Mediamorphosis of Radio Broadcasting on a Drive-in Concert Event during Pandemic Era

Vincent Atmadja, Alfred Pieter Menayang, Rustono Farady Marta, Yohanes Nugroho Widiyanto

Abstract


Radio listeners in Indonesia amounted to 11.1 million in 2019, which is the highest number in the last 4 (four) years. Radio is one of the broadcasting communication media that is still very effective for entertainment purposes, accurate information, news, advertising, and also educational purposes. Intensified by the existence of radio streaming applications, there has been the development of loyal listeners due to its easier access. The fact that  radio broadcasting media is still popular for advertising purposes, PT. Berlian Entertainment then decided to cooperate with Mahaka Radio Integra in marketing and conducting a drive-in concert event. This study aims to analyze the role of Mahaka Radio Integra Broadcasting in marketing and organizing a drive-in concert named after “Danamon New Life Experience”. The paradigm in this study is a constructivist paradigm with sociocultural traditions and qualitative approaches. The method used in compiling this study is Gamson and Modigliani’s Framing Analysis with research theory based on Marshall McLuhan’s Technological Determinism. From various news headlines displayed by online media such as Beritasatu, Kompas.com, JakartaPost, and Tribunews, it can be concluded that the drive-in concert event is the first event which applied health protocols while watching behind the wheel of the car, and enjoying the music. The convergence between online and offline media is one of the innovations for this drive-in concert itself, and this convergence is part of Mediamorphosis. Music lovers who miss watching musical concerts because of the pandemic can enjoy the concert by utilizing the online FM radio signal presented in their cars and can also see the live performance of the musicians behind their wheels.

Keywords: Radio broadcasting role, drive-in concert event, convergence, framing analysis, technological determinism, mediamorphosis

 

ABSTRAK

Jumlah pendengar radio di Indonesia mencapai 11,1 juta pada tahun 2019, yang merupakan jumlah tertinggi dalam 4 (empat) tahun terakhir. Radio merupakan salah satu media komunikasi penyiaran yang masih sangat efektif untuk tujuan hiburan, mendengarkan informasi akurat, berita, iklan dan juga tujuan pendidikan. Ditambah lagi dengan adanya aplikasi streaming radio yang memudahkan pendengar setia untuk terus mengikuti siarannya. Efektivitas periklanan dengan menggunakan media penyiaran radio dilihat oleh PT. Berlian Entertainment yang kemudian memutuskan untuk bekerjasama dengan Mahaka Radio Integra dalam memasarkan Event Drive-in concert yang akan diadakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran broadcasting Mahaka Radio Integra dalam memasarkan Event Drive-in concert yang diselenggarakan oleh PT. Berlian Entertainment dalam “Danamon New Life Experience”. Paradigma dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis dengan tradisi sosiokultural dan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Framing Gamson dan Modigliani dengan teori penelitian berdasarkan Technological Determinism Marshall McLuhan. Dari berbagai headline berita yang ditampilkan oleh media online seperti Beritasatu, Kompas.com, JakartaPost, dan Tribunews dapat disimpulkan bahwa pemberitaan yang diberikan mengenai acara konser drive-in ini merupakan acara pertama yang dilakukan Berlian Entertainment bersama Mahaka Radio Integra dengan menerapkan protokol kesehatan, menonton di belakang kemudi, dan suguhan musik. Konvergensi antara media daring dan luring menjadi salah satu inovasi bagi drive-in concert ini sendiri, dan hal ini menjadi salah satu bagian dari Mediamorfosis. Pecinta yang rindu menonton konser musik dapat menikmati konser tersebut dengan memanfaatkan sinyal radio FM secara daring yang dihadirkan di mobil masing-masing dan juga dapat melihat musisi yang bermain musik menggunakan sound system secara luring.

Kata Kunci: Peran penyiaran radio, konvergensi event drive-in concert, analisis framing, technological determinism,mediamorfosis

 


Full Text:

PDF

References


Achmad, Zainal Abidin, Juwito, and Muhammad Saud. 2020. "THE LOCALCREATIVE ADSON SRITANJUNG FM TO INCREASE FINANCIAL REVENUE DURING COVID-19PANDEMIC." Bricolage/ : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi 6(2):135-46.

Anisa, D. F. (2020, Agustus 3). Konser Drive-In Pertama di Jakarta Siap Digelar. Retrieved from Beritasatu: https://www.beritasatu.com/hiburan/661897/konser-drivein-pertama-di-jakarta-siap-digelar

Aprilani. (2011). Radio Internet Dalam Perspektif Determinisme Teknologi. Jurnal Aspikom, 1-12.

Asrianti, S., and Dwinanda, R. (2020, May 22). Drive-In Konser Pertama di Indonesia Digelar Agustus. Retrieved from Republika: https://www.republika.co.id/berita/qaptu0414/emdriveinem-konser-pertama-di-indonesia-digelar-agustus

Belgia, K. B. (2020, April 22). Kebijakan Pemerintah Republik Indonesia Terkait Wabah Covid-19. Retrieved from Kedutaan Besar Republik Indonesia di Brussels Belgia Merangkap Luksemburg and Uni Eropa: https://kemlu.go.id/brussels/id/news/6349

Briandana, R., Pribadi, E., and Balaya, S. (2020). Mapping The Convergence Trends Of Television Brodcasting Media In Indonesia. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 1-12.

Chaniago, R. H. (2020). Media Sosial, Alat Komunikasi Alternatif Suara Wanita: Satu Kajian Mengenai Peranan Wanita Berhijab dalam Sub-Budaya Muzik Metal di Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of CommunicationMalaysian Journal of Communication, 33-51.

Christina, and Rustono Farady Marta. 2019. "KOMUNIKASI PARIWISATA EVENT MANAGING KLUB MALAM DI JAKARTA DAN BANGKOK." OMNICOM/ : Jurnal Ilmu Komunikasi 5(2):1-13.

Christina, T. E., and Nuraeni, R. (2020). The Role Of Media Broadcast As A Medium Of Fulfillment The Information Needs For Parents To Children (A Case Study On Breakfast Club Program In Mom And Kids Radio). Journal of Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom, 1-11.

CNBC Indonesia. 2020. "Melirik Tren Drive-in concert Kala Pandemi, Ini Tantangannya!" Youtube. Retrieved (https://www.youtube.com/watch?v=xFMlaVpkI1k).

Eventori. 2020. "Cerita Promotor Dino Hamid Soal Penyelenggaraan Drive-in concert." Eventori: Indonesia Entertainment Ecosystem. Retrieved (https://eventori.id/cerita-promotor-dino-hamid-soal-penyelenggaraan-drive-in-concert).

Gultom, A. D. (2015). Kajian Implementasi Radio Siaran Digital di Indonesia. Jurnal Digital Broadcasting, 1-18.

Hersinta, and Adithiyasanti Sofia. 2020. "Social Media, Youth And Environmental Low-Risk Activism/ : A Case Study of Savesharks Indonesia Campaign On Twitter." ASPIRATION Journal 1(2):113-34.

Iswarinda, M. (2021). Strategi Programming Grup Mahaka Radio Integra (MARI) Dalam Mempertahankan Eksistensi Radio Di Era Konvergensi Media. Surabaya: Universitas Airlangga.

Kemenparekraf. (2020, May 22). Drive-In Konser, nonton konser dari mobil pertama di Indonesia. Retrieved from pedulicovid: https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/drive-in-konser-nonton-konser-dari-mobil-pertama-di-indonesia/

Kezia, C. N. (2020). Marketing Public Relations Activities In Radio Gen 98.7 FM In Improving Listener Loyalty. Kota Tangerang, Banten: Bachelor thesis, Universitas Pelita Harapan.

Kintoko, I. W. (2020, Mei 22). Pertama di Indonesia, Drive-In Konser Nonton Konser Musik Aman dan Nyaman dari Dalam Mobil . Retrieved from Wartakota Tribunews: https://wartakota.tribunnews.com/2020/05/22/pertama-di-indonesia-drive-in-konser-nonton-konser-musik-aman-dan-nyaman-dari-dalam-mobil

Kompas.com. (2020, Mei 6). Seperti di Denmark, Indonesia Akan Hadirkan Konser Drive-In. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/hype/read/2020/05/06/183818166/seperti-di-denmark-indonesia-akan-hadirkan-konser-drive-in

Kompas. 2020. "Drive-in concert Pertama Di Jakarta Di Gelar Hari Ini." KOMPAS. Retrieved (https://www.kompas.com/hype/read/2020/08/29/204746166/drive-in-concert-pertama-di-jakarta-digelar-hari-ini?page=all).

Lang, Jouns Candy Felice, Rustono Farady Marta, and Alfred Pieter Menayang. 2020. "TRANSFORMASI IDENTITAS KOTA BITUNG DITINJAU DARI CITRA PARIWISATA HEKSAGONAL ANHOLT." Jurnal Riset Komunikasi JURKOM 3(2):120-39. doi: https://doi.org/10.38194/jurkom.v3i2.160.

Laurensia, Bella, Hot Junita Sitanggang, Rustono Farady Marta, Agus Daniar, and Alfred Pieter Menayang. 2020. "Integrasi Orkestrasi Pemasaran Dengan Filosofi Dwi Sapta Pada Kasus Vaseline Healing Project." Jurnal Komunikasi Nusantara 2(1):28-41. doi: https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.38.

Marta, Rustono Farady, Alvin Alexander Prasetya, Bella Laurensia, Stevani, and Kenn Lazuardhy Syarnubi. 2020. "Imbalance Identity in E-Sports News Intersectionality on Covid-19 Pandemic Situation." Jurnal ASPIKOM 5(2):206-18. doi: http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v5i2.769.

McLuhan, M., Q. Fiore, and J. Agel. 1967. The Medium Is the Massage. New York: Bantam Books.

Meisyaroh, S. (2013). Determinisme Teknologi Masyarakat Dalam Media Sosial .Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 1-11.

Menayang, Alfred Pieter, and Rustono Farady Marta. 2020. "Branding of North Sulawesi Tourism Through the Hexagon of Competitive Identity." Jurnal Studi Komunikasi 4(2):410-34. doi: 10.25139/jsk.v4i2.2474.

Muntadliroh. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Industri Radio Siaran dan Musik Rekaman di Indonesia Berdasarkan Aspek Ekonomi Politik Komunikasi. Jurnal Komunika, 1-10.

Nasional, K. P.-1. (2020, March 09). Apa yang dimaksud dengan pandemi. (Covid19.go.id) Retrieved April 26, 2021, from https://covid19.go.id/tanya-jawab?search=Apa%20yang%20dimaksud%20dengan%20pandemi

Nathania. (2020). Analisis Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Metode Altman Z-Score Pada Perusahaan Subsektor Advertising, Printing Dan Media Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Palembang: STIE Multi Data Palembang.

Ngurah, I. G., and Pramiswara, A. Y. (2020). Kritik Dan Pesan Perlawanan Pada Lirik Lagu Dalam Kultur Underground (Perspektif Komunikasi Massa). DANAPATI: Jurnal Komunikasi., Vol. 1., No. 1, 47-57.

Putri, D. A. (2020). Pemaparan Kondisi Gangguan Mental Bipolar Melalui Lirik Lagu (Analisis Semiotika pada Lagu Gasoline dan Control dalam Album Badlands Karya Halsey). Sumatera Utara: Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara.

Respati, W. (2014). Transformasi Media Massa Menuju Era Masyarakat Informasi Di Indonesia. Humaniora, 1-13.

Rihartono, S. (2015). Strategi Pengelolaan Radio Siaran Di Tengah - Tengah Perkembangan Teknologi Internet. Jurnal Komunikasi Profetik, 1-14.

Satvikadewi, Anak Agung Istri Prihandari, Irmasanthi Danadharta, and Bambang Aprianto. 2019. "KEBERLANJUTAN JURNALISTIK SEHAT DI ERA KONVERGENSI DARING SUARASURABAYA.NET DENGAN PENDEKATAN ENGAGEMENT PYRAMID." Bricolage/ : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi 5(2):177-211. doi: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v5i02.

Schmidt, F. (2020). Party Populism and Media Access: The News Value of Populist Communication and How It Is Handled by the Mass Media. International Journal of Communication, Vol. 14, 2360-2382.

Sirait, Ferdinand Eskol Tiar, and Rati Sanjaya. 2021. "Case Study in Covid-19 Infodemic in Indonesia." Nyimak Journal of Communication 5(1):1-14. doi: 10.31000/nyimak.v5i1.2652.

The Jakarta Post. (2020, May 23). Indonesia's first-ever drive-in concert coming soon. Retrieved from The Jakarta Post: https://www.thejakartapost.com/life/2020/05/23/indonesias-first-ever-drive-in-concert-coming-soon.html

Warnori, A. K. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan Radio Mitra FM Purwokerto. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri.

Wulandari, T. A. (2015). Mendongkrak Keberhasilan Program Televisi di Indonesia Melalui Akun Pada Situs Jejaring Sosial Twitter. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v5i2.4806

Article Metrics

Abstract - 1074 PDF - 673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Nyimak : Journal of Communication

Communication Science Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jl.Mayjen Sutoyo No.2 Kota Tangerang, West Java. Provinsi Banten 15111 Indonesia.

nyimak_journal@umt.ac.id

journalnyimak@gmail.com

Nyimak: Journal of Communication already indexed by:

google   One_search   dimention   Garuda base    crossref   Scilit1 index-copernicus 

Nyimak: Journal of Communication is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats