EFEKTIVITAS MENDONGENG MELALUI MEDIA WAYANG KERTAS DI RUMAH BACA SANG PEMBELAJAR
Abstract
Keinginan memperbaiki literasi masyarakat Indonesia yang rendah merupakan tujuan utama didirikan TBM. Namun keberadaan TBM itu juga tidak banyak berpengaruh jika tidak ada masyarakat yang mengunjunginya. Maka pengelola TBM dituntut kreatif untuk menarik minat masyarakat terhadap TBM. Rumah Baca Sang Pembelajar adalah salah satu TBM yang berada di kota Bogor. TBM ini mengadakan kegiatan mendongeng ke anak-anak Sekolah Dasar. Pengelola berusaha menarik minat baca anak-anak. Pengelola menggunakan media wayang dalam mendongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas membaca dongeng dengan menggunakan media wayang kertas Rumah Baca Sang Pembelajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan data menggunakan tes yaitu dengan tes awal (pretest) dan test akhir (posttest). Hasil keterampilan membaca mereka dihitung berdasarkan rumus taraf signifikansi. Nilai rata-rata pembelajaran mendongeng sebelum adanya treatment dengan media wayang kertas adalah 64,5, sedangkan nilai rata-rata setelah siswa mendapat tretmen adalah 71,33. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode media wayang kertas dalam pembelajaran membaca dongeng terbukti efektif.
Kata Kunci : Mendong, Wayang Kertas, Rumah Baca
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2398
Article Metrics
Abstract - 957 PDF - 1050Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.