ANALISA DAYA POTONG PADA MESIN POTONG GRAPHITE PACKING

Joko Hardono

Abstract


Tujuan dari suatu proses rekayasa engineering antara lain untuk membantu perkerjaan manusia sehingga akan meningkatkan  produktifitas, effisien dan kualitas produk yang lebih baik dan konsisten. Mesin pemotong Graphite packing merupakan suatu hasil inovasi yang dirancang untuk melakukan pemotongan. Dengan mesin ini pemotongan sheet packing yang sebelumnya dikerjakan secara manual dengan pemahatan/pemboran dan pengguntingan digantikan secara otomatis oleh mesin. Agar tujuan inovasi ini tercapai yaitu produktivitas dan effisiensi maka konstruksi mesin harus dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dan ergonomis dalam pengoperasiannya. Disamping itu juga perlu dihitung kebutuhan daya yang diperlukan sehingga bisa ditentukan daya motor penggerak yang sesuai.

 

Mesin potong Graphite packing dirancang dengan motor listrik sebagai penggerak utama. V-belt, pulley dan roda gigi digunakan untuk meneruskan putaran motor ke pisau pemotong. Putaran motor dari 1400 rpm diteruskan ke pulley input reduser menjadi 280 rpm. Oleh reduser putran ini direduksi menjadi 28 rpm. Dari pulley output reduser putaran diteruskan ke pulley penggerak poros cutter menjadi 10 rpm. Putaran inilah yang akan menggerakkan cutter. Daya pemotongan merupakan penjumlahan dari daya pemotongan langsung Graphite oleh cutter ditambah dengan daya yang diperlukan untuk memutar komponen-komponen yang bergerak.

 

Dengan menggunakan perumusan gaya dan daya potong serta daya untuk menggerakkan komponen diperoleh bhawa untuk melakukan pemotongan Graphite dengan tebal maksimum 3 mm diperlukan daya pemotongan sebesar 87,4 Watt. Jika digunakan motor dengan effisiensi 90% maka daya motor yang diperlukan sebesar 97,11 Watt atau setara dengan 0,13 HP.

 

Kata Kunci : Mesin, potong, daya, motor

Full Text:

PDF

References


H.W Pollack , Tool Design, Prentise Hall inc. New Jersey 07632, 1976

Klinger,.Product Catalog Industrial Sealing

Niemann G. 1994, Elemen Mesin Jilid 1, Jakarta, Erlangga

R.S.Khurmi, J.K. Gupta, 1982, AText Book Of Machine Design, New Delhi, Eurasia Publishing House.

Sularso, Kiyokatsu Suga, Dasar Perancangan Dan Pemilihan Elemen Mesin




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v1i2.1461

Article Metrics

Abstract - 1341 PDF - 613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.