Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Anak Usia 5-7 Tahun

Nurul Fautyah Indra, Nurul Fitria Kumala Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Bilangan Anak Usia 5-7 Tahun. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B RA ROSITA yang berjumlah 30 siswa dengan masing-masing kelas B1 15 siswa dan B2 15 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung lebih besar dari nilai ttabel adalah 5,320 sedangkan ttabel 1,701 sehingga menyebabkan hipotesis statistik diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman bilangan anak yang menggunakan media realia mempunyai perbedaan dibandingkan dengan anak yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Pada penelitian ini dapat dilihat perbedaan terhadap pemahaman bilangan anak dari 4,49% menjadi 6,20%.


Keywords


Media Realia, Pemahaman Bilangan, Usia 5-7 Tahun

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.