PENGARUH PROMOSI PRODUK TERHADAP TINGKAT KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET UMROH DI PT. INDO CITRA TAMASYA JAKARTA

Deta Alfrida Bicky, RADEN ASRI KARTINI, Adrial Adrial

Abstract


Abstract. This study aims to determine the effect of product promotion on the level of purchasing decisions for Umrah packages at PT Indo Citra Tamasya Jakarta. This study uses a quantitative approach method. In sampling in this study, namely by distributing questionnaires that have been tested for validity. The population that the authors found in this study was 373 pilgrims using the 1960 slovin formula, it was found that the number of samples taken was 80 respondents from pilgrims at PT Indo Citra Tamasya in 2022. The method used in this study is the validity test with r table 0.220 which states 20 valid statements, the reliability test which is said to be Cronchbach alpha> 0.60 with the results of product promotion 0.909 and purchasing decisions 0.899 which states that the 20 statements are reliable, the correlation test of product promotion 0.00 and purchasing decisions 0.00 which is <0. 05 which states that it is correlated, the simple linear regression test produces a constant value of 3.927 which means that the coefficient value is positive, the normality test states that it is normally distributed because the points spread around the diagonal line and follow the direction of the diagonal line, and the t hypothesis test is declared significant because the t value is 9.115 and the t table value is 1.664, so t count 9.160> t table. From the formulation of the problem of this study, namely product promotion affects the level of purchasing decisions for Umrah packages at PT Indo Citra Tamasya and the types of product promotions that have been carried out.

Keywords: Product, Promotion, Purchasing Decisions.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promoi produk terhadap tingkat keputusan pembelian paket umroh di PT. Indo Citra Tamasya Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Pada pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan cara membagikan kuesioner yang telah diuji validitasnya. Jumlah populasi yang penulis temukan dalam penelitian ini adalah 373 Jamaah dengan menggunakan rumus slovin 1960 diketahui jumlah sampel yang diambil adalah 80 responden dari jamaah pada PT. Indo Citra Tamasya tahun 2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dengan r tabel 0.220 yang menyatakan 20 pernyataan valid, uji reliabilitas yang dikatakan cronchbach alpha>0.60 dengan hasil promosi produk 0.909 dan keputusan pembelian 0.899 yang menyatakan 20 pernyataan tersebut adalah reliabel, uji korelasi dari promosi produk 0.00 dan keputusan pembelian 0.00 yaitu <0.05 yang menyatakan berkorelasi, uji regresi linear sederhana menghasilkan nilai konstanta 3.927 yang artinya nilai koefiesien tersebut bernilai positif, uji normalitas menyatakan terdistribusi normal karena titik menyebar disekitar garis diagonal dan mengikuti arah garis diagonal,dan uji hipotesis t dinyatakan signifikan karena


nilai t hitung 9.115 dan nilai t tabel 1.664 maka t hitung 9.160> t tabel. Dari perumusan masalah penelitian ini yaitu promosi produk mempengaruhi tingkat keputusan pembelian paket umroh di PT. Indo Citra Tamasya dan jenis promosi produk yang sudah dilakukan oleh PT. Indo Citra Tamasya berhasil menunjukan bahwa variabel promosi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat keputusan pembelian. Artinya Ho ditolak dan H1 diterima, maka promosi produk (x) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (y).

Kata kunci : Promosi, Produk, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Afrianto, Muhammad Andhyka. (Jul 2020). Raih Pahala Haji dan Umroh Setiap Hari: Syiar Media Publisher.

Akhmad, Jazuli. (Oct 2022). Pemasaran Bisnis. Yogyakarta: Expert.

Arfah, Yenni. (Mart 2022). Keputusan Pembelian Produk: PT Inovasi Pratama Internasional. Astuti, Miguna. (Nov 2021). Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Social Media.

Yogyakarta: CV Budi Utama.

Chalil, Rifyal Dahlawy, dkk (2020). Brand Islamic Branding & Rebranding. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Chamdani, Usman. (April 2018). Strategi Pemasaran Pariwisata Dalam Perspektif sistem Kepariwisataan Belajar Dari Negara Thailand. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Darsana, I Made, dkk (2023). Manajemen pariwisata dengan pendekatan filssafat ilmu. Mafy media literasi indonesia.

Fatihudin, Didin, dkk (Feb 2019). Pemasaran Jasa Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan.Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Hasyim, Wahab, dkk (Feb 2023). Manajemen pariwisata. Malang: Literasi Nusantara Abadi. Hidayah, Nurdin (Feb 2019). Pemasaran Destinasi Pariwisata. Bandung: Alfabet.

Hasapsari, Niken Tri. (2018). Seluk Beluk Promosi & Bisnis. Magawoharjo: Aplus Books. Jaiz, Muhammad. (2019). Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lubis, Halik. (2019). Tuntunan Lengkap Wajib dan Sunnah Haji & Umroh. Pamulang: Ilmu Cemerlang Group.

Muh, Nur Eli Brahim. (2021). Produk kreatif dan kewirausahaan akuntansi dan keuangan.

Yoygakarta. ANDI (Anggota IKAPI).

Prayoga, I Komang Wiramas, dkk (2023). Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Dan Purchase Intention. Jawa Tengah: Media Pustaka Indo.

Roflin, Eddy, dkk (Apr 2021). Populasi, Sample, Variable. Pekalongan: NEM-Anggota IKAPI.

Sa’adah, Lailatus. (Mart 2021). Statistik Inferensial. Jombang: LPPM.

Slamet Riyanto, dkk. (Jan 2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sumaatmadja, I Putu Gde, dkk (Okt 2020). Manajemen Pemasaran Pariwisata. Jawa Tengah: Lakeisha.

Suyono. (Feb 2018). Analisis Regresi Untuk Penelitian. Yogyakarta: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Veronica, Aries, dkk (Jun 2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Padang: PT.Global Eksekutif Teknologi.

Wisnama, I Made Bayu, dkk (Des 2019). Manajemen Pemasaran Pariwisata, Model Brand Loyalty Pengembangan Potensi Wisata di Kawasan Pedesaan. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.

Internet

Cindy Mutia Annur. (Mei 2022). 09:30 WIB Data books 10 negara dengan kuota haji terbanyak 2022. From

Suprihanto, John (2014). Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press:2

Viva budy kusnandar, (Nov 2021) 15:00 WIB. Data books 10 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar Dunia Menurut RISSC

Jurnal

Yunita, Linda Desma dan Tri Handayani. (2018). Strategi Bauran Promosi Penyelenggaraan Event. Studi Kasus Perencanaan dan Penyelenggara Event Pasar Murah. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi Vol.4 No


Article Metrics

Abstract - 331 PDF - 229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.