, teknik sampling & bias dalam penelitian.
Penerbit Andi. Hal (4,12)
Wijaya, J. S., & Soelaiman, L. (2023). Meningkatkan minat pengunjung untuk berkunjung kembali ke sentra kuliner Pasar Lama Tangerang sebagai dukungan terhadap perekonomian umkm. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 92-101.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 7 No. 1. Januari – Juni, 17,22.
Article Metrics
Abstract - 324 PDF - 318Refbacks
- There are currently no refbacks.