Strategi Pemasaran DISBUDPAR Dalam Memperkenalkan Pariwisata Kabupaten Bintan (Studi Kasus Pada Media Sosial Instagram)
Abstract
Abstract. Effective marketing strategies through Instagram include engaging visual content, use of relevant hashtags, collaboration with influencer users, interacting with users, utilizing Instagram features, and utilizing analytics. Engaging visual content and relevant hashtags can increase visibility and make it easier for users to find content about specific travel destinations. Collaborations with influencers can help promote travel destinations through engaging and authentic content. The method used is descriptive qualitative, with the Theory of Uses and Gratifications (Audience Use and Satisfaction), the use of Instagram is very effective because Instagram has several features that are very helpful in introducing tourism in Bintan Regency, including Instagram Reel, hashtags, stories, photos, and geotagging where if these features are used regularly it can attract the attention of the audience so that they have the desire to go on tours to the Regency area Bintan. Keywords: Marketing Strategy, Tourism, Theory of Uses and Gratifications, Instagram
Strategi pemasaran yang efektif melalui Instagram termasuk konten visual yang menarik, penggunaan hashtag yang relevan, kolaborasi dengan pengguna influencer, berinteraksi dengan pengguna, memanfaatkan fitur Instagram, dan memanfaatkan analitik. Konten visual yang menarik dan hashtag yang relevan dapat meningkatkan visibilitas dan memudahkan pengguna menemukan konten tentang destinasi wisata tertentu. Kolaborasi dengan influencer dapat membantu mempromosikan destinasi wisata melalui konten yang menarik dan autentik. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan Teori Uses and Gratifications (Penggunaan dan Kepuasan Khalayak), Penggunaan Instagram sangat efektif dikarenakan Instagram memiliki beberapa fitur yang sangat membantu dalam memperkenalkan pariwisata Kabupaten Bintan, diantaranya Instagram Reel, hastags, story, foto, dan geotagging yang 2 dimana jika fitur tersebut digunakan secara rutin maka dapat menarik perhatian audience sehingga mempunyai keinginan untuk pergi wisata ke daerah Kabupaten Bintan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pariwisata, Teori Uses and Gratifications, Instagram
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Akbar Fauzi, D. (2016). HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SITUS JEJARING
SOSIAL DENGAN EMPATI PADA REMAJA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10
PEKANBARU. 1–23.
Al Husaini, C. (2019). Perancangan Informasi Objek Wisata Curug Layung Melalui Media
Video Dokumenter. Universitas Komputer Indonesia, 12–26.
Ansara, H. (2015). Sejarah Media online di Dunia dan di Indonesia.
https://www.kompasiana.com/ansara/54f893d4a33311af098b46a3/sejarah-media-onlinedi-dunia-dan-di-indonesia
Desandro, M. B. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata
Kabupaten Lebak dalam Mempromosikan Event Wisata Seba Baduy. 1–86.
https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38657
Justralina. (2015). Strategi Pemasaran Tabungan Hasanah Pada Bank Pembiayaan Rakyat
Syariah Hasanah Pekanbaru Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Ditinjau Menurut
Ekonomi Islam. Suska Pers. Toward a Media History of Documents, 1.
Larita, S., Halik, A., & Tajibu, K. (2020). Instagram Sebagai Media Promosi Dinas
Kebudayaan Dan Kepariwisataan Sulawesi Selatan. Jurnal Washiyah, 1(1), 54–68.
Mardiyanto, D., & Slamet, G. (2019). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI
PEMASARAN MERCHANDISE DI KEDAI DIGITAL 8 SOLO (Studi Kasus Strategi
Komunikasi Pemasaran). Surakarta Management Journal, 1(1), 43.
https://doi.org/10.52429/smj.v1i1.329
Maya, O. (2016). Motivasi Penggunaan Akun Instagram Oleh Orang Tua Bagi Anak Di
Bawah Umur. In Universitas Andalas.
Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja.
Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651
Puspitasari, D. (2018). Pengaruh Terpaan Video Beauty Vlogger Di Youtube Terhadap
Perilaku Imitasi Mahasiswi Dalam Merias Wajah. Universitas Muhammadiyah Malang,
, 7–24. http://eprints.umm.ac.id/40601/3/BAB II.pdf
Sakti, S. H. (2021). Proses Kegiatan Pemasaran Di PT. Citra Mandiri Wiguna (Perusahaan
Luar Ruang Di Jakarta). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents,
(April), 49–58.
Vera Nawiroh. (2016). Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia.
Yusril Shobirin, M. (2022). Pemanfatan Akun Instagram @Sarwikopi Dalam Peningkatan
Penjualan (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kedai Sarwi Kopi Desa Jagran, Kecamatan
Karanggeneng, Kabupaten Lamongan).
Zikrullah, M. (2021). Manajemen promosi wisata pada instagram dinas kebudayaan dan
pariwisata (disbudpar) aceh.
Article Metrics
Abstract - 581 PDF - 443Refbacks
- There are currently no refbacks.