OPTIMALISASI TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN INOVASI PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS IV DI SD NEGERI BALARAJA I
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif.
Akhmad Rifai. (n.d.). Urgensi Literasi Digital bagi Guru SMP Yabujah di Masa Pandemi Covid-19.
Andarusni Alfansyur, & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik Info Artikel Abstrak. 5(2), 146–150. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3432
Asbari, M., & Novitasari, D. (2021). Pengaruh Aktivitas Berbagi Pengetahuan dan Mediasi Budaya terhadap Kemampuan Inovasi Guru. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 50. https://doi.org/10.17977/um025v5i12020p50
Azis, A. C. K. (2022). Pendidikan Seni Rupa dan Prakarya. Bandung: Media Sains Indonesia
Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / ICT Dalam Berbagai Bidang (Vol. 2, Issue 2).
Dwiva Rahma Lisa, D. S. N. M. (n.d.). Pengaruh Hasta Karya Miniatur Alat Kebersihan dalam Meningkatkan Kreativitas Seni di Taman-Kanak Sadar Bahkti Kecamatan Talamau.
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran menuju Pembelajaran Abad 21.
Gde Suryawan, I., Dwi, K., & Putra, S. (2020). EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar Menumbuhkembangkan Apresiasi Seni Rupa Anak Sekolah Dasar Terhadap Karya Seni Lukis Kaca Nagasepaha. 1(2), 125–134. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
Kartini Putri Dewi, Rd. Muhammad Deza Pratama, Siti Aisyah, Syahrial, & Silvina Noviyanti. (2022). Analisis Materi Pokok Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) Kelas IV Sekolah Dasar (Vol. 4).
Komala, I., & Nugraha, A. (2022). Pendidikan Seni dan Kurikulum Merdeka Belajar: Tuntutan bagi Guru di Sekolah Dasar. 4(3), 122–134. https://belaindika.nusaputra.ac.id/indexbelaindika@nusaputra.ac.id
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggu naan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Mayar, F. (2022). Seni Rupa untuk Anak Usia Dini. Deepublish.
Moh. Rondhi. (n.d.). Apresiasi Seni dalam Konteks Pendidikan Seni.
Mujiyono, M., Haryanto, E., & Gunadi, G. (2021). Peran Guru dalam Pengoptimalan Potensi Emosi Anak terhadap Peningkatan Kreativitas Ekspresi pada Pembelajaran Seni Rupa di SD Kota Semarang. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 146–152. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1456
Sari, L. P., & Ain, S. Q. (2023). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 75–81. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59341
Sirait, J. E., Tinggi, S., & Indonesia, T. B. (n.d.). Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. DIEGESIS: Jurnal Teologi, 6(1), 49–69.
Suhaya. (n.d.). Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreativitas Suhaya FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Surani, D., & Nur Asnawati, A. (n.d.). Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar dan Pengenalan Platform Simba dalam Meningkatkan Pemahaman Media Pembelajaran Kepada Tenaga Pendidik di SMPN 10 Cilegon. https://doi.org/10.46306/jub.v2i2
Susanti, A., & Janattaka, N. (n.d.). Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung: Vol. VI (Issue 1).
Syaulan Sahelatua, L., & Vitoria, L. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media IT dalam Pembelajaran di SSN 1 Pagar Air Aceh Besar. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah (Vol. 3).
Zulfitria, Susanto, A., Rahmatunnisa, S., Arif, Z., & Aryandini, T. (2023). Strategi Pembelajaran Orang Tua dalam Mengembangan Kreativitas Anak selama Liburan Sekolah pada Masa Covid 19.
https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/6-strategi-sukseskan-implementasi-kurikulum-merdeka-secara-mandiri
https://pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/media-berita/perkuat-kolaborasi-17-mitra-pembangunan-siap-sukseskan-implementasi-kurikulum-merdeka
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i2.10124
Article Metrics
Abstract - 268 PDF - 312DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i2.10124.g4778
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats