PACKAGING PRODUK SEBAGAI DAYA TARIK PENJUALAN (Studi Kasus Produk UMKM Fast Food)

MOH. ALI WISUDAWAN PRAKARSA

Abstract


This study focuses on how a packaging becomes its own attraction, contributing to an increase in sales turnover, with observation of packaging design objects carried out based on the researcher's point of view using qualitative research methods, and the View model: 1. Visibility, 2. Information, 3. Emotional Appeal , 4. Workability (Power or ability to be done), that environmentally friendly, hygienic and contemporary factors follow the times and are adjusted to events that are happening are things that must be considered when designing product packaging to sell. Keyword : Packaging, Attractiveness, Model View, Sales 

Penelitian ini memfokuskan pada bagaimana sebuah kemasan menjadi daya tarik tersendiri, mengkontribusi akan penambahan omset penjualan, dengan observasi obyek desain kemasan dilakukan berdasarkan sudut pandang peneliti dengan memakai metode penelitian kualitatif, dan model View : 1. Visibility (Visibilitas), 2. Information (Informasi), 3. Emotional Appeal (Daya tarik emosional) , 4. Workability (Daya atau kemampuan untuk dikerjakan) , bahwa factor ramah lingkungan, higienies dan kekinian mengikuti perkembangan jaman serta disesuaikan dengan event yang sedang terjadi menjadi hal – hal yang harus di perhatikan saat mendesain kemasan produk agar menjual. Keyword : Packaging, Daya Tarik, Model View, Penjualan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mudra I Wayan, “Desain Kemasan Produk,” Africa Educ. Rev., vol. 15, no. 1, pp. 156–

, 2010, [Online]. Available:

http://epa.sagepub.com/content/15/2/129.short%0Ahttp://joi.jlc.jst.go.jp/JST.Journalar

chive/materia1994/46.171?from=CrossRef

D. Sudaryanti, M. Bastomi, and S. Sholehuddin, “Peningkatan Penjualan Produk

Industri Kreatif Melalui Pelatihan Packaging Dan Packing Di Rw 01 Kelurahan

Kedungkandang Kota Malang,” RESWARA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp.

–441, 2022, doi: 10.46576/rjpkm.v3i2.1861.

H. Herawati and M. Muslikah, “Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap

Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat,” Kinerja, vol. 2, no. 01, pp. 17–35, 2020,

doi: 10.34005/kinerja.v2i02.794.

V. Dhameria and S. Abstraksi, “ANALISIS PENGARUH KEUNIKAN DESAIN

KEMASAN PRODUK, KONDUSIVITAS STORE ENVIRONMENT, KUALITAS

DISPLAY PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF (Studi

pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang),” J. Sains Pemasar. Indones., vol. XIII, no.

, pp. 1–44, 2014.

N. Faif et al., “Inovasi Packagingdan MarketingProduk UMKM Rumah Sehat

Barokahdi Desa Bantrung, Kecamatan Batealit,Kabupaten Jepara,” J. Abdimas PHB,

vol. 5, no. 2, pp. 214–221, 2022.

M. Mashadi and A. Munawar, “Pendampingan Pengembangan Kemasan Produk Bagi

UMKM Kota Bogor,” J. Abdimas Dedik. Kesatuan, vol. 2, no. 1, pp. 115–120, 2021,

doi: 10.374/jadkes.v2i1.1402.

A. Widiati, “Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk

Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di ‘Mas Pack’ Terminal Kemasan Pontianak,”

JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akunt. Fak. Ekon. Univ. Tanjungpura), vol. 8, no.

, pp. 67–76, 2020, doi: 10.26418/jaakfe.v8i2.40670.

S. Margono, “Upaya Meningkatkan Daya Tarik Produk Makanan Dan Minuman OlehOleh Di Tempat Destinasi Wisata Melalui Kajian Tanda Pada Desain Kemasan,”

Widyakala J., vol. 5, no. 1, p. 66, 2018, doi: 10.36262/widyakala.v5i1.102.

A. Ramadhina and M. Mugiono, “Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk Dan

Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen,” J. Manaj. Pemasar. dan …, vol. 01,

no. 1, pp. 59–67, 2022, [Online]. Available:

https://jmppk.ub.ac.id/index.php/jmppk/article/view/21

S. Mukhtar, “PERANAN PACKAGING DALAM MENINGKATKAN HASIL

PRODUKSI TERHADAP KONSUMEN Syukrianti Mukhtar, Muchammad Nurif

Abstrak,” J. Sos. Hum., vol. 8, no. 2, pp. 181–191, 2015.

D. Darmawan, “Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian

Produk Sayuran Hidroponik,” J. Agrimas, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2017.

A. Kusumasari and S. Supriono, “Pengaruh Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik

Iklan Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian

Wardah Exclusive Matte Lip Cream.,” J. Adm. Bisnis, vol. 49, no. 2, pp. 103–111,

T. Rachman, “Penerapan Metode Peramalan (Forecast) Penjualan Pada Dzikrayaat

Business Center Ponorogo,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 10–27,

dkk 2018 ) richard oliver ( dalam Zeithml., “済無No Title No Title No Title,” Angew.

Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 2013–2015, 2021.

B. A. B. Ii and T. Pustaka, “Analisis Pengaruh Packaging…, Vionita Nur Aida,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP, 2016,” no. 1996, pp. 8–26, 2000.


Article Metrics

Abstract - 289 PDF - 240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.