Manajemen Public Relations dan Reputasi Organisasi Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) metode identifikasi masalah Public Relations pada LAZ Dompet Dhuafa; (2) proses perencanaan dan pemrograman LAZ Dompet Dhuafa; (3) strategi aksi dan komunikasi LAZ Dompet Dhuafa; dan (4) proses evaluasi program LAZ Dompet Dhuafa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksploratif jenis single case holistic. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, sementara data sekunder bersumber dari studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LAZ Dompet Dhuafa tidak melakukan riset khusus terkait perencanaan program; riset yang dilakukan hanya melalui fakta-fakta baru di lapangan melalui program-program yang sudah ada sebelumnya. Perencanaan program tematik dan nontematik LAZ Dompet Dhuafa dilakukan melalui rapat kerja tahunan, sementara pesan utama yang ingin disampaikan kepada pihak eksternal disampaikan melalui website resmi dan media sosial. Adapun evalusi program yang dilakukan tidak melibatkan publik eksternal.
Kata Kunci: Manajemen Public Relations, zakat, Dompet Dhuafa
This study aims to determine (1) the method of identifying problems of Public Relations at LAZ Dompet Dhuafa; (2) the planning and programming process of LAZ Dompet Dhuafa; (3) the strategy of action and communication of LAZ Dompet Dhuafa; and (4) the evaluation process of the LAZ Dompet Dhuafa program. This study uses a qualitative method with an explorative case study approach and single case holistic. The primary data in this study were obtained through in-depth interviews, while the secondary data were obtained from literature and documentation. The results of the study show that LAZ Dompet Dhuafa does not conduct specific research related to program planning; the research only carried out through new facts in the field through the pre-existing programs. The planning of thematic and non-thematic program is carried out through annual work meetings, while the main message to be conveyed to public (external) is delivered through the official website and social media. Meanwhile, the evaluation of the program did not involve the external public.
Keywords: Public Relations management, zakat, Dompet Dhuafa
Full Text:
PDFReferences
Al Neaimi, Mouza (et al.). (2016). “Research in Public Relations”. Higher Education of Social Science, 10(1): 1-10.
Alifahmi, Hifni. (2008). Marketing Communications Orchestra. Bandung: Examedia Publishing.
Anggraeni, Novi, Mukarto Siswoyo, dan Farida Nurfalah. (2014). “Strategi Public Relations dalam Mendukung Pembangkit Listrik Nasional (PLN)”. Jurnal ASPIKOM, 2(3): 206-220.
Argenti, Paul A. (1998). Corporate Communication. Boston: McGraw Hill.
Basit, Abdul dan Tri Herni Rahmawati. (2017). ”Cyber Public Relations (E-PR) dalam Brand Image Wardah Kosmetik dengan Pedekatan Mixed Method”. Nyimak Journal of Communication, 1(2): 197-208.
Beik, Irfan Syauqi. (2009). ”Analisis Peran Zakat dalam Mengurangi Kemiskinan: Studi Kasus Dompet Dhuafa Republika”. Jurnal Pemikiran dan Gagasan, Volume 2, 1-11.
Brunner, Brigitta R. (2010). “The Importance of Research to Public Relations”. Review of Communication, 3(4): 419-423.
Cutlip, Scott. M., Allen H. Center dan Glen M. Broom. (2011). Effective Public Relations. New Jersey: Prentice Hall Inc.
Dalton, John and Susan Croft. (2003). Managing Corporate Reputation: The New Currency. Thorogood
Darna dan Fatimah. (2016). Peran Organisasi Pengelola Zakat Nasional dalam Memutus Rantai Kemiskinan di Indonesia. National Conference of Applied Sciences Engineering, Business and Information Technology.
Doorley, John and Helio Fred Garcia. (2007). Reputation Management: The Key to Successful Public Relations and Corporate Communication. Taylor & Francis.
Dulkiah, Moh. (2016). “Peranan Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Pengembangan usaha Mikro di Wilayah Jawa Barat”. JISPO, 6(2): 30-49.
Firmansyah. (2013). ”Zakat sebagai Instrumen Pengentasan Kemiskinan dan Kesenjangan Pendapatan”. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 21(2): 170-190.
Hardjana, Andre A. (2008). ”Komunikasi dalam Manajemen Reputasi Korporasi”. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 5(1): 1-24.
Hertanto, Widodo dan Kustiawan Teten. (2001). Akuntansi dan Manajemen Keuangan untuk Organisasi Pengelola Zakat. Jakarta: Institut Manajemen Zakat.
Hidajat, Rachmat. (2017). ”Penerapan Manajemen Zakat Produktif dalam Meningkatkan Ekonomi Umat di PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat) Kota Makassar”. Millah: Jurnal Studi Agama, 17(1): 63-84.
Jackson, Peter C. (1987). Corporate Communications for Managers. Trans-Atlantic Publications.
Kasali, Rhenald. (1995). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Kholisoh, Nur dan Yenita. (2015). ”Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi (Kasus Public Relations Rumah Sakit “X” di Jakarta)”. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(3): 195-209.
Nainggolan, Pahala. (2005). Akuntansi Keuangan Yayasan dan Lembaga Nirlaba Sejenis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nurdin, Ali. (2013). ”Transformasi Dompet Dhuafa dari Lembaga Amil Zakat menjadi Lembaga Sosial-Kemanusiaan”. Al-Turas, 19(2): 345-368.
Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. (2010). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pienrasmi, Hanindyalaila. (2015). ”Pemanfaatan Social Media oleh Praktisi Public Relations di Yogyakarta”. Jurnal Komunikasi, 9(2): 199-210.
Qomari, Nur. (2017). ”Zakat: Solusi Pengentasan Kemiskinan”. Iqtishodia Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2): 15-25.
Rahutomo, Adi Nugroho. (2013). ”Strategi Humas dalam Mempublikasikan Informasi Pelayanan Publik pada PT. PLN Persero Rayon di Samarinda Hilir”. eJournal Ilmu Komunikasi, 1(2) 324-340.
Reitz, Amy. (2012). “Social Media’s Function in Organizations: A Functional Analysis Approach”. Global Media Journal, 5(2): 41-56.
Rusdianto, Ujang. (2013). CSR Communication a Framework for PR Practitionsers. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ruslan, Rosady. (2005). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ruslan, Rosady. (2007). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sulistyaningtyas, Ike Devi. (2010). ”Riset sebagai Ujung Tombak Keberhasilan Program Public Relations”. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 7(2): 171-186.
Sumarto, Rumsari Hadi. (2016). ”Komunikasi dalam Kegiatan Public Relations”. INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi, 46(1): 63-72.
Syamsurizal. (2016). ”Strategi Komunikasi Persuasif dalam Aktivitas Pemasaran (Studi Deskriptif Komunikasi Persuasif Presenter (Staff Pemasaran) dalam Merekrut Calon Mahasiwa baru di Politeknik LP3I Jakarta)”. Jurnal Lentera Bisnis, 5(2): 126-138.
Wang, Yuan. (2015). “Incorporating Social Media in Public Relations: A Synthesis of Social Media-Related Public Relations Research”. Public Relations Journal, 9(3): 1-14.
Zulfikar, Alif Ryan. (2017). “Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Awareness Trust pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta”. Al-Idrah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 1(2): 279-294.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v2i2.860
Article Metrics
Abstract - 7298 PDF - 8127Refbacks
- There are currently no refbacks.
Nyimak : Journal of Communication
Communication Science Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Jl.Mayjen Sutoyo No.2 Kota Tangerang, West Java. Provinsi Banten 15111 Indonesia.
nyimak_journal@umt.ac.id
journalnyimak@gmail.com
Nyimak: Journal of Communication already indexed by:
Nyimak: Journal of Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.