PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DALAM MEMBANGUN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA MELALUI PENDEKATAN PMRI MATERI RELASI FUNGSI

Rajibah Hanifah, Anton Noornia, Pinta Deniyanti Sampoerno

Abstract


Peserta didik di SMA Cakra Buana Depok mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi relasi dan fungsi. Masalah pemahaman konsep relasi dan fungsi ini perlu diatasi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran relasi dan fungsi dengan menunjukkan aktivitas dan prosedur dalam membangun pemahaman relasional siswa menggunakan konteks seperti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Cakra Buana Depok. Metode yang digunakan adalah design research yang terdiri atas tiga fase yaitu preparing for the experiment, experimenting in the classroom, dan conducting retrospective analysis. Penelitian ini terdiri dari 4 pertemuan dengan subjek penelitian 6 siswa yang memiliki kemampuan awal yang heterogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pensil dan kertas, wawancara, serta perekaman video. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah hipotesis lintasan belajar, lembak aktivitas, lembar kerja, lembar observasi, lembar wawancara dan tes kemampuan pemahaman relasional. Hasil analisis retrospektif menunjukkan bahwa secara keseluruhan penggunaan konteks yang tepat sesuai materi serta peran aktif siswa dan guru dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik PMRI dapat menumbuhkan dan membangun pemahaman relasional siswa pada materi relasi dan fungsi.


Keywords


design research; PMRI; pilkada; pemahaman relasional; relasi dan fungsi

Full Text:

PDF

References


Akker, J Van Den, Koeno Gravemeijer & Susan McKenney. (2006). Educational Design Research. Oxon: Routledge.

Chubb, Mark. (2016). Focus on Relational Understanding. Accessed on September1, 2017 from https://buildingmathematicians.wordpress.com/2016/07/31/focus-on-relational-understanding.

Gravemeijer, Koeno, Paul Cobb. (2006). “Design Research From Learning Design Perspective.” Journal Education Design Research, p.17-51.

Hadi, Sutarto. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Jamaliah. (2016). Design Research: Pengembangan Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia untuk Membangun Pemahaman Relasional Siswa pada Materi Lingkaran di Kelas XI IPA SMAI AL AZHAR 1 JAKARTA. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.

Mulyana, Novianti. (2015). Design Research: Pengembangan Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia untuk Membangun Pemahaman Relasional Peserta Didik pada Pokok Bahasan Integral di Kelas XI IPS MAN 4 JAKARTA. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.

Oktaria, Marrendy. (2015). Design Research: Pengembangan Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia untuk Membangun Pemahaman Relasional Siswa pada Materi Logaritma di Kelas X AP SMK Prudent School Tangerang. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.

Riyanti, Sri. (2011). Pemahaman Relasional. Accessed on October 26 from http://sinriyanti.blogspot.co.id

Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Sebagai Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v3i2.950

Article Metrics

Abstract - 2174 PDF - 1982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats