Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa:

1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia,

2. Penelitian tindakan kelas pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

3. Penelitian eksperimen pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

4. Penelitian pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

5. Hasil penelitian dibidang linguistik dan sastra Indonesia.

6. Hasil analisis linguistik dan sastra Indonesia.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Naskah yang dikirim diterima dan dibaca oleh staf editorial. Tinjauan menggunakan double-blind review system. Naskah terlebih dahulu dievaluasi oleh staf editor, naskah yang tidak sesuai dengan krtiteria jurnal akan ditolak dengan pemberitahuan. Naskah yang telah sesuai dan menarik akan dikirim oleh staf editor kepada reviewer. Naskah hasil evaluasi dari reviewer  memiliki kemungkinan; ditolak, revisi besar, revisi kecil atau diterima. Naskah yang mendapatkan revisi akan dikirim kembali kepada penulis untuk diperbaiki.

 

Publication Frequency

Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

ETIKA PUBLIKASI

 

            Lingua rima merupakan jurnal yang mempublikasi penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, pengkajian sastra Indonesia dan kajian linguistik. Artikel yang telah masuk akan ditinjau dan diseleksi sesuai dengan bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, pengkajian sastra Indonesia dan kajian linguistik.

            Penulis diwajibkan mengirimkan artikel melalui laman web Lingua rima. Lakukan sesuai dengan tahapan submit, review sampai penerbitan artikel dilakukan melalui laman Lingua rima. Kami tidak akan memproses artikel yang dikirim selain melalui laman web Lingua rima. Apabila terdapat kesulitan, silahkan hubungi email linguarima@gmail.com atau kontak yang terdapat dalam laman tersebut.

            Penulis diwajibkan memperhatikan beberapa ketentuan dalam pengiriman jurnal sebagai berikut:

  1. Penulis memperhatikan artikel telah sesuai dengan focus dan scope Lingua rima.
  2. Artikel yang dikirim belum pernah diterbitkan atau sedang proses terbit di jurnal lain.
  3. Artikel yang dikirim harus sesuai dengan templet jurnal Lingua rima
  4. Penulis telah bersedia artikel melalui laman Lingua rima telah setuju untuk memindahkan hak copyright kepada Universitas Muhammadiyah Tangerang.
  5. Artikel diharapkan ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  6. Jumlah artikel diharapkan 10-15 halaman
  7. Setelah artikel dikirim, penulis diharapkan menghubungi pengelola jurnal melalui kontak yang ada di laman Lingua rima.
  8. Pastikan email penulis korespondensi aktif dan senantiasa diakses secara berkala.
  9. Cantumkan nomor ponsel yang bisa dihubungi dalam mendaftar akun untuk keperluan korespondensi yang sifatnya mendesak.