SISTEM INFORMASI MONITORING PENGADUAN DAN KELUHAN PELANGGAN PADA PT.EGA TEKELINDO PRIMA BERBASIS WEB

Liesnaningsih Liesnaningsih, Rohmat Taufiq

Abstract


PT.Ega Tekelindo Prima merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi panel listrik tegangan rendah. Selain memproduksi panel listrik, PT.Ega Tekelindo Prima juga menyediakan jasa pemasangan panel listrik kepada para pelanggan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, Proses monitoring pengaduan dan keluhan pelanggan pada PT. Ega Tekelindo Prima belum berjalan dengan baik dikarenakan banyaknya pengaduan pelanggan melalui telepon, email, dan aplikasi pesan online yang seringkali terlewat dicatat oleh admin, sehingga proses penanganan pengaduan dan keluhan yang dilakukan pun menjadi tidak maksimal. Hal tersebut menyebabkan respon balik kepada pelanggan menjadi lambat karena tidak ada data yang terintegrasi dengan komputer sehingga mengakibatkan sulitnya memonitoring pengaduan dan keluhan yang dilakukan  pelanggan. Oleh karena itu, sistem informasi monitoring pengaduan dan keluhan pelanggan berbasis web perlu dibuat untuk mengatasi masalah yang terjadi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan metode prototipe dengan Unified Modeling Language (UML) sebagai alat dalam merancang pemodelan sistem. Dengan adanya sistem informasi monitoring pengaduan dan keluhan pelanggan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam menyampaikan pengaduan, dan penanganan terhadap pengaduan menjadi lebih cepat.

Keywords:  Pengaduan, Monitoring, Sistem


Full Text:

PDF

References


Indriyani, S., Mardiana, S. (2016). Pengaruh Penangaan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap kepercayaan dan Komitmen Mahasiswa Pada Perguruan TInggi Swasta di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya 2(1), 1-13, p-ISSN: 2047-1552.

Liesnaningsih, Liesnaningsih, et al. "Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Berbasis WEB Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Pondok Pesantren Daarul Ahsan." Jurnal Informatika Universitas Pamulang 5.1 (2020): 54-60.

Septian, F., Anwar, S., (2019), Prototype Aplikasi Sertifikasi Kelayakan Lift Berbasis Website, Jurnal Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan 3(1), 20-25, p-ISSN: 2613-991X

Setiadi, B., Wahyudi, J. (2020). Aplikasi Monitoring Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Pada PT.PLN (Persero) Area Banjarmasin Berbasis Web. Jurnal Technologia 11(4), 234-239, p-ISSN: 2086-6917.

Sutabri, Tata. (2016). Sistem Informasi Manajemen (Edisi Revisi). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sukamto, R, A., & Shalahuddin, M. (2015). Kolaborasi Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Taufiq, R., Puspitasari, N,, & Liesnaningsih. (2019) Analisis Dan Desain Sistem Informasi Penilaian Kompetensi Manajerial Karyawan Berbasis Web Pada PT. Surya Toto Indonesia, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasi Komputer (SINTAK). 49-54. ISBN: 978-602-8557-20-7.

Yurindra. (2017). Software Engineering. Yogyakarta: CV.Budi Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v5i3.4542

Article Metrics

Abstract - 950 PDF - 896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING