STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS V SDN 2 JATIBARAT KABUPATEN JEPARA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N., Razaq, A. R., & Ibrahim, M. (2023a). Strategi Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Unismuh Makassar. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(7), 2664–2674.
Afifah, N., Razaq, A. R., & Ibrahim, M. (2023b). Strategi Guru Dalam Menerapkan KurikulumMerdeka Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Unismuh Makassar. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(7), 2664–2674.
Arief Setyo Nugroho, Bambang Sumardjoko, & Anatri Desstya. (2023). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Melalui Karya Seni Ecoprint. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 762–777.
Ayuningtyas, C. E., & Hidayah, N. (2022). Pengembangan Panduan Market Day bagi Anak SD Sebagai Internalisasi Jiwa Kewirausahaan. Journal of Food and Culinary, 5(2), 66–75.
Fitriana, L. N. L., Ahid, N., Prasetiyo, G. E., & Daratista, I. (2022). Kebijakan Pokok dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Journal On Teacher Education, 4(2), 1505–1511.
Harwisaputra, A. F., Safitri, A. N. E., Utami, A. W., Sudarsih, A., & Ngadhimah, M. (2023). Strategi Penerapan Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(2), 149–164.
Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna, 10(1), 34–44.
Inayati, U., & Ropi’ah, K. (2023). Strategi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SDN Kauman II Baureno. Tarbawiyat: Jurnal Kependidikan, 2(01), 1–7.
Lisvian Sari, A. S., Cicik Pramesti, Suryanti, & Riki Suliana R.S. (2022). Sosialisasi Platform Merdeka Mengajar Sebagai Wadah Belajar Dan Berkreasi Guru. Jurnal Penamas Adi Buana, 6(01), 63–72.
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233.
Masrik, H. (2020). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Guna Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menemukan Ide Bacaan Teks Di SMP. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 3(2), 208–215.
Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 99–107.
Mustofa, M. Z., & Setiyono, J. (2023). Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Daring Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi), 344–348.
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706–719.
Nasirun, M., Indrawati, I., & Suprapti, A. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Muhammad. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 26–36.
Rahayu, Y. (2023). Problematika Kurikulum Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 3176–3187.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.
Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis faktor-faktor penyebab kendala guru dalam menerapkan kurikulum merdeka (studi kasus: SDn 21 Kuto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 5545–5549.
Saufi, I. A. M., & Rizka, M. A. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 55–59.
Simon Paulus Olak Wuwur, E. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9.
Sofyatiningrum, E., Ulumudin, I., & Perwitasari, F. (2019). Kajian Umpan Balik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(2), 56.
Suprihatin, & Kusmawati, H. (2023). Strategi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 Di SD Islam Kauman. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 895–900.
Wantiana, I., & Mellisa, M. (2023). Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5149
Warsihna, J., Ramdani, Z., Amri, A., Kembara, M. D., Steviano, I., Anas, Z., & Anggraena, Y. (2023). Tantangan Dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Sd: Sebuah Temuan Multi-Perspektif. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 296–311.
Wibawa, K. A., Legawa, I. M., Wena, I. M., Seloka, I. B., & Laksmi, A. A. R. (2022). Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Direct Interactive Workshop. Journal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 489–496.
Yunita, Zainuri, A., Ibrahim, Zulfi, A., & Mulyadi. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 16–25.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.11365
Article Metrics
Abstract - 288 PDF - 256DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.11365.g5409
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats