PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PEMASARAN BAGI UMKM TERPAPAR PANDEMIK (Studi Kasus : Pedagang UMKM Pasar Tanah Abang)

Aliyah Aliyah

Abstract


Penelitian ini berfokus pada para pelaku UMKM yang terpaksa tutup tokonya dimasa pandemi, dan memanfaatkan media sosial dan internet sebagai sarana peralihan mereka dalam memasarkan produk dan barang dagangan mereka, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif peneliti melakukan observasi, wawancara secara mendalam dan mengumpulkan data dokumentasi serta media sosial yang mereka gunakan untuk memasarkan produk mereka, dengan Teori Ekonomi Mikro (Microeconomic theory), dengan konsumen yang rasional dan sadar membeli barang – barang yang dibutuhkan guna memenuhi kepuasan paling banyak dengan selera (menonton sosial media sebuah produk yang live) dan harga relative murah (karena dengan penggunaan sarana internet, harga relative lebih murah dibandingkan beli langsung dimall ataupun di public market). Keyword : UMKM, Pemasaran Digital, Microeconomic theory

This research focuses on MSME players who were forced to close their shops during the pandemic, and utilize social media and the internet as their transition means in marketing their products and merchandise, using a qualitative descriptive approach researchers make observations, in-depth interviews and collect documentation data and social media they use to market their products, with Microeconomic theory, With rational and conscious consumers buying goods needed to meet the most satisfaction with taste (watching social media a product live) and relatively cheap prices (because with the use of internet facilities, prices are relatively cheaper than buying directly at the mall or in the public market). Keyword : UMKM, Pemasaran Digital, Microeconomic theory


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Liza, I. S. Andiny, S. Rahmadina, T. N. Sari, V. R. Dewita, and R. B. Putra,

“Strategi Umkm Yang Berjuang Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Ekon. dan Bisnis

www.jurnal.penerbitwidina.com This, pp. 2020–2023, 2022.

“Pengembangan Usaha Umkm Dimasa Pandemi,” vol. 02, no. 01, pp. 1017–1022,

N. Z. Arrizal and S. Sofyantoro, “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di

Masa Pandemi Melalui Digitalisasi,” Birokrasi Pancasila J. Pemerintahan,

Pembangunan, dan Inov. Drh., vol. 2, no. 1, pp. 39–48, 2020, [Online]. Available:

http://jurnal.madiunkab.go.id/index.php/bp%0APemberdayaan

Z. N. A. Br Tarigan, F. N. Dewi, and Y. Pribadi, “Keberlangsungan Usaha Mikro,

Kecil, Dan Menengah Di Masa Pandemi: Dukungan Kebijakan Pemerintah,” J. BPPK

Badan Pendidik. dan Pelatih. Keuang., vol. 15, no. 1, pp. 12–23, 2022, doi:

48108/jurnalbppk.v15i1.666.

L. Hanim, E. Soponyono, and M. Maryanto, “Pengembangan UMKM Digital di Masa

Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no.

, pp. 30–39, 2022, doi: 10.24967/psn.v2i1.1452.

J. Jurnal, I. Mea, and R. M. Yunus, “TANTANGAN UMKM DALAM MEMASUKI

PEMASARAN DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 JIMEA | Jurnal Ilmiah

MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ),” no. 2020, pp. 1689–1698, 2022.

V. Natasya and P. Hardiningsih, “Kebijakan Pemerintah Sebagai Solusi Meningkatkan

Pengembangan UMKM di Masa Pandemi,” Ekon. J. Econ. Bus., vol. 5, no. 1, p. 141,

, doi: 10.33087/ekonomis.v5i1.317.

R. Jain, “PENGARUH MEDIA SOSIAL BAGI PROSES BELAJAR SISWA Jain,”

Vera Nawiroh, Komunikasi Massa. Ghalia Indoneisa, 2016.

Sunyoto Danang, Perilaku Konsumen dan pemasaran. PT. Buku Seru, 2015.


Article Metrics

Abstract - 817 PDF - 453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.