HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IV PRODI D-III KEBIDANAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Catur Erty Suksesty, Yayah Huliatunisa, Eneng Wiliana, Sucita Nurwahyuningsih

Abstract


ABSTRAK

Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai oleh seseorang setelah ia melakukan proses belajar, serta merupakan kecakapan atau hasil konkrit yang dapat dicapai pada saat atau periode tertentu, yang dalam hal ini mahasiswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran itu sendiri merupakan suatu sistem yang didalamnya terdapat berbagai komponen, antara lain tujuan, materi, metode, media, sumber belajar, evaluasi, peserta didik, lingkungan dan guru yang saling berhubungan dan ketergantungan satu sama lain serta berlangsung secara terencana dan sistemik.

 

Perpustakaan merupakan kawasan pemanfaatan dalam teknologi pendidikan yang membidangi tentang bagaimana secara teori dan praktek proses dan sumber-sumber belajar dimanfaatkan untuk kepentingan belajar. Perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar merupakan sarana yang didalamnya memuat bahan-bahan belajar dan dapat digunakan sebagai acuan dalam mengelola materi perkuliahan, sehingga pemenuhan kebutuhan akan belajar dapat mencapai hasil yang optimal.

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya hubungan pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa, dengan menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, dan menjadikan seluruh mahasiswa semester IV Prodi D-III Kebidanan   Fakultas   llmu   Kesehatan   Universitas   Muhammadiyah   Tangerang   TA.

2016/2017 yang berkunjung ke perpustakaan Fakultas Ilmu Kesehatam Universitas Muhammadiyah Tangerang sebagai populasi dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 51 mahasiswa, selanjutnya data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan uji chi-square dengan derajat kemaknaan (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pemanfaatan perpustakaan dengan kejadian prestasi belajar dengan nilai (p value = 0,030).

 

Saran dari hasil penelitian ini yakni tersedianya system layanan dalam proses pencarian sumber belajar di perpustakaan dengan menggunakan sistem layanan informasi perpustakaan mandiri yang dapat diakses secara langsung oleh mahasiswa.

 

 

 

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Pemanfaatan Perpustakaan


References


DAFTAR PUSTAKA

Basuki, Sulistyo, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama, 2009

Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Darmono, 2007. Perpustakaan Sekolah : Pendekatan Aspek Manajemen Dan Tata Kerja. Jakarta : Grasindo

Lasa, 2007. Manajemen Perpustakaan

Sekolah. Yogyakarta : Pinus

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Papalia, Diane & Feldman, RD, 2008.

Human Development. Jakarta : Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v3i2.1289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.