Perancangan EIGRP Routing Protocol Untuk Konektivitas Jaringan Komputer Pada Kantor Cabang Baru PT. AIA Financial

Irwan Satria, Ade Surya Budiman, Sartini Sartini

Abstract


Jaringan internet saat ini telah  menjadi salah satu kebutuhan utama dalam aktivitas manusia modern, sehngga layanan internet menjadi bagian dari pelayanan bagi fasilitas umum,konektivitas ini menjadi tuntutan bagi sebagian besar orang. PT.AIA Financial bergerak di bidang Asuransi yang tersebar di Indonesia. Kebutuhan akan komunikasi data sangat penting untuk menunjang kinerja berupa komunikasi data pada masing-masing cabang PT AIA Financial khususnya pemanfaatan teknologi  komputer yang membutuhkan hubungan antar komputer dari lokasi yang berbeda.kondisi yang ada saat ini berjalan dengan baik menggunakan routing statis. Permasalahan yang ada saat ini adalah masing-masing kantor cabang dari PT.AIA Financial menggunakan routing statis untuk menghubungkan seluruh kantor cabang yang mana tidak fleksibel saat ada penambahan cabang baru dan adanya permintaan penambahan 5 kantor cabang baru. Peneliti menyarankan menggunakan dynamic routing EIGRP karena apabila ada penambahan cabang baru dari perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan konfigurasinya dibandingkan dengan static routing yang digunakan saat ini. Ketika ada penambahan cabang baru, apabila menggunakan routing static maka administrator harus menambahkan route secara manual di setiap kantor cabang. Sedangkan apabila menggunakan routing dinamis maka administrator cukup menambahkan route secara manual hanya di cabang baru tersebut. Hasil saat menggunakan metode dinamis EIGRP pada pengujian sistem saat test ping pc ke router masing-masing kantor berjalan baik.

References


Al Ghivani, A. Z. (2018). Studi Perbandingan Routing Protokol BGP Dan EIGRP, Evaluasi Kinerja Performansi Pada Autonomous System Berbeda. Jurnal Sistemasi, 7, 95–105.

Georgina, O. N., Chukwuchebe, O. H., & Rosemary, D. M. (2018). Simulation Based Appraisal Study Of OSPF And EIGRP For Effective Communication. FUDMA Journal of Sciences (FJS), 2(1), 89–98.

Kalamani, P., Kumar, M. V., Chithambarathanu, M., & Thomas, R. (2014). Comparison of RIP , EIGRP , OSPF , IGRP Routing Protocols in Wireless Local Area Network ( WLAN ) by using OPNET Simulator tool - A Practical Approach. IOSR Journal of Computer Engineering (IOSR-JCE), 16(4), 57–64.

Maryati, L. D., Primananda, R., & Ichsan, M. H. H. (2017). Analisis Kinerja Protokol Routing OSPF dan EIGRP Untuk Aplikasi VoIP Pada Topologi Jaringan Mesh. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(9), 960–970.

Novendra, Y., Arta, Y., & Siswanto, A. (2018). Analisis Perbandingan Kinerja Routing OSPF Dan EIGRP. IT Journal Research and Development, 2(2), 97–106.

Patel, H. N., & Pandey, R. (2014). Extensive Reviews of OSPF and EIGRP Routing Protocols based on Route Summarization and Route Redistribution. Int. Journal of Engineering Research and Applications, 4(9), 141–144.

Purwanto, T. D. (2018). Analisis Kinerja Dynamic Routing pada Protokol Routing EIGRP untuk Menentukan Jalur Terbaik dengan Diffusing Update Algorithm (DUAL). JUITA : Jurnal Informatika, 6(2), 89–98.

Syukur, A., & Julianti, L. (2018). Simulasi Pemanfaatan Dynamic Routing Protocol EIGRP Pada Router di Jaringan Universitasi Islam Riau Beserta Autentikasinya. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 23. https://doi.org/10.25126/jtiik.201851535




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v3i2.2166

Article Metrics

Abstract - 862 PDF (Bahasa Indonesia) - 808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

CURRENT INDEXING