EVENT MANAGEMENT PENTAS SENI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI IDENTITAS SEKOLAH

Hamidi Hamidi, Sekar De Putri

Abstract


Maraknya event pentas seni yang diselenggarakan oleh para pelajar tingkat SMA/SMK/Sederajat di Kota Tangerang semakin menunjukan kualitas sekolah di bidang non-akademik. Nesta Festival adalah salah satu event pentas seni yang di selenggarakan oleh SMK Negeri 1 Kota Tangerang. Berdasarkan data pengunjung yang hadir, Nesta Festival berhasil menarik perhatian para penggemarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses manajemen event penyelenggaraan Nesta Festival sebagai media komunikasi untuk mempromosikan identitas sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dimana peneliti berusaha untuk mengetahui bagaimana manajemen penyelanggaraan event Nesfest sebagai media komunikasi identitas SMKN 1 Kota Tangerang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada beberapa informan dan observasi lapangan sebagai data primer, dan beberapa studi pustaka serta dokumentasi penting lainnya sebagai data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa event management penyelenggaraan Nesta Festival dimulai dari melakukan riset tentang trend yang sedang berkembang untuk selanjutnya di kembangkan dan menjadi dasar acuan untuk menentukan tema, konsep, dan konten acara serta pengisi acara. Kemudian pada praktik selanjutnya sesuai dengan tahapan-tahapan model event management milik Joe Goldblatt yaitu: research, design, planning, coordination, dan evaluation.

Kata kunci: event, event management, media komunikasi, identitas sekolah.


Full Text:

PDF

References


Burton, Dawn. (2000). “The Use of Case Studies in Social Science Research”, dalam Dawn Burton (ed.), Research Training for Social Scientist. London: SAGE Publications.

Cutlip, Scott M, dkk. (2009). Effective Public Relations (Edisi ke-9). Diterjemahkan oleh Tri Wibowo. Jakarta: Kencana.

Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana (1997). Ilmu Komunikasi Teori & Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noor, Any. (2013). Manajemen Event (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.

Pambudi, Ellys Lestari. (2013). One Stop: Qualitative Research Methodology In Communication: Konsep, Panduan, dan Aplikasi. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.

Ruslan, Rosady. (2007). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sulaksana, Uyung 2007, Integrated Marketing Communications: Teks dan Kasus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yin, Robert K. (2003). Case Study Research: Designs and Methods. London: SAGE Publications.

Chintia Melva L. Tobing, Susie Perbawasari, dan Lukiati Komala Erdinaya. (2017). Manajemen Special Event AJB (Asuransi Jiwa Bersama) Bumiputera 1912 Bandung Melalui Customer Gathering. Jurnal Ilmiah Hubungan Masyarakat, Volume 2 No.1, 13-22. Agustus 2017.

Husna, Fathayatul. (2016). Event Kesenian sebagai Media Komunikasi Dalam Melestarikan Budaya Daerah. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. http://digilib.uin-suka.ac.id

Saputro, Johan. (2014). Perencanaan Event Management Festival Kesenian Jogja sebagai Media Komunikasi Identitas Yogyakarta. Universitas Islam Negeri

Sunan Kalijaga, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

http://digilib.uin-suka.ac.id

Yunith, Bintang. (2016). Makna Logo PT. KERETA API INDONESIA sebagai Corporate Identity Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai PT. Kereta Api

Indonesia Corporate Identity Perusahaan Nasional. Universitas Pasundan

Bandung, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

http://repository.unpas.ac.id/13424/

Balmer, Jhon M.T. (1995). Corporate Identity and The Advent of Corporate Marketing. Journal of Marketing Management.

“SMK Kota Tangerang dengan Integritas Tertinggi” www.kemdikbud.go.id (akses pada 2 Februari 2018)

“Nesta Festival” http://abouttng.com/nesta-festival-2k15/ (akses pada 2 Februari 2018)

“SMK Negeri 1 Kota Tangerang” https://www.facebook.com/smk1tng/ (akses pada 24 mei 2018)

“E-book Event Management Joe Goldblatt”

http://issuu.com/wiley_publishing/docs/goldvlatt_ch._2_sample_chapter (akses pada 24 Maret 2018)

“Sejarah SMK Negeri 1 Kota Tangerang” https://id.wikipedia.org/wiki/SMK_Negeri_1_Kota_Tangerang (akses pada 24 mei 2018)

“Sejarah SMK Negeri 1 Kota Tangerang” https://www.smk1-tng.sch.id/tentang-kami/sejarah-smkn-1-kota-tangerang/ (akses pada 24 mei 2018)


Article Metrics

Abstract - 12912 PDF - 1676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.