Peran Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Restoran Cepat Saji Ayam Mrothol

Raeza Raenaldy Sutrimo

Abstract


Perkembangan bisnis kuliner saat ini semakin berkembang, sehingga persaingan antar pelaku usaha semakin sulit juga. Hal ini didasari dari semakin berkembangnyamelalui teknologi dibidang kuliner. Salah satu yang paling terlihat adalah banyaknya masyarakat yang membuka usaha restoran cepat saji. Untuk tetapmempertahankan bisnisnya, pelaku usaha memerlukan sebuah inovasi terutama pada media sosial Instagram. Penelitian ini membahas mengenai ”Peran Instagramsebagai Sarana Promosi pada Restoran Cepat Saji Ayam Mrothol”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai sarana promosi di Restoran Cepat Saji Ayam Mrothol. Konten yang dipromosikan berupainformasi dan kegiatan terkait produk Ayam Mrothol. Fitur-fitur Instagram hampirseluruhnya dimanfaatkan oleh Ayam Mrothol. Dampak yang diperoleh melalui promosi pada Instagram adalah memudahkan dalam menginformasikan ketika ada promo produk, launching produk maupun oulet baru, membuat bertambahnyapengunjung, dan menjadi media ketika ada komplain dari cutsomer serta memberikan info terkain info kemitraan Ayam Mrothol. Kendala yang dihadapi Ayam Mrothol dalam pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana promosiadalah belum adanya team khusus yang fokus pada pengelolaan media sosial Instagram. Kata Kunci : Instagram,Promosi,Restaurant

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan

Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Kotler Philip, Gary Armstrong.2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta:Penerbit Erlangga.

Jurnal

Deru R. Indika dan Cindy Jovita 2017. Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi untuk

Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan Universitas Padjadjaran.

Vol 01. No 1. Hal 22.

Gumgum Gumilar 2015. Pemanfaatan Instagram Sebagai SaranaPromosi oleh Pengelola

Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi

Universitas Padjadjaran.Vol V.No 2. Hal 77.

Rama Kertamukti 2015. Instagram dan Pembentukan Citra (Studi Kuaitatif Komunikasi Visual

dalam Pembentukan Personal Karakter Account Instagram @basukibtp). Jurnal

Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN

Sunan Kalijaga.Vol 8. No.1. Hal 58

Blog/Website

Ayam Mrothol 2022. “Ucapan Hari Raya Idul Fitri.”

https://www.instagram.com/p/CdA4eishKRZ/?hl=id

Ayam Mrothol. 2022. “website ayam mrothol.”http://www.ayammrothol.com/

Ayam Mrothol 2022 “Menu Ayam Kari Mrothol lagi promo nih harga mulai dari14rb aja “

https://www.instagram.com/p/Ccrz6uMBvkx/?hl=id

https://www.statista.com/statistics/578364/countries-with-most-instagram-users/

Nazla Latifa Hanum. 2018. “Tugas Kewirausahaan Universitas GunadarmaDepok”

http://nazlalatifa.blogspot.com/2018/11/kewirausahaan.html


Article Metrics

Abstract - 423 PDF - 158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.