Konstruksi Realitas Radar Banten pada Pemberitaan Pilkada Banten 2017

Achmad Nashrudin P.

Abstract


Media dengan kegiatan komunikasi politik merupakan relasi yang tidak terpisahkan.Berita Pilkada akan lebih banyak disajikan dalam surat kabar daerahsesuai prinsip proximity dalam jurnalistik,artinyamasyarakat akan tertarik membaca berita-berita yang dekat dengan dirinya, baik kedekatan geografis, kultural, sosiologis, maupun kedekatan psikologis.Termasuk dalam Pilkada Banten, Radar Banten sebagai media local menjadi media informasi bagi masyarakat Banten untuk mengetahui peristiwa kampanye sebagai salah satu tahapan Pilkada.Kajian ini bermaksud mengangkat kontruksi realitas politik Radar Banten melalui peristiwa pemilihan Gubernur Banten tahun 2017.Konstruksi realitas mediabisa dilihat dari aspek ekonomi politik media, dan analisis teks (melalui analisis wacana dan framing) atas berita tersebut.Radar Bantenr merupakan media lokal terbesar, dengan tiras mencapai 23 ribu dengan jumlah pembaca mencapai 55 ribu orang.Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif.Fokuskajian ini adalah(1) diketahuinya posisi Radar Banten dalam Praktik Ekonomi Politik Masa Pilkada Banten Tahun 2017 (2) diketahuinya Netralitas dan Profesionalisme Radar Banten, Selama Pilkada Banten 2017? (3) diketahuinyafrequensi berita Pasangan Calon Gubernur Banten 2017 dimuat oleh Radar Banten (selama masa kampanye)?.

Kata kunci: konstruksi realitas media, ekonomi politik media, teks media, kampanye, Pilkada Banten 2017, Radar Banten

 

Media with political communication activities is an inseparable relationship. Election news will be more presented in regional newspapers according to the principle of proximity in journalism, meaning that people will be interested in reading news close to him, whether geographical, cultural, sociological, or psychological closeness. Included in elections of Banten, and Radar Banten as a local media into a medium of information for the people of Banten to know the campaign event as one of the stages election. This study aims to raise the construction of Radar Banten political reality through the election of Banten Governor in 2017. The construction of reality media can be seen from the political economy media aspect, and text analysis (through discourse analysis and framing)for the news. Radar Banten is the largest local media, with 23,000 copies reaching 55,000 readers. The method used is qualitative analysis. The focus of this study is (1) knowing the position of Radar Banten in the  Political Economy Practices of Banten Election Period 2017 (2) knowing of Neutrality and Professionalism of Radar Banten, during the Pilkada Banten 2017? (3) to know the news frequencies of Candidate Pair of Governor of Banten 2017 published by Radar Banten (during campaign period)?

Keywords: construction of reality media, political economicsmedia, media text, campaign, elections of Banten 2017, Radar Banten


Full Text:

PDF

References


Eriyanto. 2005. Kajian Framing (Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media). Yogyakarta : LKIS.

_______. 2006. Kajian Wacana : Pengantar Kajian Teks Media. Yogyakarta : LKIS.

Bungin, Burhan. 2007. Kajian Kualitatif. Jakarta:Kencana.

Cresswell, John W. 2002. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. Jakarta :KIK Press.

Denzin Norman K. dan Egon Guba. 2001. Teori dan Paradigma Kajian Sosial. (Penyunting Agus Salim). Yogyakarta: Tiara Wacana

Djuroto, Totok. 2004. Manajemen Penerbitan Pers. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Fatimah, Siti. 2004. Enggan Jadi Politikus : Preferensi dan Persepsi Politik Orang Bandung. Bandung: BIGS.

Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa (suatu studi Critical DiscourseAnalysis terhadap berita-berita Politik).Jakarta : Granit.

Juanedie, Kurniawan. 1980. Pers Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Kriyantono, Rachmat, 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana

Panuju, Redi. 2003. Framing Analysis. Makalah. Surabaya: Universitas dr. Sotomo

Rakhmat,Jalaludin, 1999, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung:Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2000. Jurnal Sosial dan Pembangunan : Paradigma Komunikasi Politik dalam

Mewujudkan Masyarakat Madani. Bandung : Unisba Press.

