PENGEMBANGAN SOAL-SOAL PILIHAN GANDA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA PELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Kus Andini Purbaningrum

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal-soal pilihan ganda yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi mata pelajaran matematika pada siswa SMP. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi dengan menyelesaikan soal-soal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) tipe formative evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX.5 SMP Negeri 18 Palembang sebanyak 35 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah wawancara dan prototype yang digunakan untuk mengetahui validitas soal baik secara konseptual maupun secara empiris, kepraktisan soal dan bagaimana kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan suatu produk berupa soal-soal pilihan ganda mata pelajaran matematika untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP yang valid dan praktis. Valid secara konseptual tergambar dari hasil pengujian prototype oleh para pakar dari segi konten, konstruk dan bahasa. Valid secara empiris tergambar dari hasil analisis data dari uji coba terhadap siswa non subjek penelitian. Sedangkan praktis tergambar dari hasil uji coba pada one to one dan small group dimana sebagian besar siswa dapat memahami soal dengan baik. Selain itu diperoleh informasi mengenai bagaimana kemampuan siswa SMP dalam berpikir tingkat tinggi dengan menyelesaikan soal-soal tersebut. Hasil analisis data dari field test menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (68,6%) memiliki tingkat kemampuan yang sangat kurang dalam berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa SMP tidak terbiasa dengan soal-soal yang mengukur kemampuan berpikir tingat tinggi.

Kata kunci: penelitian pengembangan, soal pilihan ganda, berpikir tingkat tinggi


Full Text:

PDF

References


Djaali dan Muljono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta. PT Grasindo

Ismienar, dkk. 2009. Thinking. Malang. Universitas Negeri Malang

Krathwohl, dkk. 2002. A revision of Bloom’s Taxonomy: an overview-Theory Into Practice, College of Education, The Ohio State University Learning Domain or Bloom’s Taxonomy: The Three Types of Learning. (diakses: www.nwlink.com/-donclark/hrd/bloom.html)

Kompas. 2010. Ujian Nasional (UN) SMP. Sumber: BeritaJakarta.com (diakses 10 Januari 2011 di http://edukasi.kompas.com/read/2010/05/06/16552537/)

Sampoerna Foundation. 2010. Fakta dan Statistik. Jakarta. Departemen Riset Putera Sampoerna Foundation (diakses tanggal 10 Januari 2011 di http://www.sampoernafoundation.org/id/Facts/fakta-dan-statistik.html)

Tesmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formaive Evaluations. London. Kogan Page “Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik”. Uiversitas Negeri Yogjakarta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU Serta Mahasiswa Strata Satu Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan penelitian. Lemlit UPI: Tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v5i2.1479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View PrimaJPM Stats