“Strategi Video Profile Dalam Menunjang Promosi Dan Meningkatkan Brand Awareness Pada Studi Kasus Smk Grafika Kota Tangerang”

Susanti Susanti

Abstract


SMK Grafika Vocational High School is one of the private schools that is quite large and deserves recognition for its existence in Tangerang City. Currently at SMK Grafika in conveying information to the public still uses coversional methods such as the distribution of brochures, banners and secaralisan so that it is less interesting and less informative. The problem is so that the community knows the existence and what will be taught when studying at SMK Grafika. This research aims to develop information in SMK Grafika to be known by the public, so it is necessary to make a video profile in the form of audio visual as a means of promotion so that the public will be able to easily receive information in SMK Grafika. The benefits of this research are as documentation at SMK Grafika and also as a promotional media. Qualitative method with qualitative descriptive approach, this research uses case studies of data collection tools by observation, interviews, problem approach methodologies, namely Analysis, Design, Image Taking, editing, and rendering. The results obtained from this study are expected to form a Company Profile Video at SMK Grafika School which will be published on Social Media. Keywords: Promotion Strategy, Communication, Advertising, Brand Awereness, Social Media.

Sekolah Menengah Kejuruan SMK Grafika merupakan salah satu sekolah swasta yang cukup besar dan patut diakui keberadaanya di Kota Tangerang. Saat ini di SMK Grafika dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat masih menggunakan cara-cara koversional seperti penyebaran brosur-brosur, spanduk dan secaralisan sehingga kurang menarik dan kurang informatif. Adapun masalahnya adalah agar masyarakat mengetahui Keberadaan dan apa saja yang akan di ajarkan ketika bersekolah di SMK Grafika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan informasi yang ada di SMK Grafika untuk bisa di ketahui oleh masyarakat, maka perlu dibuatnya video profile dalam bentuk audio visual sebagai sarana promosi sehingga masyarakat akan dapat dengan mudah menerima informasi yang ada di SMK Grafika. Manfaat penelitian ini sebagai dokumentasi di SMK Grafika dan juga sebagai media promosi. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan studi kasus sarana pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, metedologi pendekatan masalah yaituAnalisis, Perancangan, Pengambilan gambar, editing, dan rendering. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah diharapkan terbentuknya Video Company Profile Pada Sekolah SMK Grafika yang akan di Publikasikan di Media Sosial. Kata Kunci : Strategi Promosi, Komunikasi, Periklanan, Brand Awereness, Media Sosial.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku

Rachmat, Manajemen Strategik, Bandung: CV Pustaka Setia, 2014, hlm. 2. Ibid., hlm. 6, Ibid.,

hlm. 7.

Sofjan Assauri, Strategic Management: Sustainable CompetitiveAdvantages, Jakarta: Rajawali

Pers, 2013, hlm. 5-8.

Muchamad Fauzi, Manajemen Strategik, Semarang: CV. Karya Abadi Jaya, 2015, hlm. 44-45.

Djoko Mudjono, Buku Pintar Koperasi Simpan Pinjam, Yogyakarta :2012, hlm. 17.

Ismai Solhin, Manajemen Strategik, Bandung: PT Gelora Aksara Pratama, hlm. 210.

Jurnal

Heksariani, Hesty, and Purnomo Ananto. "Strategi Promosi Sekolah Master Indonesia Melalui

Video Profil Berbasis Graphic Animation." Jurnal Ilmiah Publipreneur 6.2

(2018): 17-22.

Desrianti, Dewi Immaniar, Giandari Maulani, and Dana Krisdiana. "Video Profile Sebagai

Media Penunjang Promosi Pada Sdk Penabur Gading Serpong." Creative Communication and

Innovative Technology Journal 12.2 (2019): 149-157.

Blog/Website

Insight Youtube

https://studio.youtube.com/video/Lr0mIXf4g7M/analytics/tab- overview/period-default

Youtube SMK Grafika

https://www.youtube.com/channel/UCGj-pZ6x24DbCu38umM9Trg Video Profile SMK

Grafika

https://www.youtube.com/watch?v=Lr0mIXf4g7M


Article Metrics

Abstract - 256 PDF - 286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.