PENGARUH SANITASI HOTEL TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL GOLDEN TULIP ESSENTIAL TANGERANG
Abstract
Abstract. One of the most important elements of a hotel is cleanliness, but many companies today don't pay enough attention to it. This study looks at the relationship between environmental cleanliness and client enjoyment at the hotel, as well as the impact of hotel cleaning efforts. Validity and Reliability Testing, Simple Linear Regression Analysis, Skewness, Pplot Test, Histogram Test, Classical Assumption Test, and Simple Linear Regression Test. The results of the analysis show that the hotel sanitation variable (X) at the Golden Tulip Essential Hotel Tangerang has a significant effect on the guest satisfaction variable (Y). This is shown by the results of the correlation analysis of 0.799 with r-table and a significance level of 5% N 100 of
0.062. With a coefficient of determination of 0.779 or 60% if entered with the formula KD R2 x 100, then the r count is greater than the r-table. This shows that the higher the degree of hotel cleanliness given to you, the higher the level of visitor happiness. While the authors do not explore 28%, there are other factors that influence variable Y.
Keywords: Cleanliness of The Golden Tulip Essential Hotel Tangerang plus guest satisfaction
Abstrak. Salah satu elemen terpenting dari sebuah hotel adalah kebersihan, namun banyak perusahaan saat ini tidak cukup memperhatikannya. Studi ini melihat keterkaitan antara kebersihan lingkungan dan kesenangan klien di hotel, serta dampak dari upaya pembersihan hotel. Pengujian Validitas dan Reliabilitas, Analisis Regresi Linier Sederhana, Skewness, Uji Pplot, Uji Histogram, Uji Asumsi Klasik, dan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel (X) sanitasi hotel di Hotel Golden Tulip Essential Tangerang berpengaruh signifikan terhadap variabel (Y) kepuasan tamu. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis korelasi sebesar 0,799 dengan r-tabel dan taraf signifikansi 5% N 100 sebesar 0,062. Dengan koefisien determinasi sebesar 0,779 atau 60% jika dimasukkan dengan rumus KD R2 x 100, maka r hitung lebih besar dari rtabel. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi derajat kebersihan hotel yang diberikan kepada Anda, maka semakin tinggi pula tingkat kebahagiaan pengunjung. Sedangkan penulis tidak mendalami 28%, ada faktor lain yang mempengaruhi variabel Y.
Kata kunci: Kebersihan The Golden Tulip Essential Hotel Tangerang ditambah kepuasan tamu
Full Text:
PDFReferences
Abd. Muhkid. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Tingkat Self-Efficacy
Terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep dan Aplikasi Konsep Metodologi Penelitian. Universitas Negeri Malang. Malang
Agustian Ilham, Dkk. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan di PT. Jasa Raharja Putra Cabang Bengkulu. Jurnal Professional FIS UNIVED Vol.6. No1. Diambil dari https://journal.un par.ac.id/index.php/BinaEkonomi/article/download/640/624/1273
Creswell, John W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, edisi ketiga. Alih bahasa: Achmad Fawaid, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Badan Penerbit UNDIP
Mularsari Ardi. (2022). Hygiene dan Sanitasi Hotel. Lembaga Penerbitan Univeristas Nasional Pandoyono dan Sofyan, M. (2017). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi.
Rake Sarasin, 33–44.
Prastowo Ichwan. (2017) Hotel Hygiene dan Sanitation. Yogyakarta: Deepublish Rakhmawati, N., & Hadi, D. W. (2015). Peranan Hygiene dan Sanitasi Dalam Proses
Pengolahan Makanan di Hotel Brongto Yogyakarta. In Jurnal Khasanah Ilmu: Vol. VI (Issue 1).
Sugiyono. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi penelitian : lengkap, praktis, dan mudah dipahami (Cetakan pe). Yogyakarta : Pustaka Baru Press, 2014.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2018.
Yulianto Atun & Yuni Yuliastri. (2015). Peranan Hygiene dan Sanitasi Untuk Menjaga Kualitas Makanan Dan Kepuasan Tamu Di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. Jurnal khasanah Ilmu Vol.4 No.2
Yusuf, A. M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan.
Jakarta : Prenadamedia Group, 2014.
Yulianto, W. H. (2020). HYGIENE, SANITASI DAN K3. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
Article Metrics
Abstract - 419 PDF - 321Refbacks
- There are currently no refbacks.