Pengembangan Game Interaktif Huruf Hijaiyah Berbasis Android

Angger Prima Widhiasih, Miftahul Zannah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan dan kelayakan media pembelajaran game interaktif huruf hijaiyah usia 4-5 tahun berbasis android. Jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) ini menggunakan model S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel 4 tahap pengembangan. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan skala likert. Hasil uji kelayakan media pembelajaran game interaktif  menunjukkan media “sangat layak” berdasarkan hasil validasi ahli media 1 yaitu sebesar 100%, ahli media 2 96% dan ahli materi 96%. Respon tanggapan guru menunjukkan media “sangat baik” dengan presentase 86,7%. Selanjutnya respon peserta didik disekolah menunjukan media pembelajaran “sangat menarik” yang menunjukkan hasil berkembang sangat baik. Berdasarkan perolehan hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran game interaktif berbasis android sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah pada peserta didik usia 4-5 tahun.

 

Kata kunci: Huruf Hijaiyah, Game Interaktif, Android


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i2.5839

Article Metrics

Abstract - 248 PDF - 132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: jurnalceria@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats