Pengaruh Bermain CD Interaktif Edukatif ‘Ayo Belajar’ Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mentari Cipondoh Tangerang

Faisal Ibrahim, Umu Atiyah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif antara siswa yang diberi metode pembelajaran menggunakan media CD interaktif dengan siswa yang diberi metode pembelajaran konvensional di TK Mentari Cipondoh Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen.Sampel yang diambil untuk mewakili populasi adalah menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas B TK Mentari sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, pretest dan posttest. Uji Prasyarat analisis menggunakan uji Chi Kuadrat dan Uji Fisher, diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari perhitungan uji statistik diperoleh thitung > ttabel (2,834 > 2,306), maka Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan ɑ=0,05 dengan derajat kebbasan (db)=8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa yang diberikan metode pembelajaran menggunakan media CD interaktif dengan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif siswa kelas B yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran CD interaktif lebih baik dari siswa kelas B yang belajar tanpa menggunakan media CD interaktif.


Keywords


Kognitif, CD Interaktif Edukatif, Usia 5-6 Tahun.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.2858

Article Metrics

Abstract - 508 PDF - 413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats