PENGARUH PEMANFAATAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI SDN KOTA BARU IV KOTA BEKASI

Yohamintin Yohamintin, Alya Berliana

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional dalam kegiatan pembelajaran. Faktor ini menyebabkan siswa merasa bosan, kurang semagat dalam belajar dan kurangnya memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan metode pembelajaran outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III di SDN Kota Baru IV Kota Bekasi. Pada penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pre-test dan postt-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen serta hasil independet sample T-Test, dengan menggunakan SPSS versi 22 diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,008 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak H1 diterima. Yang berarti terdapat pengaruh pemanfaatan metode pembelajaran outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III di SDN Kota Baru IV Kota Bekasi.

Kata Kunci: Metode Outdoor Study, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam 


Full Text:

PDF

References


Meilenia, R. A., Jaya, W. S., & Juwantara, R. A. (2023). Upaya Meningkatkan Hail Belajar IPA Melalui Metode Outdoor Study Kelas IV SD Negeri 8 Gedong Tataan Pesawaram Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Alpi, R. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Study) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Universitas Islam Negeri Fatmawati.

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Prestasi Pusaka.

Sahman. (2023). Meningkatkan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif dengan metode outdoor study pada siswa kelas VI A SDN 1 Kopang tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(1), 229–236.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian. Alfabeta CV.

Widiasworo Erwin. (2017). Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif & Komunikatif. Ar Ruzz Media.

wiranata ardy. (2020). Pengearuh Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 99 Wanuae Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.

Yanti, M., Egok, A. S., & Firduansyah, D. (2022). Penerapan Metode Outdoor Study dengan Inquiry Learning pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4451–4460. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2664




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i2.11903

Article Metrics

Abstract - 134 PDF - 96

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i2.11903.g5839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats