ANALISIS KESALAHAN PENGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SDN II KELAPA DUA KABUPATEN TANGERANG

Dewi Mei Mulyani, Hamdah Siti Hamsanah Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada karangan sederhana pada siswa kelas III SDN Kelapa Dua II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu mengkaji dan mengalisis data secara objektif sesuai dengan data yang ditemukan dilapangan. Hasil penelitian ini ditemukan pada 28 tulisan siswa yang telah dianalisis, terdapat kesalahan penulisan huruf kapital siswa pada karangan sederhana sebanyak 489 kesalahan dari 1874 data atau 26,09%. Sedangkan kesalahan perletakan tanda baca pada karangan sederhana yang telah ditulis siswa sebanyak 426 kesalahan dari 1874 data atau 22,73%. Ini menunjukan hampir semua siswa kelas III  SDN II Kelapa Dua memahami penggunaan penggunaan huruf kapital dan tanda baca.

Kata kunci : huruf kapital, tanda baca, karangan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v7i1.1616

Article Metrics

Abstract - 2295 PDF - 3243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats