Strategi Pemasaran DISBUDPAR Dalam Memperkenalkan Pariwisata Kabupaten Bintan (Studi Kasus Pada Media Sosial Instagram)

Pandu Fikri Tegar Agnianto

Abstract


Abstract. Effective marketing strategies through Instagram include engaging visual content, use of relevant hashtags, collaboration with influencer users, interacting with users, utilizing Instagram features, and utilizing analytics. Engaging visual content and relevant hashtags can increase visibility and make it easier for users to find content about specific travel destinations. Collaborations with influencers can help promote travel destinations through engaging and authentic content. The method used is descriptive qualitative, with the Theory of Uses and Gratifications (Audience Use and Satisfaction), the use of Instagram is very effective because Instagram has several features that are very helpful in introducing tourism in Bintan Regency, including Instagram Reel, hashtags, stories, photos, and geotagging where if these features are used regularly it can attract the attention of the audience so that they have the desire to go on tours to the Regency area Bintan. Keywords: Marketing Strategy, Tourism, Theory of Uses and Gratifications, Instagram

Strategi pemasaran yang efektif melalui Instagram termasuk konten visual yang menarik, penggunaan hashtag yang relevan, kolaborasi dengan pengguna influencer, berinteraksi dengan pengguna, memanfaatkan fitur Instagram, dan memanfaatkan analitik. Konten visual yang menarik dan hashtag yang relevan dapat meningkatkan visibilitas dan memudahkan pengguna menemukan konten tentang destinasi wisata tertentu. Kolaborasi dengan influencer dapat membantu mempromosikan destinasi wisata melalui konten yang menarik dan autentik. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan Teori Uses and Gratifications (Penggunaan dan Kepuasan Khalayak), Penggunaan Instagram sangat efektif dikarenakan Instagram memiliki beberapa fitur yang sangat membantu dalam memperkenalkan pariwisata Kabupaten Bintan, diantaranya Instagram Reel, hastags, story, foto, dan geotagging yang 2 dimana jika fitur tersebut digunakan secara rutin maka dapat menarik perhatian audience sehingga mempunyai keinginan untuk pergi wisata ke daerah Kabupaten Bintan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pariwisata, Teori Uses and Gratifications, Instagram


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akbar Fauzi, D. (2016). HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SITUS JEJARING

SOSIAL DENGAN EMPATI PADA REMAJA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10

PEKANBARU. 1–23.

Al Husaini, C. (2019). Perancangan Informasi Objek Wisata Curug Layung Melalui Media

Video Dokumenter. Universitas Komputer Indonesia, 12–26.

Ansara, H. (2015). Sejarah Media online di Dunia dan di Indonesia.

https://www.kompasiana.com/ansara/54f893d4a33311af098b46a3/sejarah-media-onlinedi-dunia-dan-di-indonesia

Desandro, M. B. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata

Kabupaten Lebak dalam Mempromosikan Event Wisata Seba Baduy. 1–86.

https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38657

Justralina. (2015). Strategi Pemasaran Tabungan Hasanah Pada Bank Pembiayaan Rakyat

Syariah Hasanah Pekanbaru Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Ditinjau Menurut

Ekonomi Islam. Suska Pers. Toward a Media History of Documents, 1.

Larita, S., Halik, A., & Tajibu, K. (2020). Instagram Sebagai Media Promosi Dinas

Kebudayaan Dan Kepariwisataan Sulawesi Selatan. Jurnal Washiyah, 1(1), 54–68.

Mardiyanto, D., & Slamet, G. (2019). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI

PEMASARAN MERCHANDISE DI KEDAI DIGITAL 8 SOLO (Studi Kasus Strategi

Komunikasi Pemasaran). Surakarta Management Journal, 1(1), 43.

https://doi.org/10.52429/smj.v1i1.329

Maya, O. (2016). Motivasi Penggunaan Akun Instagram Oleh Orang Tua Bagi Anak Di

Bawah Umur. In Universitas Andalas.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja.

Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Puspitasari, D. (2018). Pengaruh Terpaan Video Beauty Vlogger Di Youtube Terhadap

Perilaku Imitasi Mahasiswi Dalam Merias Wajah. Universitas Muhammadiyah Malang,

, 7–24. http://eprints.umm.ac.id/40601/3/BAB II.pdf

Sakti, S. H. (2021). Proses Kegiatan Pemasaran Di PT. Citra Mandiri Wiguna (Perusahaan

Luar Ruang Di Jakarta). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents,

(April), 49–58.

Vera Nawiroh. (2016). Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia.

Yusril Shobirin, M. (2022). Pemanfatan Akun Instagram @Sarwikopi Dalam Peningkatan

Penjualan (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kedai Sarwi Kopi Desa Jagran, Kecamatan

Karanggeneng, Kabupaten Lamongan).

Zikrullah, M. (2021). Manajemen promosi wisata pada instagram dinas kebudayaan dan

pariwisata (disbudpar) aceh.


Article Metrics

Abstract - 481 PDF - 373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.