Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Magic Book Augmented Reality Pada Materi Pengenalan Perangkat Keras Komputer

Arif Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis Magic Book pada materi Perangkat Keras Komputer (Hardware) untuk siswa kelas VII SMP. Magic Book merupakan sebuah marker yang disusun dalam bentuk buku yang berguna sebagai alat untuk menampilkan objek secara 3D. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengujian ahli media diperoleh nilai rata – rata 0,89 yang termasuk dalam kategori sangat layak, hasil pengujian oleh ahli materi dengan nilai rata - rata 0,94 yang termasuk dalam kategori sangat layak, uji black box diperoleh hasil dengan presentase 100% dan yang terakhir uji kompatibilitas dengan nilai presentase 100% yang artinya aplikasi media pembelajaran dikatakan sangat layak untuk digunakan.


Full Text:

PDF

References


Pengenalan Wajah Pada Perangkat Android. Jurusan Teknik Informatika. PT.UNNES, 01, 34 – 40.

Ilmawan, M., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality, Jurusan Teknik Elektro. PT.UNY, 1 – (01, 36 – 48.

Mustika. (2015). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. PT.UGM, 01, 98 – 104.

Sagala, S. (2009). Pembelajaran Menggunakan Asas Pendidikan Terhadap Siswa. Jurusan Bahasa Dan Sastra, PT.uniba., 62 – 69.

Sutama. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuntitaif, Kualitatif, PTK, dan R&D. Fairuz Media.

Wahono. (2006). Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. In Diakses dari http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspekdan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/ pada 12 Februari 2019, jam 08.30 WIB.

Wasista, S. (2016). Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer Berbasis Andoid Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Jurusan Teknik Komputer Departemen Informatika dan Komputer Politeknik Elektronika. PT, PENS.15 (9, 28 – 35.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v5i2.4522

Article Metrics

Abstract - 792 PDF - 674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING