Event Sebagai Salah Satu Bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fashion Nasional (Event Tahunan Jakcloth)

Ade Rahma

Abstract


Jakarta Clothing adalah sebuah event yang mengumpulkan berbagai distribution store dari seluruh Indonesia. Konsep utama Jakarta Clothing atau Jakcloth adalah berupa bazar produk clothing yang berasal dari seluruh Indonesia. Konsep bazar dipadu padankan dengan berbagai kegiatan yang disukai kawula muda pada umumnya. Jakcloth menampilkan pertunjukan musik dari berbagai band-band ternama baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Segmentasi Jakcloth dimulai dari pelajar SMP, SMA, mahasiswa dan umum. Keberadaan jasa perlu dikomunikasikan dengan pelanggan, karena tanpa adanya komunikasi yang bermuatan bisnis kemungkinan akan adanya penolakan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Kotler (dalam Rangkuti, 2000: 18) mendefinisikan bahwa komunikasi pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi serta distribusi sejumlah barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Mitra Promosindo dalam membuat strategi event Jakcloth Mipro menggunakan bagian penting strategi komunikasi pemasaran, word of mouth. Kotler & Keller (2007) menyatakan bahwa word of mouth communication (WOM) atau komunikasi dari mulut ke mulut merupakan proses komunikasi yang berupa pemberian rekomendasi baik secara individu maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa yang bertujuan untuk memberikan informasi secara personal. Event yang dipilih sebagai strategi komunikasi pemasaran produk fashion lokal berbasis clothing ini adalah menyesuaikan dengan karakteristik jiwa muda yang menjadi sasaran utama dari penjualan produk clothing distro. Mereka, anak-anak muda, adalah orang-orang yang energik, suka dengan musik dan menyukai tantangan, maka event ini dikemas sesuai dengan karakteristik jiwa muda.

Kata Kunci: Strategi komunikasi pemasaran, event, word of mouth

 

Jakarta Clothing is an event which is providing all kinds of distribution store from Indonesia. The concept of market are combined with many activities those are interested for young people. Jakcloth presents live music performances from many kinds of fabulous bands from Indonesia and also other countries. The segmentations of Jakcloth started from Junior High School, Senior high School students, college students, and others. Since without communication belongs to business, there will maybe such a rejection to the service or products offered.
Marketing is one of important activity in the corporate world. Kotler in Rangkuti (2000:18) defines that marketing communications is a planning process and applying the concept, price, promotion and also distribution process
of a number of products and services to create the exchanging that can satisty the purpose of individual and organization. The Result of this study explains that Mipro in making strategy for Jakcloth event involves communication strategy word of mouth. Kotler and Keller (2007 ) suggests that the Communication Word of Mouth ( WOM ) or word of mouth communication is a process of communication that the form of recommendations either individually or in groups to a product or service that aims to provide personal information .The event was chosen as a marketing communication strategy for national product based on clothing, this adjust with the young people character that is being the main target from distro clothing product sale. The young people, are energic people, love musics and challenges. So then this event is manage appropriate with the characteristic of young people.


Keyword: Marketing communication strategy, event, word of mouth


Full Text:

PDF

References


Alma, Prof. Dr. H. Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Chandra, Gregorius. 2001. Strategi & Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Christine, Daymon & Immy Holloway. 2008. Metode-metode Riset Kualitatif dalam Public Relations & Marketing Communications. Penerjemah: Cahya Wiratama. Yogyakarta: Benteng.

Creswell, John W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions. Sage Publications Inc. USA.

Diana, Anastasia, Fandy Tjiptono, Yono Chandra. 2004. Marketing Scales. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Evelina, Lidia. 2005. Event Organizer. Jakarta : PT. Indeks.

Hamidi. 2009. Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Praktis Penulisan Proposal & Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.

Hubermas, A. Michael & Miles, B. Matthew. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

K.Yin, Robert. 2003. Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kotler, Philip, Hermawan Kartajaya, Hooi Den Huan, Sandra Liu. 2003. Rethinking Marketing. Jakarta : PT Prenhallindo.

Kotler, Philip. 1998. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Prenhallindo.

___________. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Prenhallindo.

___________. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kriyantono, Rakhmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Littlejohn, W. Stephen. 2008. Theories of Human Communication Ninth Edition. United State of America: Lyn Uhl.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa . Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Moleong, Lexy, J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif . Edisi Revisi. Bandung: PT. Rosdakarya.

Muhadjir, Noeng. 2000. Metodologi Penelitian Kulaitatif. Yogyakarta: Rake Sarakin.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Noor, Any. 2009. Manajemen Event. Jakarta:Alfabeta.

Patton, Michael. Q. 2002. Qualitative Researches & Evaluation Methotds. California: Sage Publications.

Pawito. 2008. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.

Prisgunanto, Ilham. 2006. Komunikasi Pemasaran Strategi & Taktik. Bogor : Ghalia Indonesia.

Rangkuti, Freddy. 2010. Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Richard, West & Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Soemanagara, Rd. 2012. Strategic Marketing Communication Konsep Strategis dan Terapan. Bandung : Alfabeta.

Sunarto. 2004. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: AMUS Yogyakarta.

Sutisna. 2002. Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT Rosda Karya.

Utomo, Hargo. 1993. Manajemen Pemasaran : Jakarta : Gunadarma.

Zabin, Jeff, Gresh Brebach. 2006. Precision Marketing. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nyimak (Journal of Communication)



Nyimak: Journal of Communication a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Nyimak: Journal of Communication (p-ISSN 2580-3803, e-ISSN 2580-3832)