Cyber Public Relations (E-PR) dalam Brand Image Wardah Kosmetik dengan Pedekatan Mixed Method

Abdul Basit, Tri Herni Rahmawati

Abstract


Di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, praktisi public relations dituntut mampu memanfaatkan media internet (cyber public relations) dalam rangka mempromosikan produk dan sekaligus membangun brand image perusahaan. Sebagai produk kosmetik, Wardah telah melakukan aktivitas cyber public relations sebagai sarana pemasaran bagi produk-produk kosmetiknya. Selain itu, aktivitas cyber public relations juga bertujuan agar brand image Wardah semakin melekat dalam benak konsumen dan bisa dikenal lebih luas lagi. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana pengaruh cyber public relations terhadap brand image Wardah dalam benak para konsumennya. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method. Penelitian diawali dengan pengumpulan data dan analisis kuantitatif, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dan analisis kualitatif. Hasil penelitian kualitatif tersebut digunakan untuk memberi penjelasan lebih lanjut mengenai fenomena yang belum dijelaskan berdasarkan hasil penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas cyber public relations yang dilakukan oleh Wardah kosmetik berpengaruh secara signifikan terhadap brand image Wardah. Sementara hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa hanya variabel situs pencari online dan media sosial yang berhubungan dengan aktivitas cyber public relations Wardah.

Kata Kunci: Cyber public relations, brand image, wardah kosmetik,

 

In the midst of rapid development of information and communication technology, public relations practitioners are required to take advantage of internet media (cyber public relations) in order to promote products and simultaneously build the company's brand image. As a cosmetic product, Wardah has been doing cyber public relations activities as a marketing tool for its cosmetic products. In addition, Wardah cyber public relations activities are also aims to make Wardah brand image more embedded in the minds of consumers and can be known more widely. This study aims to determine how the influence of cyber public relations toward Wardah’s brand image in the minds of its customers. This research uses mixed method approach. The research begins with data collection and quantitative analysis, followed by data collection and qualitative analysis. The results of qualitative research are used to provide further explanation of the phenomena that have not been described based on the results of quantitative research. The results of this study indicate that cyber public relations activities conducted by Wardah cosmetics significantly influence Wardah’s brand image. Meanwhile, the results of qualitative research indicate that only the variables of online search engine and social media related to Wardah’s cyber public relations activities.

Keywords: Cyber public relations, brand image, wardah cosmetics,


Full Text:

PDF

References


Afdjani, Hadiono. 2015. Ilmu komunikasi: Proses dan Strategi. Tangerang: Indigo Media.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations (Kuantitatif dan Kualitatif). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi 2). Jakarta: Rajawali Press.

Creswell, John W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson.

Dajan, Anto. 1984. Pengantar Metode Statistik (Jilid 1). Jakarta: LP3ES.

Darmastuti, Rini. 2007. Etika PR dan E-PR. Yogyakarta: Gava Media.

DeVito, Joseph A. 2010. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang: Karisma Publishing.

Duncan, Tom. 2002. Using Advertising and Promotion to Build Brands. New York: Mc-Graw-Hill.

Effendy, Onong Uchjana. 1999. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Holtz, S. 2002. Public Relations on The Net. New York: AMACOM.

Jefkins, Frank. 2004. Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Jogiyanto. 2011. Pedoman Survei Kuesioner: Mengembangkan Kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respon. Yogyakarta: Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Kennedy, John E. dan Dermawan Soemanagara. 2010. Marketing Communication: Teknik & Strategi. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer (BIP).

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran (Jilid I) (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing. Jakarta: Prenada Media Group.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

McQuail, Denis. 2010. Teori Komunikasi Massa McQuail (Buku 1) (Edisi 6). Jakarta: Salemba Humanika.

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam. 2012. Komunikasi & Public Relation: Panduan untuk Mahasiswa, Birokrat, dan Praktisi Bisnis. Bandung: Pustaka Setia.

Onggo, Bob Julius. 2004. Cyber Public Relations. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rangkuti, Freddy. 2008. The Power of Brands. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, Rosady. 2007. Seri Manajemen Public Relations. Jakarta: Ghalia Indonesia,

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2014. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Publisher.

Santoso, Singgih. 2011. Mastering SPSS Versi 19. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2010. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Surachman. 2008. Dasar-dasar Manajemen Merek: Alat Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan. Malang: Banyumedia.

Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Uyanto, Stanislaus S. 2012. Pedoman Analisis Data dengan SPSS (Edisi 3). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wilcox, Dennis L. [et al.]. 2014. Public Relations: Strategies and Tactics. Pearson.

Sumber Internet

Brands. Diakses dari https://www.paragon-innovation.com/brands.

Product. Diakses dari http://www.wardahbeauty.com/list-product

Shekhawat, Priyanka. (12 Januari 2016). “Halal and Herbal–The Two Emerging Buzzwords in Indonesia’s Cosmetics Market”. Diakses dari http://www.markplusinc.com/halal-and-herbal-the-two-emerging-buzzwords-in-indonesias-cosmetics-market/

Top Brand Index 2016 Fase 1. Diakses dari http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2016_fase_1

Vision & Mission. Diakses dari http://www.pti-cosmetics.com/about/vission_mission

Yeyen, Fauziah. (19 Agustus 2016). “Sejarah Wardah Kosmetik”. Diakses dari http://wardahonlines.com/sejarah-wardah-kosmetik/




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.483

Article Metrics

Abstract - 12275 PDF - 14990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Nyimak : Journal of Communication

Communication Science Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jl.Mayjen Sutoyo No.2 Kota Tangerang, West Java. Provinsi Banten 15111 Indonesia.

nyimak_journal@umt.ac.id

journalnyimak@gmail.com

Nyimak: Journal of Communication already indexed by:

google   One_search   dimention   Garuda base    crossref   Scilit1 index-copernicus 

Nyimak: Journal of Communication is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats