PERAN ORANG TUA SEBAGAI GURU PENDAMPING DI RUMAH SAAT PANDEMI
Abstract
This study aims to examine in depth the role of parents during online learning using literature studies. The stages carried out in this study are. Due to the Covid-19 pandemic which has been going on for more than a year, the education world is still implementing policies from the government to carry out online learning. With quantitative descriptive type of research. Descriptive research is research that describes or describes phenomena that exist in actual circumstances Parents are the main responsible for the education of their children. The role of parents in the education of the child is partly visible directly. Behind this role, parents at home also have limitations that hinder their role to help children in learning. Keyword : Parents, Home learning, Covid-19
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara mendalam peran orang tua selama pembelajaran daring berlangsung menggunakan studi pustaka. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah. Akibat pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama setahun lebih, dunia pendidikan masih menerapkan kebijakan dari pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang menggambarkan atau mendeskripsikan fenomena yang ada dalam keadaan yang sebenarnya Orang tua merupakan penanggung jawab utama dalam pendidikan anakanaknya. Peran orang tua dalam pendidikan anak tersebut adalah sebagian yang dapat dilihat secara langsung. Dibalik peran tersebut, orang tua di rumah juga memiliki keterbatasanketerbatasan yang menghambat perannya untuk membantu anak dalam pembelajaran. Keyword : Orang Tua, pembelajaran di Rumah, Covid-19
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
C. A. P. Zulfitria, Ansharullah, “Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendampingan
Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Nas. Penelit. LPPM
UMJ, pp. 2–6, 2020, [Online]. Available:
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8797/5152
W. T. Susanti and S. Q. Ain, “Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendampingan
Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19,” Mimb. PGSD
Undiksha, vol. 10, no. 1, pp. 9–16, 2022, doi: 10.23887/jjpgsd.v10i1.42882.
S. Pada, S. D. N. Pincengpute, and K. A. B. Wajo, “Pada Pembelajaran Online Paibp
Di Masa Pandemi Covid-19,” vol. 19, 2021.
S. SUTINI, “Peran Orang Tua Sebagai Mitra Guru Dalam Pembelajaran Daring
Selama Masa Pandemi Covid – 19,” CENDEKIA J. Ilmu Pengetah., vol. 1, no. 2, pp.
–35, 2021, doi: 10.51878/cendekia.v1i2.127.
A. Priyanto and I. Izzati, “Peran Orangtua Dalam Mendampingi Anak Belajar Dari
Rumah Di Masa Pandemi Covid-19,” JCE (Journal Child. Educ., vol. 5, no. 2, p. 396,
, doi: 10.30736/jce.v5i2.594.
N. Afkarina and F. El-Faradis, “Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak
di Masa Pandemi Covid 19,” Maharot J. Islam. Educ., vol. 5, no. 1, p. 1, 2021, doi:
28944/maharot.v5i1.347.
A. Subhananto, “Analisis Peran Orang Tua pada Pendampingan Belajar Saat Pandemi
COVID-19,” vol. 2, 2021.
E. H. Purnomo and T. Ningsih, “Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar
Selama Pandemi,” J. Kependidikan, vol. 8, no. 2, pp. 235–248, 2020, doi:
24090/jk.v8i2.4712.
Y. Fimala, N. S, and I. Murni, “Peran orang tua dan guru dalam memotivasi peserta
didik sekolah dasar di masa pandemi,” JPGI (Jurnal Penelit. Guru Indones., vol. 6, no.
, p. 44, 2021, doi: 10.29210/02927jpgi0005.
R. V. Ratih Krisnani and P. Y. Fauziah, “Pendampingan Orang Tua dalam Proses
Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini,
vol. 6, no. 5, pp. 4690–4696, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2609.
B. A. B. Ii and T. Pustaka, “BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Orang Tua 2.1.1
Pengertian Orang Tua,” pp. 4–19, 2019.
R. Nofianti, “Peran Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Anak Usia
Dini di Masa Pandemic Covid 19 Di Tk Islam Ibnu Qoyyim,” J. Ilm. Abdi Ilmu, vol.
, no. 2, pp. 19–30, 2020, [Online]. Available:
https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/1096/968
R. Jannah, N. Rahmah, N. Elfa, and D. Fadhilatunnisa, “Peran Keluarga dalam
Pendampingan Proses Pembelajaran Anak pada Masa Pandemi Covid-19,” vol. 15, no.
, pp. 38–49, 2022.
Emmett Grames, “PERAN ORANG TUA SEBAGAI GURU DI RUMAH PADA
PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI KEBONROMO 3 SRAGEN SELAMA
PANDEMI COVID-19,” p. 14, 2020, [Online]. Available: https://all3dp.com/2/fuseddeposition-modeling-fdm-3d-printing-simply-explained/
E. Utami, “Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa
Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj., pp. 471–479, 2020, [Online].
Available: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555
M. Sholikah and U. Hanifah, “Peran Orang Tua dalam Membantu Belajar Anak di
Masa Pandemi Covid-19,” PEMBELAJAR J. Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan
Pembelajaran, vol. 5, no. 1, p. 5, 2021, doi: 10.26858/pembelajar.v5i1.14694.
Article Metrics
Abstract - 224 PDF - 106Refbacks
- There are currently no refbacks.