Sudradjat M,2002, Metode Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala, UNPAD Bandung.

Wimmer D. Roger, 1987, Mass Media Research. Belmont, California: Wadsworth Publisher Company.

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller.2009.Manajemen Pemasaran: Jilid 1,Jakarta:Erlangga.

Kusumaningrat, Hikmat dan Purnama. 2005. Jurnalistik : Teori dan Praktek. Bandung: Rosda Karya.

Moeleong, Lexy. 2006. Kajian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muis, Andi Abdul. 2000. Ilmu Komunikasi suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyana, Dedi. 2004. Metodologi Kajian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nurudin, 2003.Komunikasi Massa. Malang : CESPUR.

Severin J, Werner dan Tankard Jr. W. James. 2007. Teori Komunikasi : Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa (Terjemahan). Jakarta : Kencana.

Singarimbun, Masri dan Sofian Efendi.1989.Metode Kajian Survai. Jakarta: LP3ES.

Sobur, Alex. 2004. Kajian Teks Media: Suatu Pengatar untuk Kajian Wacana, Kajian Semiotik, dan Kajian Framing. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Sudibyo, Agus. 2004. EkonomiPolitik Media Penyiaran. Yogyakarta :LKIS.

____________. 2006. Politik Media dan Pertarungan Wacana. Yogyakarta :LKIS.

Suwardi, Harsono. 1993. Peranan Pers dalam Politik di Indonesia. Jakarta : Sinar Harapan.

Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye. Bandung :Simbiosa Rekatama Media.

Wijaya, Albert. 1988. Budaya Politik Pembangunan Ekonomi. Jakarta :LP3ES.

Jurnal / Karya Ilmiah

Jurnal Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1993. Komunikasi dan Politik

Jurnal Komunikasi “Mediator”. 2002. Risalah Kajian karya Yenni Yuniati “Pengaruh Media Terhadap

Persepsi Politik”. Bandung : Unisba Press.

Jurnal Komunikasi “Thesis”. Januari-Agustus. 2005.

Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (LSPP). 2005.

Mansyur, Johansyah. 2005. Thesis. “Anlisis Kebebasan Pers Terhadap Pemberdayaan Politik Masyarakat : Studi Framing pada Harian Pedoman Rakyat dan Harian Fajar, tentang Suksesi Gubernur Sulsel. Jakarta:Usahid.

Jurnal Komunikasi Massa Vol 3 No 2 Juli 2010, UNS. “Komunikasi Politik Di Media Massa (Kajian Framing Berita Kampanye Pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Selama Masa Kampanye Putaran I di Harian Jawa Pos, Surya, Bhirawa, dan Duta Masyarakat”(http:// www.jurnalkommas.com/docs/Komuni kasi%20Politik%20di%20Media%20Massa.pdf. Diunggah 1 Februari 2017).

I Gede Titah Pratyaksa dan Bonaventura Satya Bharata. 2013. Bingkai Berita Pemilihan Gubernur Bali (Kajian Framing Berita Kampanye Pemilihan Gubernur Bali 2013-2018 pada Surat Kabar Harian Bali Post dan Surat Kabar Harian Fajar Bali Edisi 28 April 2013 – 11 Mei 2013. (http://e-journal.uajy.ac.id/5736/1/Jurnal%20Ilmiah.pdf. Diunggah 1 Februari 2017).

Peraturan Perundang-udangan

UU No. 40 Tahun 1999, tentang Pers

Peraturan KPU No. 7 tahun 2015, tentang Kampanye Pemilihan Gubernur, Bupati dan atau Walikota

UU No 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP)

UU No. 23 Thun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Sumber Lain

Pedoman Kajian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi X – 2016

https://www.academia.edu/10995370/Gaya_selingkung_kutipan_dan_dafar_pustaka (dilihat

pada 11/08/2016)

www.kompas.com

www.radarbanten.com

kpu.go.id

Radar Banten, November 2016 s.d Januari 2017

http://e-journal.uajy.ac.id/5736/1/Jurnal%20Ilmiah.pdf. (Diunggah 1 Februari 2017)




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v1i1.274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nyimak (Journal of Communication)



Nyimak: Journal of Communication a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Nyimak: Journal of Communication (p-ISSN 2580-3803, e-ISSN 2580-3832)