PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN PANCORAN 07 PAGI TAHUN AJARAN 2023-2024

Azizah Hana Aulia, Robiatul Munajah

Abstract


Menguasai keempat aspek bahasa (mendengar, berbicara, membaca, dan menulis) sangat penting untuk keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini ialah mengidentifikasikan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV A sebelum, saat, dan setelah penerapan media berbasis audio visual di SDN Pancoran 07 Pagi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model yang digunakan ialah Kemmis dan Taggart. Penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi memperlihatkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil menulis teks deskripsi pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata keterampilan menulis teks deskripsi telah meningkat sebesar 11,17 dari kondisi awal yaitu 69,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,67.

Kata Kunci: keterampilan menulis, teks deskripsi, media audio visual


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. In Suryani (Ed.), Book. Bumi Aksara.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran : Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran (2nd ed.). Gava Media.

Djamarah, A. Z. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Ed. Rev). Rineka Cipta.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113.

Ichsan, Rahmah Jazilatur ; Suraji , Maya ; Miftadiro, A. W. (2021). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, 5–7.

Retnoningsih, R. R., Zulfiati, H. M., & Prayitno, T. H. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas III SD Negeri Tamanan 1 Kalasan. Jurnal Ilmiah Profesi Guru. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11308

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (6th ed.). Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i2.10135

Article Metrics

Abstract - 183 PDF - 84

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i2.10135.g4784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats