PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELAS SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SMARTPHONE ADVAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Hendi Eka Sumarga, Sofyanti Ayu Lestari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya hidup dan kelas sosial terhadap keputusan pembelian konsumen Smartphone Advan Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.           

            Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang sebanyak 3122 Mahasiswa. Sampel ditentukan dengan metode incidental sampling dan memperoleh 97 responden sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 21.

            Hasil penelitian menunjukkan  bahwa secara parsial variabel Gaya Hidup (X1) berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel yakni 9,086 > 1,985, dan Kelas Sosial (X2) berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel yakni 7,654 > 1,985 dan nilai signifikan regresi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,050. Dan secara simultan variabel Gaya Hidup (X1) dan Kelas Sosial (X2) berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) yakni Fhitung > Ftabel sebesar 55,016 > 3,09. Dengan nilai persamaan regresi berganda Y = 14,208 + 0,908 X1 + 0,834 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 52,9% yang sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti.

Kata kunci : Gaya Hidup, Kelas Sosial, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.