ANALISIS FAKTOR MINAT BACA SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV C SDN 1 RANGKASBITUNG TIMUR

Dine Trio Ratnasari, Uswatun Hasanah, Nina Riska, Iwat Rahmawati, Asnah Asnah

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  minat  baca  siswa  Pada  pembelajaran  IPS  kelas  IV  C  SDN  1 Rangkasbitung  Timur  yang  masih  tergolong  rendah,  banyak  anak  yang  belum  menjadikan  membaca sebagai sebagai suatu kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan  faktor  penghambat  minat  baca  siswa  Kelas  IV  C  SDN  1  Rangkasbitung  Timur.  Penelitian  ini menggunakan  metode  penelitian  deskriptif  kualitatif.  Subjek  penelitian  ini  adalah  guru  wali  kelas  dan siswa kelas IV C di SDN 1 Rangkasbitung Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa faktor pendukung minat baca adalah kebutuhan terhadap  bacaan,  motivasi  diri,  tindakan  untuk  mencari  bacaan  keinginan  untuk  membaca,  rasa  senang terhadap bacaan, kesiapan membaca, cara mengajar guru, lingkungan sekolah, alat peraga, teknologi dan pola  asuh  orang  tua.  Faktor  penghambatnya  adalah  rasa  malas,  kurangnya  motivasi  diri,  kemampuan membaca,  faktor  ekonomi,  materi  IPS  yang  rumit,  fasilitas  sekolah,  teknologi  dan  adanya  ketertarikan untuk bermain yang lebih besar.

Kata Kunci: faktor minat baca, pembelajaran IPS, siswa kelas IV


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i2.10491

Article Metrics

Abstract - 386 PDF - 216

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i2.10491.g4792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats