Pemanfaatan Digital Media Dalam Pemasaran Produk Umkm

Amanda Amanda

Abstract


Pemanfaatan digital media telah menjadi suatu keharusan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memasarkan produk. Tulisan ini bertujuan untuk mencari tahu teori-teori yang mendasari pemanfaatan digital media dalam pemasaran produk UMKM serta menganalisis praktik-praktik yang efektif dalam penerapannya. Melalui pendekatan literatur, tulisan ini menyajikan kerangka teoritis yang komprehensif untuk memahami bagaimana UMKM dapat memanfaatkan berbagai platform digital untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produknya. Teori-teori yang dibahas mencakup konsep pemasaran digital, branding online, strategi media sosial, pengaruh perilaku konsumen online, serta pengukuran kinerja digital. Dengan memperhatikan praktik-praktik terbaik yang telah terbukti berhasil, tulisan ini memberikan wawasan yang berharga bagi para pemilik UMKM dan praktisi pemasaran untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital mereka.

 

Kata Kunci: Digital Media; UMKM; sosial media; Strategi Pemasaran


References


Wardhana, Aditya. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (p. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2016). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons.

Evans, D. (2016). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. John Wiley & Sons

Strauss, J., & Frost, R. (2016). E-Marketing (7th ed.). Routledge

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson Education Limited

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-cara-terbaik-meningkatkan-kredibilitas-bisnis-dengan-online-branding/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education

Solomon, M. R. (2019). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Pearson Education

Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Kon sumen di Era Internet: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Davis, C., & Winer, R. S. (2014). Business-to-business digital analytics. Journal of Interactive Marketing, 28(4), 269-281

Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008), 2-3

Umar, H. (2014). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT RajaGrafindo Persada


Article Metrics

Abstract - 59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.