PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TOUR LEADER TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI PT. ERLANGGA TOUR TRAVEL BERKAH DI BALARAJA
Abstract
Abstract. Service quality is one of the most important keywords to increase consumer loyalty. One company that sells travel services or services is PT. Erlangga Tour Travel Blessings. This study uses quantitative research methods that aim to describe the effect of tour leader service quality on customer loyalty at PT. Erlangga Tour Travel Berkah using quantitative statistical tests. The sampling method in this study was to use the Slovin technique with a total of 59 consumers from the total population in the December 2022 period as many as 144 consumers. The instrument testing technique in this study is the Validity Test with a total of 24 valid statements and Reliability with the results of reliable statements, namely the Cronbach's Alpha value of the Service Quality variable (X) 0.881 > 0.60 and the Cronbach's Alpha value of the Consumer Loyalty variable (Y) 0.774 > 0. 60. The data analysis technique uses Descriptive Statistics, the Classical Assumption Test which includes the Normality Test with a sig. 0.200
> 0.05 normally distributed and Heteroscedasticity Test with sig. 0.363 > 0.05 which indicates there is no heteroscedasticity in the data. Simple Linear Regression Analysis with the equation Y = 2.433 + 0.156X. Correlation Coefficient Analysis with sig. 0.007 < 0.05 and the Pearson Correlation value is
0.346 (positive). Analysis of the Coefficient of Determination with a percentage value of 12%. Test the T hypothesis with a Tcount 2.787 > Ttable 2.00247 and a sig. 0.007 > 0.005. The results obtained in this study are that there is a positive positive influence with a low level of significance based on the test results of the coefficient of determination as much as 12% between the quality of tour leader service and customer loyalty at PT. Erlangga Tour Travel Berkah.
Keywords: Consumer Loyalty; Service Quality; Tour Leader
Abstrak. Kualitas pelayanan merupakan salah satu kata kunci terpenting untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Salah satu perusahaan yang menjual produk layanan atau jasa perjalanan wisata adalah PT. Erlangga Tour Travel Berkah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengaruh kualitas pelayanan tour leader terhadap loyalitas konsumen di PT. Erlangga Tour Travel Berkah dengan menggunakan uji-uji statistik kuantitatif. Adapun metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik Slovin dengan total 59 konsumen dari total seluruh populasi pada periode bulan Desember tahun 2022 sebanyak 144 konsumen. Teknik pengujian instrumen dalam penelitian ini yaitu Uji Validitas dengan total 24 pernyataan valid dan Reliabititas dengan hasil pernyataan yang reliabel yaitu nilai Cronbach’s Alpha variabel Kualitas Pelayanan (X) 0,881 > 0,60 dan nilai Cronbach’s Alpha variabel Loyalitas Konsumen (Y) 0,774 > 0,60. Teknik analisis data menggunakan Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik yang termasuk Uji Normalitas dengan nilai sig. 0,200 > 0,05 berdistribusi normal dan Uji Heteroskedastisitas dengan nilai sig. 0,363 > 0,05 yang menunjukkan tidak terjadi heteroskedastisitas pada data. Analisis Regresi Linier Sederhana dengan hasil persamaan Y = 2,433 + 0,156X. Analisis Koefisien Korelasi dengan nilai sig. 0,007 < 0,05 dan nilai Pearson Correlation sebesar 0,346 (positif). Analisis Koefisien Determinasi dengan nilai persentase sebesar 12%. Uji Hipotesis T dengan nilai Thitung 2,787 > Ttabel 2,00247 dan nilai sig. 0,007 > 0,005. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif positif dengan
tingkat signifikansi yang rendah berdasarkan hasil uji koefisien determinasi yaitu sebanyak 12% antara kualitas pelayanan tour leader dengan loyalitas konsumen di PT. Erlangga Tour Travel Berkah.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan; Loyalitas Konsumen; Tour Leader
Full Text:
PDFReferences
Buku
Darmadjati, R. S. (2006). Istilah-Istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita. Djarwanto. (2007). Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian. Yogyakarta:
Liberty.
