EFEKTIVITAS MENDONGENG MELALUI MEDIA WAYANG KERTAS DI RUMAH BACA SANG PEMBELAJAR

Mukodas Mukodas, Wildan Fauzi Mubarock

Abstract


Keinginan memperbaiki literasi masyarakat Indonesia yang rendah merupakan tujuan utama didirikan TBM. Namun keberadaan TBM itu juga tidak banyak berpengaruh jika tidak ada masyarakat yang mengunjunginya. Maka pengelola TBM dituntut kreatif untuk menarik minat masyarakat terhadap TBM. Rumah Baca Sang Pembelajar adalah salah satu TBM yang berada di kota Bogor. TBM ini mengadakan kegiatan mendongeng ke anak-anak Sekolah Dasar. Pengelola berusaha menarik minat baca anak-anak. Pengelola menggunakan media wayang dalam mendongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas membaca dongeng dengan menggunakan media wayang kertas Rumah Baca Sang Pembelajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan data menggunakan tes yaitu dengan tes awal (pretest) dan test akhir (posttest). Hasil keterampilan membaca mereka dihitung berdasarkan rumus taraf signifikansi. Nilai rata-rata pembelajaran mendongeng sebelum adanya treatment dengan media wayang kertas adalah 64,5, sedangkan nilai rata-rata setelah siswa mendapat tretmen adalah 71,33. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode media wayang kertas dalam pembelajaran membaca dongeng terbukti efektif.

 

 

Kata Kunci : Mendong, Wayang Kertas, Rumah Baca


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.