PENGARUH KONTEN VIDEO REVIEW LAKSA DI CHANNEL YOUTUBE GOYANG LEPER TERHADAP MINAT WISATAWAN MENIKMATI LAKSA TANGERANG BANG JANGKUNG

Islaseviya Maharani, RD Hera Merdeka, Tiktik Dewi Sartika

Abstract


Abstract. This study aims to understand how the influence of the Goyang Leper YouTube channel on tourists' interest in enjoying Laksa Tangerang Bang Jangkung. This research uses quantitative research methods. The influence of the YouTube channel (variable X) and the interest of tourists to enjoy Laksa Tangerang Bang Jangkung (variable Y). Data obtained through the distribution of questionnaires using a Likert scale. The population in this study is the number of viewers as many as 10,000 people and a sample of 99 respondent viewers from the goyang leper video who like and are interested in the culinary traditional laksa food in the city of Tangerang. Data analysis techniques were carried out by analyzing the validity test and reliability test. The results showed that the influence of the YouTube channel increased by one percent (1%) and had a positive and significant influence on tourist interest by 5.3%.

Keywords:Influenced by video review content, the Youtube Channel is rocking flat, Tourist Interest, Laksa Tangerang

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengaruh channel youtube Goyang Leper terhadap minat wisatawan menikmati laksa tangerang bang jangkung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengaruh channel youtube (variabel X) dan minat wisatawan menikmati laksa tangerang bang jangkung (variabel Y). Data yang diperoleh melalui pembagian kuesioner dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah viewers sebanyak 10.000 orang dan sampel sebanyak 99 responden viewers dari video goyang leper yang menyukai dan tertarik dengan kuliner makanan laksa tradisional kota Tangerang. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh youtube channel mengalami kenaikan satu persen (1%) dan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Wisatawan sebesar 5,3%.

Kata Kunci : Pengaruh konten video review, Channel Youtube goyang leper, Minat Wisatawan, Laksa Tangerang


Full Text:

PDF

References


Alexandromeo, (2023). Apa Itu Food Vlogger? Pengertian, Keuntungan serta Tipsnya). Diambil dari https://makinrajin.com/blog/food-vlogger-adalah/

Angelyn, & Kodrat, D. S. (2021). The Effect of Social Media Marketing on Purchase Decision with Brand Awareness as Mediation on Haroo Table. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(1), 16. Diambil dar https://journal-uc-ac id.translate.goog/index.php/RMBE/article/view/1946/1548?_x_tr_sl=en&_x_tr_t l=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=sc

Anugrah, Alif Akbar & Dandy Irfanditya Aryadi Putra.Pengaruh vlog traveling channel Youtube Dzawin Nur terhadap minat penonton mengunjungi destinasi wisata. hal. 3

Arifin, Rudi Dian (2023). Pengertian YouTube – Sejarah, Fitur, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

F, Ardiansyah & Sarwoko, E. (2020). How social media marketing influences consumers purchase decision? A mediation analysis of brand awareness. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 158.

https://doi.org/10.31106/jema.v17i2.6916

Faruq, Kholfan (2022). Teknologi dalam era globalisasi. https://www.indonesiana.id/read/159028/teknologi-dalam-era-globalisasi

Febriana & Suryono herlambang (2020). EKSPLORASI MIXED-PROGRAM (PASAR BUNGA, KULINER, DAN TAMAN KOTA) DALAM MERANCANG 3 FLORE KEBAYORAN LAMA, JAKARTA SELATAN. hal 1372

Ghulam (2022). Apa itu Konten? Pengertian Menurut Ahli, Contoh, dan Jenis. https://sasanadigital.com/apa-itu-konten/

Imilia, Zuriiati (2020). PENGARUH VARIASI PRODUK KULINER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA LOKASI KAKI 5 DI JALAN PERNIAGAAN

MEDAN, Jurnal Bisnis Corporate :Vol. 5 No. 2, hal 51

Jessica, Crisilla (2022). Vlogger Adalah: Tujuan, Jenis, Tips Memulainya, dan 5 Referensi Vlogger yang Inspiratif. https://www.ekrut.com/media/vlogger-adalah

Kusniati (2021), STRATEGI PROMOSI OBJEK WISATA MELALUI JAJANAN TRADISIONAL DI PALOH NAGA

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media. Hal 45

Riski Ariersta Prabowo Pranyoto. Analisis Implementasi Sistem Belanja Online Berbasis Aplikasi E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan. Skripsi.Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2021.

Rohmitriasih, Mimi (2019). Mengenal Mie Laksa Khas Tangerang dan Sejarahnya. https://www.fimela.com/lifestyle/read/4078611/mengenal-mie-laksa-khas- tangerang-dan-sejarahnya

Rudiati, Arnol Toineno Anwani (2018).Pengaruh Daya Tarik Stadion Sepakbola Dan Akomodasi/Fasilitas Terhadap Minat Wisatawan Di Stadion Maguwoharjo Sleman. Journal of Tourism and Economic Vol.1, No.1. STIE Pariwisata Api, Yogyakarta

Sitoresmi, Ayu Rifka (2022). Data Sekunder Adalah Sumber yang Telah Ada Sebelumnya, Pahami Definisi dan Contohnya.

Suharto (2019). MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN MUSEUM GUNUNGAPI MERAPI

hal 1180

Toineno, Arnol Rudiati & Anwani. PENGARUH DAYA TARIK STADION SEPAKBOLA DAN AKOMODASI/FASILITAS TERHADAP MINAT WISATAWAN DI STADION MAGUWOHARJO SLEMAN.

Yudha, Tanggih (2023). Mengenal Sejarah YouTube, Platform Berbagi Video Terbesar di Dunia


Article Metrics

Abstract - 148 PDF - 109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.