Effendy, Eddy, dan Paulus Winarto. (2016). Lead Like a Tour Leader. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Ferrinadewi, Erna. (2006). Merek & Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu. Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, Ririn. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika. Hasibuan, Malayu S.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Haq, M. T. (2009). Biro Perjalanan Wisata. Kampus Program Diploma Negara Manajemen Administrasi Transportasi Udara. Yogyakarta: AMA TRANS.
Hurriyati, Ratih. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta. Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Setiadi, Nugroho J.. (2003). Perilaku Konsumen. Makassar: Remaja Rosdakarya Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Suyono. (2018). Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Syaodih Sukmadinata, Nana. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda
Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Artikel Internet
Sertifikasi Tour Leader | Admin Media Sosial JDI, Retrieved August 7, 2023, from https://lsppariwisata.com/sertifikasi-tour-leader-sertifikasi-tour-leader-adalah- sertifikasi-yang-di-berlakukan-untuk-para-tour-leader-di-indonesia-yang-akan- mempunyai-legalitas-profesinya-menjadi-seorang-tour-le/
Memahami Uji T dalam Regresi Linear | Meiryani. Retrieved June 14, 2023, from https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-uji-t-
dalam-regresi-linear/#:~:text=Jika%20nilai%20signifikansi%20uji%20t,variabel%2 0independen%20terhadap%20variaben%20dependen
Jurnal
Adhika Sugato Kalyana Puthujjana, dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Wisatawan yang Berkunjung ke Bounty Discothique di Legian Kuta, Badung, Bali. Vol. 20 No.1, 49- 58.
Diambil dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ojs. unud.ac.id/index.php/jap/article/view/75830&ved=2ahUKEwiqkKvtysH_AhX5- zgGHT3iB_YQFnoECA8QAQ&usg=AOvVaw2eLpW-_Z_rHKnhnM3Xb1t2
Aggy Cariena, dkk. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Tour Leader terhadap Loyalitas Konsumen pada Travel Agent Kencana Wisata Tanjung Duren Jakarta. Vol. 3 No. 2, 32-37. Diambil dari https://www.google.com/ url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article
/download/22832/14967/&ved=2ahUKEwip9J7jycH_AhXf7TgGHSMqDqEQFnoE CBoQAQ&usg=AOvVaw0Wt24ZpBXLB00yAvEC5-vt
Alfian Agung Firmansyah, Nanik Rianandita Sari. (2023). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Batik Air di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang. Vol. 4 No. 6, 1695-1713. Diambil dari https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/elmal/article/view/3574/2564
Annisa, Bambang Munas Dwiyanto. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediator (Studi pada Pengguna Layanan PT. Pos Indonesia di Semarang). Vol. 10 No.3, 1-
Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/32359
Daniel Teguh Tri Santoso, Endang Purwanti. (2013). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Memilih Produk Operator Seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab.
Semarang. Vol. 6 No. 12, 112-129. Diambil dari https://jurnal.stieama.ac.id/index.p hp/ama/article/view/92
Ika Widya Putri, Isdiana Suprapti. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas dengan Variabel Kepuasan sebagai Variabel Mediasi pada Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur. Vol. 10 No. 1, 219-231. Diambil dari https://journal.trunojoyo.ac.id/agriscience/article/download
/8004/4848
Sinaga, Supriyono. (2010). Potensi Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah. Kertas Karya. Program DIII Pariwisata . Universitas Sumatera Utara.
Yudha Eka Nugraha, dkk. (2019). Kualitas Layanan Wisata Medis yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Mancanegara di Bali. Vol. 5 No. 2, 345 - 370. Diambil dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/ar ticle/view/46334/27999
Article Metrics
Abstract - 680 PDF - 395Refbacks
- There are currently no refbacks.