Pengembangan Desa Wisata Nelayan Dengan Pendekatan CBT dan Blue Economy di Desa Ketapang

Tiktik Dewi Sartika

Abstract


ABSTRAK

 

Penataan kawasan di Desa Nelayan Ketapang, Kecamatan Mauk bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan melalui upaya-upaya pembangkitan potensi masyarakat setempat yang didukung oleh infrastruktur kawasan yang memadai. Kesepakatan warga setempat menjadikan Desa Ketapang sebagai Destinasi Wisata, merupakan komitmen kolektif untuk diwujudkan dan didukung oleh semua pihak. Kini Ketapang telah dicanangkan sebagai kawasan Aquaculture. Namun potensi wisata yang bisa digali untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat belum dimaksimalkan. Keinginan masyarakat terlibat dalam pewujudan Ketapang menjadi Destinasi Wisata Baru yang memiliki dimensi sosial, ekonomi, kultural dan ekologis di Banten dapat dijembatani melalui gagasan pengembangan Desa Wisata Nelayan dengan menerapkan prinsip Community-Based Tourism dan Blue Economy. Makalah ini bermaksud untuk menggali potensi dan kendala Desa Ketapang untuk dapat dikembangkan menjadi Desa Wisata Nelayan dengan pendekatan Pariwisata Berbasis Masyarakat dan Blue Economy serta mengetahui strategi untuk menwujudkannya.

 

Kata Kunci: Community-Based Tourism, Blue Economy, Inovasi, Desa Wisata


Full Text:

PDF

References


Tonazzini, D., Fosse, J., Morales, E., González, A., Klarwein, S., Moukaddem, K., Louveau, O. (2019) Blue Tourism. Towards a sustainable coastal and maritime tourism in world marine regions. Edited by eco-union. Barcelona.

http://tangerangnews.com/kabupaten-tangerang/read/13620/Kabupaten-Tangerang-Rampungkan-Road-Map-Gerbang-Mapan

ASEAN, (2016), ASEAN Community Based Tourism Standard. Jakarta

E. Okazaki, (2008), “A Community-Based Tourism Model. It's Conception and Use," Journal of Sustainable Tourism. Bol 16 No. 5.

http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1566

Pemerintah Kabupaten Tangerang, (2020) Rencana Infrastruktur Ketapang.

https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/5641/Promosi-Kebudayaan-dan-Pariwisata-Propinsi-Banten-melalui-media-desain-komunikasi-visual

https://tangerangkab.go.id/detail-konten/show-berita/2010https://republika.co.id/berita/koran/urbana/16/05/25/o7q9473-desa-ketapang dijadikan-pusat-rehabilitasi-pesisir

http://buldanbelozoglu.blogspot.com/

PKSPL IPB, 2019, Laporan Akhir Kajian Pengembangan Wisata Terpadu Kabupaten Tangerang

Erika Revida., dkk. Inovasi Desa Wisata: Potensi, Strategi, dan Dampak Kunjungan WIsata. Yayasan Kita Menulis, 2021.

Pauli, Gunter. The Blue Economy. Japan Spotlight. January/February, 2011. Link artikel: https://www.jef.or.jp/journal/pdf/175th_cover04.pdf

__Notulen Focus Group Discussion. Saung Pak Omat Desa Ketapang, Kecamatan Mauk. 15 Januari 2020.

Artikel: https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Anugerah-Desa-Wisata-Indonesia


Article Metrics

Abstract - 204 PDF - 125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.