PENGARUH KONTEN VIDEO ATAP NEGERI GUNUNG RINJANI PADA CHANNEL YOUTUBE FIERSA BESARI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT
Abstract
Abstract. Indonesia is a country with natural beauty and very diverse cultural diversity. This research uses quantitative methods. Quantitative research can be understood as a method used to carry out statistical analysis, with the aim of testing predetermined hypotheses. The object of this research is Fiersa Besari's Youtube Viewers channel. The independent variable is the video content "Roof of Mount Rinjani Country" on the Fiersa Besari Youtube channel (X), while the dependent variable is the interest in visiting tourists
(Y). Based on testing the validity of the rcount value is greater than rtable 0.197 and all statements are declared valid. In testing the reliability of the X variable, namely 0.897 > 0.60 and the Y variable, namely 0.897 > 0.60, based on these results, the X variable and Y variable were declared reliable. In testing the correlation coefficient, the significant value is 0.001 <0.05, which means that the X and Y variables have an interrelated correlation. Based on the test results of the coefficient of determination, variable X has an effect on variable Y by 67.10%. and testing the results of the hypothesis test (T test) that the significant value for the (partial) influence of X on Y is 0.01 <0.05 and the t-count value is 14.139 > t-table 1.9844 so that it can be concluded that H1 is accepted, which means that there is an influence on the video content "Atap Negeri Gunung Rinjani” on Fiersa Besari's (X) youtube channel on Interest in Visiting Tourists (Y).
Keywords: Fiersa Besari; Tourism; Tourist; Tourist Interest
Abstrak. Indonesia menjadi negara dengan keindahan alam dan keanekaragaman budaya yang sangat beragam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif dapat dipahami sebagai metode yang digunakan untuk melakukan analisis statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan. Objek pada penelitian ini adalah Viewers channel Youtube Fiersa Besari. Variabel bebas adalah konten video “Atap Negeri Gunung Rinjani” pada channel Youtube Fiersa Besari (X), sedangkan variabel terikat adalah minat berkunjung wisatawan (Y). Berdasarkan pengujian validitas nilai rhitung lebih besar dari rtabel 0.197 dan seluruh pernyataan dinyatakan valid. Pada pengujian reliabilitas variabel X yaitu yaitu 0.897 > 0.60 dan variabel Y yaitu 0.897 > 0.60 berdasarkan hasil tersebut variabel X dan variabel Y dinyatakan reliable. Pada pengujian koefisien korelasi nilai signifikan 0.001 < 0.05 yang berarti variabel X dan variabel Y memiliki korelasi yang saling berhubungan. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi varibel X berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 67.10%. dan pengujian hasil uji hipotesis (uji T) bahwa nilai signifikan untuk pengaruh (parsial) X terhadap Y adalah sebesar 0.01 < 0.05 dan nilai t hitung 14.139 > t tabel 1.9844 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh konten video “Atap Negeri Gunung Rinjani” pada channel youtube Fiersa Besari (X) terhadap Minat Berkunjung Wisatawan (Y).
Kata kunci: Fiersa Besari; Minat Berkunjung Wisatawan; Pariwisata; Wisatawan
Full Text:
PDFReferences
Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: Kompas Gramedia.
Crouch, G. (2000). The Study of Tourism : Anthropological and Sociological Beginnings. Bristol: Channel View Publications.
Gede, A. A. (2018). Ilmu Pariwisata : Dasar-Dasar Pengelolaan Pariwisata. Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Hidayah, N. (2019). Pemasaran Destinasi Pariwisata. ALFABETA.
Irawan, B., & Hurriyati, R. (2018). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi. Mathieson, & Wall. (2005). Dalam Pitana. Sosiologi Pariwisata, 40.
Neliwati. (2018). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. Kajian Teori dan Praktek, 57.
Oka, Y., & Sudrajat. (2010). Dasar-Dasar Pariwisata. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Prasiasa. (2013). Destinasi Pariwisata. Jakarta: Sinar Grafika.
Purwanggono, B. (2020). Strategi Pemasaran Konten. Deepublish.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Soufia, A. L., & Zuchdi. (2004). Jurnal Penelitian dan Evaluasi. Yogyakarta: UNY.
Sugiama. (2021). Dalam Djeharung. Manajemen Aset Pariwisata, 11.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA. Suwantoro. (2017). Dalam Nurfadhilah. Dasar-Dasar Pariwisata, 15-16.
Utama, I. G. (2016). Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish. Wahab, S. (2018). Dalam Devi Munisari. Manajemen Kepariwisataan, 10.
Witt, S., Clarke, M., & Ruhanen, L. (2016). Tourism : A Contemporary Approach. Inggris: Pearson Education Limited.
Yahya, A. (2016). Dalam Bachtiar. Pembangunan Pariwisata dan Infrastuktur, 12.
Article Metrics
Abstract - 513 PDF - 406Refbacks
- There are currently no refbacks.