ANALISIS TINGKAT KECERDASAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN PETIR 4 KOTA TANGERANG

Nadhia Ummah, Rahmawati Eka Saputri, Sa'odah Sa'odah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi bagaimana tingkat kecerdasan sosial dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Petir 4 Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pernyataan berupa angket yang kemudian diberikan kepada objek penelitian, yaitu siswa kelas IV SDN Petir 4 Kota Tangerang. Selain angket, peneliti juga menggunakan instrumen daftar pertanyaan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengajukan pertanyaan kepada guru untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai tingkat kecerdasan sosial siswa dalam pembelajaran IPS. Observasi digunakan untuk mengamati bagaimana tingkat kecerdasan sosial siswa dalam kegiatan pembelajaran dikelas dan penelitian ini dapat diperkuat dengan dokumentasi. Data hasil pengamatan kemudian dianalisis dengan perhitungan perolehan rata-rata persentase tingkat kecerdasan sosial siswa dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa minat membaca buku teks pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Petir 4 Kota Tangerang dikategorikan Tinggi.

Full Text:

PDF

References


Aldily, Ridho. (2017). The Power Of Social And Emotional Intelligenc. Yogyakarta: Psikolog Corner.

Moleong, lexy. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardjijo Ischak. (2017). Pendidikan IPS di SD. Tangerang Banten: Universitas Terbuka.

Sarwono, S. W . (2010). Psikologi Remaja, Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja. Grafindo

Soejanto, Laily Tiarani & F.I. Soekarman. (2015). Tingkat Kecerdasan Sosial Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal konseling Indonesia. Diakses pada 01 oktober 2015.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunar, Prasetyono, Dwi (2010). Tes Iq dan Eq Plus!. Jogjakarta: Buku Biru.

Susanto Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Online.www.dikti.go.id/files/atur/UU20-2003SiSdiknas.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.3697

Article Metrics

Abstract - 775 PDF - 473

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i2.3697.g2604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats