PACKAGING PRODUK SEBAGAI DAYA TARIK PENJUALAN (Studi Kasus Produk UMKM Fast Food)
Abstract
This study focuses on how a packaging becomes its own attraction, contributing to an increase in sales turnover, with observation of packaging design objects carried out based on the researcher's point of view using qualitative research methods, and the View model: 1. Visibility, 2. Information, 3. Emotional Appeal , 4. Workability (Power or ability to be done), that environmentally friendly, hygienic and contemporary factors follow the times and are adjusted to events that are happening are things that must be considered when designing product packaging to sell. Keyword : Packaging, Attractiveness, Model View, Sales
Penelitian ini memfokuskan pada bagaimana sebuah kemasan menjadi daya tarik tersendiri, mengkontribusi akan penambahan omset penjualan, dengan observasi obyek desain kemasan dilakukan berdasarkan sudut pandang peneliti dengan memakai metode penelitian kualitatif, dan model View : 1. Visibility (Visibilitas), 2. Information (Informasi), 3. Emotional Appeal (Daya tarik emosional) , 4. Workability (Daya atau kemampuan untuk dikerjakan) , bahwa factor ramah lingkungan, higienies dan kekinian mengikuti perkembangan jaman serta disesuaikan dengan event yang sedang terjadi menjadi hal – hal yang harus di perhatikan saat mendesain kemasan produk agar menjual. Keyword : Packaging, Daya Tarik, Model View, Penjualan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Mudra I Wayan, “Desain Kemasan Produk,” Africa Educ. Rev., vol. 15, no. 1, pp. 156–
, 2010, [Online]. Available:
http://epa.sagepub.com/content/15/2/129.short%0Ahttp://joi.jlc.jst.go.jp/JST.Journalar
chive/materia1994/46.171?from=CrossRef
D. Sudaryanti, M. Bastomi, and S. Sholehuddin, “Peningkatan Penjualan Produk
Industri Kreatif Melalui Pelatihan Packaging Dan Packing Di Rw 01 Kelurahan
Kedungkandang Kota Malang,” RESWARA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp.
–441, 2022, doi: 10.46576/rjpkm.v3i2.1861.
H. Herawati and M. Muslikah, “Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap
Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat,” Kinerja, vol. 2, no. 01, pp. 17–35, 2020,
doi: 10.34005/kinerja.v2i02.794.
V. Dhameria and S. Abstraksi, “ANALISIS PENGARUH KEUNIKAN DESAIN
KEMASAN PRODUK, KONDUSIVITAS STORE ENVIRONMENT, KUALITAS
DISPLAY PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF (Studi
pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang),” J. Sains Pemasar. Indones., vol. XIII, no.
, pp. 1–44, 2014.
N. Faif et al., “Inovasi Packagingdan MarketingProduk UMKM Rumah Sehat
Barokahdi Desa Bantrung, Kecamatan Batealit,Kabupaten Jepara,” J. Abdimas PHB,
vol. 5, no. 2, pp. 214–221, 2022.
M. Mashadi and A. Munawar, “Pendampingan Pengembangan Kemasan Produk Bagi
UMKM Kota Bogor,” J. Abdimas Dedik. Kesatuan, vol. 2, no. 1, pp. 115–120, 2021,
doi: 10.374/jadkes.v2i1.1402.
A. Widiati, “Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk
Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di ‘Mas Pack’ Terminal Kemasan Pontianak,”
JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akunt. Fak. Ekon. Univ. Tanjungpura), vol. 8, no.
, pp. 67–76, 2020, doi: 10.26418/jaakfe.v8i2.40670.
S. Margono, “Upaya Meningkatkan Daya Tarik Produk Makanan Dan Minuman OlehOleh Di Tempat Destinasi Wisata Melalui Kajian Tanda Pada Desain Kemasan,”
Widyakala J., vol. 5, no. 1, p. 66, 2018, doi: 10.36262/widyakala.v5i1.102.
A. Ramadhina and M. Mugiono, “Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk Dan
Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen,” J. Manaj. Pemasar. dan …, vol. 01,
no. 1, pp. 59–67, 2022, [Online]. Available:
https://jmppk.ub.ac.id/index.php/jmppk/article/view/21
S. Mukhtar, “PERANAN PACKAGING DALAM MENINGKATKAN HASIL
PRODUKSI TERHADAP KONSUMEN Syukrianti Mukhtar, Muchammad Nurif
Abstrak,” J. Sos. Hum., vol. 8, no. 2, pp. 181–191, 2015.
D. Darmawan, “Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian
Produk Sayuran Hidroponik,” J. Agrimas, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2017.
A. Kusumasari and S. Supriono, “Pengaruh Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik
Iklan Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian
Wardah Exclusive Matte Lip Cream.,” J. Adm. Bisnis, vol. 49, no. 2, pp. 103–111,
T. Rachman, “Penerapan Metode Peramalan (Forecast) Penjualan Pada Dzikrayaat
Business Center Ponorogo,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 10–27,
dkk 2018 ) richard oliver ( dalam Zeithml., “済無No Title No Title No Title,” Angew.
Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 2013–2015, 2021.
B. A. B. Ii and T. Pustaka, “Analisis Pengaruh Packaging…, Vionita Nur Aida,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP, 2016,” no. 1996, pp. 8–26, 2000.
Article Metrics
Abstract - 556 PDF - 434Refbacks
- There are currently no refbacks.