Pengaruh Promosi Produk Seafoodking terhadap Brand Awareness Produk

Egi Dian Shintarani

Abstract


Produk makanan olahan beku kini banyak diincar oleh konsumen karena dianggap lebih praktis. Di tengah maraknya brand baru produk makanan olahan beku yang bermunculan, PT. Fitrafood International masih menggunakan kegiatan promosi sampling dalam mempromosikan Seafoofking sebagai produk utamanya. Upaya promosi tersebut dilakukan di berbagai supermarket dan pasar-pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan promosi yang dilakukan dalam membangun dan membentuk Brand Awareness produk SeafoodKing serta untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsumen terhadap produk SeafoodKing dan minat konsumen untuk membeli produk SeafoodKing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data primer yang digunakan adalah data yang diperoleh secara langsung dari kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah rumusan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan variabel direct marketing, sales promotion, humas dan personal selling berpengaruh secara signifikan terhadap brand awareness produk.

Kata Kunci: promosi sampling, seafoodking, brand awareness

 

Frozen food products are now much targeted by consumers because it is considered more practical. In the middle of the rampant new brand of frozen processed food products that have sprung up, PT. Fitrafood International still uses sampling promotion activities to promote Seafoofking as its main product. This promotional effort is conducted in various supermarkets and also traditional markets. This study aims to determine how the influence of promotional activities in building and forming Brand Awareness of SeafoodKing products, and also to find out how the consumer understanding of SeafoodKing products and its interest to buy SeafoodKing products. This research uses quantitative method with associative approach. This research uses primary data obtained from the questionnaire. The analysis technique used is product moment correlation formula. The results showed that the variables of direct marketing, sales promotion, public relations and personal selling significantly influence brand awareness of the product.

Keywords: sampling promotion, seafoodking, brand awareness


Full Text:

PDF

References


Aaker, David. 2015. Aaker on Branding: 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Alifahmi, Hifni. 2008. Marketing Communication Orchestra: Harmonisasi Iklan, Promosi dan Marketing Public Relation. Bandung: Examedia Publishing.

Dhurup, M. [et al.]. 2014. The Impact of Packaging, Price and Brand Awareness on Brand Loyality : Evidence from The Paint Retailing Industry. Diakses dari http://dx.doi.org10.4102/ac.v14i1.194

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Herdana, Auditya. 2015. Analisis Kesadaran Merek (Brand Awareness) Terhadap Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi pada Pru Passion Agency Jakarta). Universitas Sam Ratulangi

Junaidi. 2010. Titik Presentase Uji Validitas, Uji Autokorelasi, Uji T, dan Uji F. Diakses dari http://junaidichaniago.wordpress.com

Kottler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management. Jakarta: Erlangga.

Morissan. 2014. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu.Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwandari, Suci. 2014. Pengaruh Promosi Terhadap Brand Awareness pada Politeknik Indonusa Surakarta. Semarang: Politeknik Indonusa Semarang.

Puspitasari, Intan. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan dalam Menumbuhkan Brand Awareness, Studi pada Program Periklanan Produk Telkom Flexi, pada Universitas Diponegoro Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Rangkuti. 2002. The Power of Brand. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sekaran, Uma. 2009. Research Method for Bussines: Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.484

Article Metrics

Abstract - 3698 PDF - 4077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Nyimak : Journal of Communication

Communication Science Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jl.Mayjen Sutoyo No.2 Kota Tangerang, West Java. Provinsi Banten 15111 Indonesia.

nyimak_journal@umt.ac.id

journalnyimak@gmail.com

Nyimak: Journal of Communication already indexed by:

google   One_search   dimention   Garuda base    crossref   Scilit1 index-copernicus 

Nyimak: Journal of Communication is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats