PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. MALIKA TOUR AND TRAVEL KOTA TANGERANG

Ratna Yuni Kartika, RADEN ASRI KARTINI, Adrial Adrial

Abstract


Abstract. Customer satisfaction and dissatisfaction are feelings of satisfaction or dissatisfaction wgit what is offered by consumers. Satisfied cunsumers will return to using the services the company provides. The method use in this study is an associative quantitative approach using validity, reliability, correlation analysis, normality test, simple linier regression, and t-test. The total population that the authors obtained in this study 3.000 congregations in August 2022 – March 2023. The sampling in this study was by using probabilty sampling technique and the slovin formula so that the sample obtained 97 respondent. The method used in this study is to use a validity test with an r table of 0,1996 and 20 statements have been declared valid. In the reliability test, the statements have been declared reliable with a critical value of > 0,60 which results in service quality of 0,976 and customer satisfaction of 0,964. The results of the correlation analysis of service quality have a significance value of 0,00 and customer satisfaction of 0,00 with a significance level of < 0,05, so these variables can be stated to be correlated. The results of the normality test state that the data is normally distributed because the points spread arround the diagonal line and follow the direction of the diagonal line. The results of a simple linier regression test produce a constant value of -0,860, which means thta the coefficient is negative. The results of the t-test show that the variables physical evidence, assurance, and responsiveness have a significant effect on customer satisfaction because their significance value is smaller than the alpha value of 0,05, while the attention and reliability variables given by PT. Malika Tour and Travel has no significant effect.

Keywords: Service Quality; Customer Satisfaction

 

Abstrak. Kepuasan serta ketidakpuasan pelanggan adalah perasaan puas atau tidakpuasnya konsumen dengan apa yang ditawarkan. Konsumen yang puas, akan kembali memakai layanan yang perusahaan berikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitaif asosiatif dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis korelasi, uji normalitas, regresi linier sederhana, dan uji T-test. Jumlah populasi yang penulis dapatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 3000 orang jama’ah pada bulan Pada Agustus 2022 – Maret 2023. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik probability sampling, dan rumus slovin sehingga sampel yang didapatkan sebanyak

97 orang responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan uji validitas dengan r tabel sebesar 0,1996 dan pernyataan sebanyak 20 sudah dinyatakan valid. Pada uji reliabilitas, pernyataan sudah dinyatakan reliabel dengan nilai kritis > 0,60 yang mendapatkan hasil kualitas pelayanan sebesar 0,976 dan kepuasan pelanggan sebesar 0,964. Hasil analisis korelasi dari kualitas pelayanan mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,00 dan kepuasan pelanggan sebesar 0,00 dengan tingkat signifikansi < 0,05 maka variabel tersebut dapat dinyatakan berkolerasi. Hasil uji normalitas menyatakan bahwa data terdistribusi secara normal karena titik yang menyebar disekitar garis diagonal serta mengikuti arah garis diagonal. Hasil uji regresi linier sederhana menghasilkan nilai konstanta -0,860 yang artinya nilai koefisien tersebut bernilai negatif. Hasil uji t- test diketahui bahwa variabel bukti fisik, jaminan, dan cepat tanggap memiliki pengaruh yang signifikan terhadapkepuasan pelanggan karena nilai signifikansinya lebih kecil dari nilai alpha 0.05, sedangkan variabel perhatian, dan kehandalan yang diberikan PT. Malika Tour and Travel tidak terdapat pengaruh yang signifikan.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Ardhi, Amy Afdhita. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Jamaah Pada PT. Almeerah Plaza Tour & Travel”, Skripsi (Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)

Arikunto, Suharsimi. (2013). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, (Jakarta: Rineka Cipta)

Bafadhal, Aniesa Samira. (2021). “Manajemen Komplain dan Kualitas Layanan Pariwisata” (Yogyakarta: Deepublish, Cet.1)

Bahri, Syamsul dan Fahkry Zamzam. (2014). “Model Penelitian Berbasis SEM-AMOS”, (Yogyakarta: Deepublish, Cet.1)

Daryanto. (2021). “Konsumen Dan Pelayanan Prima ed. revisi” (Yogyakarta: Penerbit Gava Media, Cet.1)

Duli, Nikolaus. (2019) “Metodologi Penelitian Kuantitatif” (Yogyakarta, Deepublish, Cet.1)

Elvera. (2019). “Pemasaran Pariwisata, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan” (Surabaya: PT. Scopindo Media Pustaka)

Fajar, Khoirul. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Paket Ibadah Umroh Reguler Terhadap Tingkat Kepuasan Jemaah Pada Al-Malik Travel Tahun 2019”, Skripsi (Jakarta: Universitas Islam Syarif Hidayatullah)

Gofur, Abdul. (2019). ”Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan”, Jurnal (Jakarta: Universitas Islam Attahiriyah)

Hardiyansyah. (2018). “Kualitas Pelayanan Publik ed.revisi”. (Yogyakarta: Gava Media, Cet.1)

I Gusti Bagus Rai Utama. (2016) “Pengantar Industri Pariwisata ed. revisi” (Yogyakarta: Deepublish, Cet.2)

Idrus, Salim Al. (2019). “Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian.” (Jakarta: Media Nusa Creative, Cet.1)

Ismayani, Ade. (2019). “Metodologi Penelitian”, (Aceh: Syiah Kuala University Press, Cet.1)

Kasmir. (2011). “Etika Customer Service” (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada)

Laksana, Muhammad Fajar. (2019). “Praktis Memahami Manajemen Pemasaran”. (Depok: Khalifah Mediatama, Cet.1)

Lupiyoadi, Rambat. (2011). ‘Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik ed.1”. (Jakarta: Salemba Empat)

Mhd Rusydi. (2017). “Customer Excellence” (Yogyakarta: Gosyen Publishing, Cet.1) Muljono, Pudji. (2012), “Metodologi Penelitian Sosial” (Bogor:d PT. Penerbit IPB Press,

Cet.1)

Sahabuddin, Romansyah. (2019). “Manajemen Pemasaran Jasa” (Pustaka Taman Ilmu, Cet.1)

Sugiyono. (2013). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D” (Bandung: Alfabeta)

Tannady, Hendy. (2015). “Pengendalian Kualitas” (Yogyakarta: Graha Ilmu, Cet.1)

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2022). “Manajemen dan Strategi Kepuasan Pelanggan ed.1” (Yogyakarta: Penerbit ANDI, Cet.1)

Tjiptono, Fandy. (2014). “Manajemen Jasa” (Yogyakarta: Penerbit ANDI)

Wijaya, Tony. (2018). “Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual, QFD, dan Kano ed.2” (Jakarta: PT. Indeks, Cet.1)

Zamzam, Fahkry dan Firdaus. (2018). “Aplikasi Metodologi Penelitian” (Yogyakarta: Deepublish, Cet.1)

Zulkarnain, Wildan dan Raden Bambang Sumarsono. (2018). “Manajemen dan Etika Perkantoran, Praktik Pelayanan Prima” (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Cet.1)


Article Metrics

Abstract - 139 PDF - 136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.