STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS V SDN 2 JATIBARAT KABUPATEN JEPARA

Aini Noor Khofifah, Silvy Anjani, Silvy Anjani, Ramdhani Alifatus Saidah, Ramdhani Alifatus Saidah, Rani Setiawaty, Rani Setiawaty

Abstract


Kurikulum selalu berubah menyesuaikan perkembangan zaman yang ada. Namun, dengan adanya perubahan kurikulum menjadi salah satu tantangan utama bagi para pendidik. Keberadaan kurikulum merdeka menjadi inovasi terbaru dalam dunia pendidikan Indonesia yang menuntut guru untuk mengadaptasi praktik pembelajaran mereka sesuai dengan paradigma baru yang diperkenalkan, dengan harapan untuk memberikan kesempatan yang lebih besar kepada siswa untuk mengekspresikan dan mengembangkan potensi mereka secara pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, mengeksplorasi tantangan yang dihadapi, dan mengevaluasi metode evaluasi keberhasilan yang digunakan guru di kelas V SD Negeri 2 Jatibarat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Jatibarat menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengandalkan sumber data dari observasi, wawancara dengan guru kelas V di SD Negeri 2 Jatibarat, serta dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikannya Guru menggunakan strategi seperti mengikuti workshop implementasi kurikulum merdeka, menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM), menerapkan pembelajaran berbasis proyek dan diskusi kelompok. Tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan waktu, media pembelajaran, dan tugas administratif tambahan. Evaluasi keberhasilan melibatkan observasi langsung terhadap siswa dan refleksi diri terhadap pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi, tantangan, dan evaluasi dalam implementasi kurikulum merdeka.

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Razaq, A. R., & Ibrahim, M. (2023a). Strategi Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Unismuh Makassar. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(7), 2664–2674.

Afifah, N., Razaq, A. R., & Ibrahim, M. (2023b). Strategi Guru Dalam Menerapkan KurikulumMerdeka Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Unismuh Makassar. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(7), 2664–2674.

Arief Setyo Nugroho, Bambang Sumardjoko, & Anatri Desstya. (2023). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Melalui Karya Seni Ecoprint. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 762–777.

Ayuningtyas, C. E., & Hidayah, N. (2022). Pengembangan Panduan Market Day bagi Anak SD Sebagai Internalisasi Jiwa Kewirausahaan. Journal of Food and Culinary, 5(2), 66–75.

Fitriana, L. N. L., Ahid, N., Prasetiyo, G. E., & Daratista, I. (2022). Kebijakan Pokok dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Journal On Teacher Education, 4(2), 1505–1511.

Harwisaputra, A. F., Safitri, A. N. E., Utami, A. W., Sudarsih, A., & Ngadhimah, M. (2023). Strategi Penerapan Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(2), 149–164.

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna, 10(1), 34–44.

Inayati, U., & Ropi’ah, K. (2023). Strategi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SDN Kauman II Baureno. Tarbawiyat: Jurnal Kependidikan, 2(01), 1–7.

Lisvian Sari, A. S., Cicik Pramesti, Suryanti, & Riki Suliana R.S. (2022). Sosialisasi Platform Merdeka Mengajar Sebagai Wadah Belajar Dan Berkreasi Guru. Jurnal Penamas Adi Buana, 6(01), 63–72.

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233.

Masrik, H. (2020). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Guna Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menemukan Ide Bacaan Teks Di SMP. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 3(2), 208–215.

Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 99–107.

Mustofa, M. Z., & Setiyono, J. (2023). Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Daring Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi), 344–348.

Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706–719.

Nasirun, M., Indrawati, I., & Suprapti, A. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Muhammad. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 26–36.

Rahayu, Y. (2023). Problematika Kurikulum Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 3176–3187.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.

Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis faktor-faktor penyebab kendala guru dalam menerapkan kurikulum merdeka (studi kasus: SDn 21 Kuto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 5545–5549.

Saufi, I. A. M., & Rizka, M. A. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 55–59.

Simon Paulus Olak Wuwur, E. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9.

Sofyatiningrum, E., Ulumudin, I., & Perwitasari, F. (2019). Kajian Umpan Balik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(2), 56.

Suprihatin, & Kusmawati, H. (2023). Strategi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 Di SD Islam Kauman. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 895–900.

Wantiana, I., & Mellisa, M. (2023). Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5149

Warsihna, J., Ramdani, Z., Amri, A., Kembara, M. D., Steviano, I., Anas, Z., & Anggraena, Y. (2023). Tantangan Dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Sd: Sebuah Temuan Multi-Perspektif. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 296–311.

Wibawa, K. A., Legawa, I. M., Wena, I. M., Seloka, I. B., & Laksmi, A. A. R. (2022). Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Direct Interactive Workshop. Journal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 489–496.

Yunita, Zainuri, A., Ibrahim, Zulfi, A., & Mulyadi. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 16–25.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.11365

Article Metrics

Abstract - 288 PDF - 256

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.11365.g5409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats