HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PEMAKAIAN KONTRASEPSI IUD (INTRA UTERINE DEVICE) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SALEMBARAN JAYA KABUPATEN TANGERANG BANTEN TAHUN 2019

Dina Raidanti, Wahidin Wahidin

Abstract


Indonesia adalah negara berkembang dengan laju pertumbuhanfertilitas penduduk relative tinggi dan penyebaran yang tidak merata. Fertilitas penduduk yang tinggi dan penyebaran tidak meratamempersulit upaya peningkatan dan pemerataan kesejahteraan rakyat, keluarga berencana adalah upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi kesehatan, perlindungan, dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan/pengaruh pengetahuan dan dukungan suami dengan pemakaian kontrasepsi KB IUD (Intra Uterine Device) di wilayah kerja Puskesmas Salembaran Jaya Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Variabel dependen: pemakaian kontrasepsi IUD (Intra Uterine Device) dan variabel independen: pengetahuan dan dukungan suami.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta KB aktifdi wilayah puskesmas Salembaran Jaya sebanyak 7.297 orang, sampel diambil sebanyak 100 orang. Data primer diambil dengan kuesioner dan wawancara mendalam.Hasil Penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positip antara pengetahuan ibu (p=0,021), dan dukungan suami (p=0,000) dengan pemakaian kontrasepsi IUD (Intra Uterine Device) di wilayah kerja Puskesmas Salembaran Jaya tahun 2019.

Full Text:

PDF

References


Andrews, Gilly. (2010). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Wanita (Woman’s Sexual Health) Edisi 2. Jakarta: EGC.

Arum, R. & Sujiyani. (2011). Panduan Lengkap Pelayanan KB Terkini. Jogjakarta: Nuha medika.

Azwar. (2010). Pengantar Epidemiologi. Jakarta : Rineka Cipta.

BKKBN. (2012). Laporan Hasil Pembinaan Pus dan Jumlah Peserta KB Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2012 . Kendari.

______. (2010). Paket Pelatihan Pendidikan KB, Buku 2, Materi

Inti Pendidikan Keluarga Berencana. Jakarta: BKKBN.

Fitri, R. (2012). Hubungan Faktor Predisposisi, Faktor Mungkin dan Faktor Penguat dengan Pemilihan Kontrasepsi IUD di Wilayah Kerja Puskesmas Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Propinsi Riau Tahun 2012. Skripsi. fakultas kesehatan masyarakat program sarjana kesehatan masyarakat peminatan kebidanan Komunitas Depok. Universitas Indonesia.

Hartanto, H. (2010). Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Hurlock, E.B. (2012). Psikologi Perkembangan. 5th edition. Jakarta: Erlanga.

Kuswanti Ina & Sari Galuh.,K. (2016). Hubungan dukungan Suami dengan Keikutsertaan Ibu dalam Mengikuti Program KB IUD. Naskah Publikasi. Stikes Yogyakarta.

Frisca, L (2013). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) Di Kelurahan Pangolombian Kota Tomohon Tahun 2013. Jurnal. Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado.

Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurcahyanti. (2014). Hubungan Dukungan Suami Dalam Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Pada Ibu Akseptor KB Berusia Lebih Dari 35 Tahun Di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Jurnal: STIKES Ngudi Waluyo.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pillitteri, A. (2010). Buku Saku Asuhan Ibu dan Anak. Jakarta: EGC.

Praja, J.S. (2005). Pengantar Psikologi. Bandung: Angkasa.

Qamariah, L & Herlin, F.K. (2017). Hubungan Dukungan Suami dan Tingkat Pengetahuan dengan Penggunaan KB IUD Post Plasenta di Puskesmas Jetis Yogyakarta. Jurnal. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Roesli, U. (2008). Inisiasi Menyusui Dini. Jakarta. Trubus Agriwidya.

Saifuddin, A.B. (2010). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi, Jakarta, Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Setiadi. (2008). Konsep &Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subekti. (2011). Hubungan Tingkat Pengetahuan Akseptor KB tentang Alat Kontrasepsi dalam Rahim (AKDR) dengan Dukungan Suami dalam Pemilihan Alat Kontrasepsi AKDR di Desa Puguh Kecamatan Pegadon Kabupaten Kendal. Jurnal. Kendal: Akademi Kebidanan UNISKA.

Sulastri & Nirmasari. (2013). Hubungan Dukungan Suami Dengan Minat Ibu Dalam Pemakaian Kontrasepsi IUD Di Bergas. Jurnal.

Sulistyawati. (2011). Pelayanan Keluarga Berencana, Jakarta : Salemba Medika.

Wibowo. (2004). Pengetahuan Sikap Pasangan Suami Istri Mengenai Kesehatan Reproduksi. UGM Yogyakarta.

Suparlan, Y.B., Pardiman, S., Widjopranoto., Rachmanto. (2008). Kamus Istilah KKB, Kependudukan dan Keluarga Berencana, Jakarta: Kanisius.

World Health Organization (WHO ). (2016). Family Planning. Tersedia dalam : http//.www.who.int>family_planning. Diakses tanggal 27 Mei 2018.

Wiknjosastro, H. (2013). Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i1.2016

Article Metrics

Abstract - 1269 PDF - 948

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i1.2016.g1244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Alamat Redaksi : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan 1/33 Kota Tangerang Banten Indonesia 15118




View My Stats