PENGARUH KONSELING MENGGUNAKAN ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN (ABPK) TERHADAP PEMILIHANKONTRASEPSI IMPLAN

Hikmah Hikmah, Siti Indah Farida

Abstract


Keluarga berencana merupakan program pemerintah di Indonesia yang masih menjadi polemik. Kota Tangerang menjadi peringkat kelima pengguna implant di kota/kabupaten di provinsi Banten. Salah satu cara untuk meningkatkan pemilihan kontrasepsi implant yaitu memberikan konseling dengan menggunakan ABPK untuk membantu pasien dalam proses pengambilan keputusan sehingga pasien lebih mudah untuk menentukan metode Keluarga Berencana (KB) yang paling tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh konseling menggunakan alat bantu pengambilan keputusan (ABPK) terhadap pemilihan kontrasepsi implant. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 104 orang dengan teknik total sampling. Metode yang digunakan quasi eksperimen intack group comparison. Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa lembar ceklist. Teknik Analisa data yang digunakan adalah uji Ttidak berpasangan, dengan Teknik pengambilan sampel total sampling hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada pengaruh konseling mengunakan ABPK terhadap pemilihan kontrasepsi implant dimana (P value =0.092>0,05). Dalam meningkatkan kualitas pelayanan KB, hendaknya petugas kesehatan khususnya bidan memberikan konseling KB dengan menggunakan ABPK sehingga dapat memberikan kemudahan kepada klien dalam menentukan pemilihan kontrasepsi yang sesuai.

Full Text:

PDF

References


Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Pusat bahasa. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama Departemen Pendidikan Nasional.

Manuaba I.C. 2012. Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan KB. Jakarta Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Notoatmodjo. 2005. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta PT. Asdimahasatya.

Profil Puskesmas Pasar Barutahun Kota Tangerang tahun 2014.

Saifuddin. 2010. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Willis Sofyan. 2004. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung CV. Alfabeta.

AI Rodliyah. 2009. Konseling Individu http://digilib.uinsby.ac.id diunduh pada 11 Februari 2017.

D Maslachah. ‎2013. Hubungan Antara Pelaksanaan Pendidikan Fullday School dengan Perilaku Sosial Keagamaan di Luar Sekolah Siswa SMP Muhammadiyah 12 Gresik. http://digilib.uinsby.ac.id diunduh pada 21 Februari 2017.

Esraisrana. 2016. Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyebab Tingginya Akseptor KB Suntik Di Desa Lagasa Kecamatan Duruka Kabupaten Muna Periode Januari-Juli 2016. Muna Yayasan Pendidikan Sowite.

Gustikawati, D 2014. Faktor Pendukung dan Penghambat Istri Pasangan Usia Subur dalam Penggunaan Alat Kontrasepsi Implant di Puskesmas Denpasar Utara. TESIS http://www.pps.unud.ac.id. Diunduh pada tanggal 7 Februari 2017.

Hasil Riset Kesehatan Dasar. PDF http://www.depkes.go.id. Diunduh tanggal 10 November 2016.

Herawatidian. 2016. Pengaruh Konseling Keluarga Berencana Menggunakan Alat Bantu Pengambilan Keputusan Pada Ibu Hamil Terhadap Penggunaan Kontrasepsi Pasca Persalinan: Randomized Controlled Trials http://ugm.ac.id. Diunduh pada 4 Februari 2017.

Herlyssa. 2013. Penggunaan WHO WHEEL CRITERIAN Dan Alat Bantu Pengambilan Keputusan ABPK Dalam Pemilihan Kontrasepsi Pasca Persalinan. http://ejurnal.poltekkesjakarta3.ac.id. Diunduh pada tanggal 5 Februari 2017.

Permatasari. D. 2016. Perbedaan Tingkat Kecemasan Akseptor Kontrasepsi IUD Dengan Suntik 3 Bulan Dalam Menghadapi Efek Samping Alat Kontrasepsi http://ejurnalp2m.poltekkesmajapahit.ac.id. Diunduh pada 6 Februari 2017.

Rapat pengendalian program data s.d bulan januari Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Banten http://banten.bkkbn.go.id. Diunduh tanggal 2 Januari 2017.

Sari. 2010. Hubungan Konseling Keluarga Berencana (KB) dengan Pengambilan Keputusan Pasangan Usia Subur (PUS) dalam Penggunaan Alat Kontrasepsi http://download.portalgaruda.org diunduh pada 11 Februari 2017.

Sugiyono. Prof Dr. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Akuantitatif dan R&D. Bandung: alfabeta.

Suheman.Dr. Konsep Dasar Konseling. PDF http://file.upi.edu diunduh pada 1 Februari 2017.

Tuhusna. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipestad (student teams achievement divisions) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Perancis http://repository.upi.edu diunduh pada 21 Februari 2017.

Tumini. 2010. Pengaruh Pemberian Konseling Terhadap Pengetahuan tentang KB dan Kemantapan Dalam Pemilihan Alat Kontrasepsi Pada Calon Akseptor KB. https://digilib.uns.ac.id. Diunduh pada 30 Januari 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i1.2189

Article Metrics

Abstract - 2270 PDF - 1792

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i1.2189.g1356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal JKFT

Alamat Redaksi :

Jurnal JKFT

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia

Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com




Jurnal JKFT a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.


Lihat Statistik Saya